6 Tips Penting Memulai Bisnis Tanaman Hias Agar Menguntungkan

Bisnis tanaman hias. Bagi anda pecinta tanaman hias bisnis tanaman hias akan sangat cocok. Disamping hobi membudidayakan, tentunya akan mendapat keuntungan dari hasil penjualan. Bisnis tanaman hias akan sangat menguntungkan apabila anda bisa memanfaatkannya secara jeli. Hal itu pula di dukung dengan banyaknya orang yang suka tanaman hias, baik untuk hiasan rumah, atau untuk mempersejuk halaman.

Untuk menghindari kegagalan dalam berbisnis tanaman hias beberapa hal yang perlu anda perhatikan adalah, niat anda yang matang, karena dengan niat sungguh-sungguh semua akan bisa kita capai. untuk mendapat kesuksesan dalam bisnis tanaman hias, berikut beberapa tips suksesnya :

1. Pengetahuan Cukup Mengenai Tanaman Hias

Setiap bisnis apapun itu tanpa didasari dengan pengetahuan dibidangnya akan sangat sulit untuk berjalan dengan baik. Tanpa pengetahuan dasar tentunya akan berpengaruh kedepannya, jangan sampai anda berhenti ditengah jalan setelah mengeluarkan modal cukup besar.

Baca juga :

Saya sarankan anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya baik melaui media internet, maupun langsung kepada pakarnya. Anda juga bisa memanfaatkan waktu luang yang anda miliki untuk bekerja sementara di toko tanaman hias sembari mempelajari, bagaimana perawatan yang baik, bagaimana menanam yang baik, berapa jumlah tanaman hias yang bisa menguntungkan, tanaman hias apa saja paling banyak.

2. Menentukan Jenis Tanaman Hias

Seperti yang sudah saya singgung diatas, sebelum anda memulainya sebaiknya cari informasi terlebih dahulu tanaman hias yang mana yang paling populer. Tanaman mana yang banyak penggemarnya, dengan begitu anda bisa memutarkan modal dengan cepat. Pertimbangan yang tidak kalah pentingnya yaitu tanaman apa sesuai dengan daerah sekitar anda. Dengan mengetahui hal tersebut tentunya mengurangi resiko tanaman hias yang mati akibat ketidak cocokan antara tanaman dengan lokasi anda.

3. Pemilihan Lokasi

Tentunya dengan lokasi yang strategis sangat menentukan keberhasilan saat bisnis tanaman hias. Tentunya tempat terbaik adalah didekat jalan raya, karena akan banyak orang melihatnya. Dan tentunya mempermudah dalam proses pemasarannya. Kunci sukses lainnya adalah dengan selalu menjaga kualitas tanaman hias, rawat dengan baik tanaman yang anda miliki. Jaga penampilan tanaman hias agar selalu terlihat segar dan menarik perhatian.

4. Faktor Keamanan

Sebaiknya kontrol selalau tanaman hias anda, karena banyak sekali tangan tangan jahil yang bisa mencuri tanaman anda. Tentunya dengan hilangnya tanaman hias dapat menyebabkan kerugian untuk anda. Ketika besar nantinya anda bisa menyewa karyawan untuk berjaga baik siang maupun malam hari untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

5. Sarana dan Prasarana

Tips ke 5 bisnis tanaman hias selanjutnya adalah sarana dan prasarana wajib untuk menunjang tanaman hias, seperti ruang display untuk tanaman hias. Selain itu bagian penting lainnya tak kalah pentingnya yaitu, ruang tunggu dan parkir nyaman.

6. Pemasaran dan Promosi

Terahir tips bisnis tanaman hias dari kami yaitu promosi atau pemasaran. Dengan canggihnya teknologi jaman sekarang dapat mempermudah anda melakukan promosi baik online maupun offline. Cara online diantaranya dengan membuat iklan di media sosisal, gabunglah dengan komunitas di berbagai group seperti facebook, instagram dan media lainnya.

Buatlah brosur dan sebar di sekitar daerah anda, pastikan tuliskan jenis tanaman hias serta harga, bila perlu anda memberikan discount di beberapa tanaman hias untuk menarik perhatian pembeli. Sering seringlah mengikuti pameran tanaman hias untuk selalu belajar dan belajar dari pengalaman serta jaringlah komusikasi sebanyak mungkin.

Itulah tips bisnis tanaman hias yang patut anda coba. Semoga ulasan diatas memberikan inforasi serta pengalaman positif buat anda.

Salam pecinta hias untuk anda dan keluarga

 

Leave a Comment