8 Cara Menanam Brokoli agar Hasil Panen Berkualitas

Menanam brokoli. Jika pada pertemuan sebelumnya ilmu tanah membahas cara tepat menanam singkong. Pada kesempata kali ini kita akan memberikan informasi bagaimana cara menanam brokoli.

Brokoli dengan nama lain Brassicaceae adalah jenis sayuran tergolong dalam kubis-kubisan. Brokoli sendiri dapat dimakan langsung dijadikan lalaban dalam masakan. Selain itu brokoli juga bisa dimakan dengan direbus ataupun di tumis tidak menghilangkan rasa yang enak.

Menanam brokoli sendiri tergolong mudah asalkan anda melewati tahapan atau langkah dengan benar.

Cara Menanam Brokoli di Lahan

Tentunya cara ini sangat cocok bagi anda yang berniat membudidayakan brokoli sebagai bisnis anda. Berikut cara menanam brokoli di lahan luas.

1. Pemilihan Bibit Berkualitas

Sama halnya ketika anda menanam bawang merah, pemilihan bibit berkualitas saat anda menanam brokoli sangat penting. Karena dengan pemilihan bibit berkualitas tentunya dapat merangsang pertumbuhan menjadi lebih baik.

Anda bisa membeli bibit brokoli di toko pertanian dengan review baik dimata masyarakat. Setelah anda mendapatkan benih, rendam menggunakan air bercampur fungisida guna menghilangkan kandungan jamur. Perendaman dilakukan selama kurang lebih 30 menit dan buang benih yang mengapung.

Setelah itu rendam kembali selama selama sekitar 12 jam guna proses perkecambahan.

2. Penyemaian Bibit Brokoli

Penyemaian bibit brokoli dapat anda lakukan dengan dua cara yaitu :

  • Menggunakan bedengan

Cara ini anda lakukan dengan menggemburkan tanah sedalam 30 cm menggunakan cangkul. Setelah tanah gembur buatlah bedengan dengan tinggi 20-30 cm dengan lebar 100-110 cm dan panjang sesuai kebutuhan benih.

Taburkan pupuk organik di atas bedengan setelah itu diamkan bedengan selama 2 hari. Langkah selanjutnya yaitu menaburkan bibit setelah itu tutup kembali menggunakan tanah secara tipis. Percikan air untuk menjaga kelembaban tanah.

  • Menggunakan Polybag

Siapkan tanah halus serta pupuk kandang yang sudah di ayak. Masukan tanah ke media semai dengan perbandingan 1:1, letakan bibit kemudian tutup kembali menggunakan tanah dengan tipis.

Siram dua kali sehari media semai pada waktu pagi dan sore hari untuk merangsang pertumbuhan bibit serta menjaga kelembaban tanah.

3. Cara Pengolahan Lahan Brokoli

Cara pengolahan lahan untuk menanam brokoli hampir sama dengan saat anda menanam cabe merah keriting. Yaitu dengan melakukan penggemburan tanah menggunakan cangkul ataupun dibajak.

Dalam tahap ini anda bisa sekaligus membersihkan lahan dari tanaman pengganggu seperti rumput gulma. lakukan pengapuran menggunakan dolomit jika keasaman tanah atau ph tanah kurang dari 5.

Setelah tanah gembur buatlah bedengan dengan tinggi 30 cm, lebar 100 cm dan panjang menyesuaikan lahan anda. Taburkan pupuk kandang di atas bedengan sebagai pupuk dasar.

Jarak antar bedengan kurang lebih 40 cm bermanfaat untuk proses drainase supaya tidak terjadi genangan saat musim hujan.

Setelah bedengan selesai anda buat, tahap selanjutnya adalah dengan membuat lubang tanam dengan jarak 50 x 50 cm.

5. Cara Menanam Bibit Brokoli

Pindahkan bibit dari media semai tempat tanam. Dalam proses pencabutan diharapkan dengan hati-hati agar tidak merusak akar dan tanaman brokoli. Dalam langkah ini anda bisa menyiram media semai dengan menggunakan air untuk mempermudah dalam pencabutan.

Setelah bibit ditanam dan ditutup kembali sambil dipadatkan sampai pangkal pohon selanjutnya yaitu dengan memercikan air guna menjaga kelembaban tanah.

Waktu terbaik untuk menanam brokoli yaitu pada sore hari.

6. Perawatan Menanam Brokoli

Guna mendapatkan brokoli berkualitas serta pertumbuhan dengan optimal tentunya dengan perawatan tepat. Langkah ini juga berlaku saat anda menanam kacang panjang. Berikut perawatan menanam brokoli dengan tepat.

  • Penyiraman

Penyiraman yang baik yaitu dilakukan sebanyak 2-4 kali dalam satu minggu. Akan tetapi penyiraman tergantung kondisi lahan serta cuaca daerah anda. Siramlah lahan ketika tanah terlihat kering.

  • Penyulaman

Penyulaman dilakukan agar mendapatkan hasil panen dengan maksimal. Penyulaman dilakukan saat usia tanam kurang lebih 1 minggu dengan mengganti tanaman mati atau gagal tumbuh.

  • Penyiangan Gulma

Penyiangan gulma dilakukan untuk menjaga pertumbuhan brokoli agar maksimal. Pembersihan gulma dilakukan setelah satu minggu tanam dan dilakukan setiap seminggu sekali. Tahapan penyiangan ini juga anda lakukan saat anda menanam semangka.

  • Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan untuk menjaga pertumbuhan bunga menjadi sempurna. yaitu dengan memotong tunas baru pada tanaman brokoli.

7. Cara Pemupukan Tanaman brokoli

Pemupukan susulan tentunya sangat penting, dengan tujuan agar pertumbuhan tanaman menjadi lebih optimal. Berikut cara pemupukan susulan dengan tepat :

  • Pemupukan susulan I

Pemupukan susulan pertama anda lakukan saat tanaman memasuki usia 7-10 hari yaitu dengan menggunakan, 250 kg ZA, 75 kg pupuk urea, 75 KCL 150 kg TSP. Perbandingan pupuk tersebut yaitu 2:1:1:2 setiap satu hektar lahan. Takaran per batang yaitu satu sendok dengan jarak 10 cm dari batang pohon.

  • Pemupukan susulan II

Pemupukan ini dilakukan saat usia tanam 20 hari dengan dosis 150 kg ZA, 75 kg TSP, 75 kg urea dan 150 KCL. Pemberian campuran pupuk tersebut sebanyak 1 sendok dengan jarak kurang lebih 10 cm dari batang pohon.

  • Pemupukan susulan III

Dalam tahap ini dosis pemupukannya yaitu, 150 kg ZA, 100 kg urea, serta 150 kg TPS. Pemberian pupuk susulan ketiga saat tanaman berusia 30 hari setelah tanam. Pemupukan sama dengan di atas.

8. Cara Memanen Brokoli

Pemanenan brokoli dapat anda lakukan setelah tanaman berusia 45-60 hari tergantung dari varietas tanaman. Pemanenan dilakukan ketika pertumbuhan bunga sudah maksimal, dan bunga seperti kubah serta permukaan tidak rata. Potong sampai dengan tangkai bunga dan sertakan 3-4 helai daun. Ikat daun brokoli untuk menutup bunga brokoli agar tidak terjadi gesekan pada bunga.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam brokoli dengan benar. Semoga memberikan manfaat serta wawasan buat anda.

Salam hangat buat anda dan keluarga anda.

 

 

Leave a Comment