7 Tips Budidaya Kencur yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Budidaya kencur. Dalam proses menanam kencur yang baik dan benar tentunya dapat meningkatkan kualitas serta kandungan di dalamnya. Kencur adalah salah satu bumbu masak yang tidak asing bagi anda yang suka memasak. Kampferia galangga adalah salah satu tumbuhan cukup unik, dimana dalam proses pertumbuhannya dengan cara merumpun dan tumbuh secara mendatar di atas permukaan tanah.

Budidaya kencur sendiri terbilang cukup mudah, dimana tidak terlalu rumit dalam pemilihan lahan serta perawatan yang intens seperti saat anda menanam cabe merah keriting. menanam kencur juga dapat anda lakukan baik dalam lahan yang luas serta menggunakan media pot. Untuk mengetahui secara rinci simak penjelasan dibawah ini.

Tips Budidaya Kencur di Lahan

7 Tips Budidaya Kencur yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Pembahasan pertama dari kami ini tentunya sangat cocok buat anda yang berniat budidaya kencur sebagai tambahan bisnis anda. Berikut tahapan menanam kencur di lahan dengan benar :

1. Pemilihan Bibit Kencur dengan Benar

Tips pertama budiaya kencur yaitu dengan memilih bibit berkualitas. Manfaat benih unggul tentunya dapat meningkatkan presentasi tumbuh lebih tinggi. Proses pemilihan bibit kencur sendiri umunya dengan menggunakan rimpang yang anda beli di pasaran. Berikut ciri-ciri rimpang yang layak tanam :

  • Pastikan rimpang kencur yang anda beli sudah tua
  • Tidak terserang hama dan penyakit
  • Tampilan rimpang yang segar
  • Setelah anda mendapatkan rimpang berkualitas, simpan rimpang di tempat yang sejuk serta tidak terlalu terang.

2. Persiapan Media Tanam Kencur

Langkah kedua menanam kencur yaitu dengan pengolahan lahan yang baik dan benar. Pengolahan lahan yaitu dengan mencangkul atau membajak sedalam 30 cm hingga tanah menjadi gembur. Dalam proses penggemburan sebaiknya bersamaan dengan pembersihan rumput pengganggu (gulma).

Baca juga :

Untuk mempermudah pengairan (drainase) buatlah petakan dengan tinggi 30 cm dan lebar 2-3 meter, jarak antar petakan kurang lebih 30-40 cm. Tambahkan pupuk kandang atau pupuk organik lain sebagai pupuk dasar. Setelah semua tahapan selesai anda lakukan, buatlah lubang sedalam 5-7 cm dengan jarak antar lubang 80×40 cm.

3. Proses Penanaman Kencur

Masukan rimpang kencur yang sudah bertunas pada lubang tanam yang telah anda siapkan. Tutup tipis menggunakan tanah dan sisakan sedikit mata tunas kencur. Pastikan pula tunas kencur berada di atas (tidak terbalik dalam penanaman). Percikan air untuk menjaga kelembaban tanah setelah proses penanaman selesai anda lakukan.

4. Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Kencur

Perawatan serta pemeliharaan saat anda membudidayakan kencur tentunya dapat meningkatkan kualitas kencur saat panen nantinya. Berikut cara perawatan kencur dengan benar :

  • Penyiraman

Proses penyiraman saat anda menanam kencur dapat anda lakukan setiap sebulan sekali. Atau saat anda mendapati media tanam terlalu kering siram menggunakan air bersih secara berkala. Dalam pengecekan anda dapat melakukan penyiangan gulma atau penyiangan. Pastikan lahan selalu dalam keadaan bersih dari gulma demi memaksimalkan pertumbuhan tanaman kencur.

  • Pengendalian Hama Penganggu

Seperti saat anda menanam kangkung, pengendalian hama juga perlu anda lakukan. Tujuannya tak lain untuk memaksimalkan hasil panen. Hama yang sering menyerang tanaman kencur yaitu ulat daun. Untuk mengendalikan hama jenis ini dapat anda lakukan dengan dua cara. Pertama dengan membunuh langsung ulat apabila serangan hama tidak terlalu parah. Kedua, dengan menyemprotkan insektisida sesuai dosis yang tertera pada label apabila serangan hama terlalu parah.

5. Proses Pemanenan Kencur

Proses panen kencur dapat anda lakukan setelah tanaman berusia 8-12 bulan setelah tanam. Tentunya banyak tidaknya hasil panen tergantung luas lahan serta proses budidaya kencur dari awal hingga pemanenan. Pemanenan sendiri dengan cara membongkar tanaman kencur menggunkan cangkul.proses pemanenan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak rimpang. Bersihkan kencur dari tanah, kemudian kencur siap untuk dipasarkan.

Cara Budidaya Kencur Dalam Pot

7 Tips Budidaya Kencur yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Setelah kita mengetahui tahapan budidaya kencur di lahan, pembahasan kedua dari kami yaitu bagaimana cara menanam kencur dalam pot. Untuk mengetahui secara rinci informasi tersebut simak ulasan dibawah ini :

1. Persiapan Media Tanam

Karena pemilihan bibit berkualitas sudah kami bahass, untuk mempersingkat waktu anda kami tidak akan mengulang pembahasan tersbut. Berikut persiapan media tanam dengan benar saat anda menanam kencur dalam pot :

  • Siapkan pot berukuran sedang
  • Tanah gembur dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 4:1
  • Buat lubang sedalam 5-7 cm, panjang lubang menyesuaikan panjang bibit rimpang kencur.

2. Proses Penanaman Kencur dalam Pot

Langkah kedua budidaya kencur yaitu proses penanaman. Masukan bibit rimpang pada lubang yang sudah anda siapkan. Pastikan calon tunas pada rimpang berada di atas, tutup kembali dengan tanah secara tipis. Anda bisa memasukan dua bibit kencur dalam satu pot dengan jarak tanam sekitar 10-15 cm.

Untuk perawatan dan pemanenan anda bisa membaca pada ulasan di atas. Cukup mudah bukan cara budidaya kencur dengan benar, baik di lahan maupun dalam pot. Semoga ulasan ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Salam sejahtera untuk anda dan keluarga.

 

 

Leave a Comment