Cara Menanam Cabe Merah Keriting Serta Perawatannya

4 Cara Menanam Cabe Merah Keriting Serta PerawatanSalam hangat buat anda dan keluarga anda, Pada pengenalan blog yang pertama ini  akan mengulas bagaimana cara menanam cabe merah keriting.Cabai merah keriting dengan nama ilmiah “capsium annum” berasal dari amerika serikat yang beriklim subtropis dan tropis. Di negeri ini banyak yang suka dengan masakan pedas, bahkan mereka berkata “makanan kalo tidak pedas ya engga enak”. Karena itulah cabe menjadi pokok masakan. Menyadari hal itu, tak jarang para petani memanfaatkan situasi dengan menanam cabe merah keriting sebagai bisnis.

Berdasarkan bentuk dan ukuran Cabe memiliki banyak jenis, seperti cabe merah keriting, rawit, merah besar dll. Salah satu jenis cabe yang banyak dicari adalah cabe merah keriting. Di jaman jaman sekarang, cara menanam cabe merah keriting maupun jenis lainnya tidak hanya di kebun. Cara menanam cabe  dengan metode hidroponik dengan polybag ataupun dengan media pot. Berikut ulasan mengenai cara menanam cabe merah keriting dengan baik dan benar.

Cara Menanam Cabe Merah Keriting

1. Persiapan

Langkah pertama yang harus siapkan sebelum melakukan cara menanam cabe merah keriting yaitu dengan mempersiapkan :

  • Usahakan anda menanam cabe di daerah dengan ketinggian 2000dpl, dengan suhu antara 16-23º
  • Siapkan tanah yang memiliki tekstur gembur dan memiliki ph 5,5-7,8
  • Tanah yang akan digunakan memiliki kondisi mudah lembab akan tetapi tidak mudah kering.

2. Pembibitan cabe merah keriting

langkah kedua cara menanam cabe yaitu pemilihan bibit unggul agar menghasilkan panen sesuai harapan. Untuk mendapatkan bibit ada dua cara yaitu :

  1. Membeli di toko pertanian
  2. Membuat sendiri bibit cabe merah merah keriting

untuk cara kedua anda bisa membuat bibit cabe merah keriting dengan melalui proses sebagai berikut :

  • Pilihlah cabe merah keriting yang sudah tua serta mengering lalu belah dan ambil bijinya.
  • Selanjutnya rendam biji yang sudah kering dengan air hangat sampai dengan air dingin medianya bisa menggunakan mangkuk.
  • Buat media semai dengan campuran arang sekam, tanah, kompos, serta pupuk untuk perbandingan ketiganya 1:2:1.
  • Tutup (naungan) media semai dengan dengan plastik agar tidak terkena sinar matahari langsung dan air hujan.
  • Lakukan penyiraman secara rutin, Biasanya biji akan tumbuh tunas setelah 3 hari dan bibit siap tanam setelah memiliki 3-4 helai daun.

3. Media Tanam Cabe Merah Keriting

Media tanam cabe merah keriting dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu, cara menanam cabe merah keriting dengan metode hidroponik, plybag dan pot. Bagi anda yang akan menggunakan dengan media tanam tanah langsung (kebun) berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan :

4 Cara Menanam Cabe Merah Keriting Serta Perawatan

  1. Pembersihan serta penggemburan, Pemupukan dan pengapuran agar mendapatkan tanah yang baik dan subur
  2. Kemudian buatlah bedengan serta memberikan mulsa plastik dan kayu pancangan.
  3. Membuat lubang pada bedengan dengan dalam kurang lebih 5-10 cm.
  4. Masukan bibit cabe kedalam lubang dan jangan lupa untuk menutup serta memadatkannya.

 Perawatan

Langkah terahir cara menanam cabe merah keriting yaitu dengan melakukan perawatan sebaik mungkin agar menghasilkan cabe merah keriting yang unggul dan berkualitas. Berikut cara merawat cabe merah keriting :

  • Pemberian pupuk cair

Pemberian pupuk cair harus rutin dilakukan agar tanaman tumbuh dengan subur. Menggunakan pupuk Mutiara dicampur dengan air dengan perbandingan 1:10 kemudian semprotkan ke pangkal-pangkal tanaman cabe secara merata.

  • Penancapan cagak (tiang pancang)

4 Cara Menanam Cabe Merah Keriting Serta Perawatan

Tiang pancang berfungsi agar tanaman cabe tidak roboh saat berbuah nantinya, setelah berumur kurang lebih 3 minggu ikatlah tanaman cabe ke tiang pancang. Dalam pengikatan dianjurkan tidak terlalu kencang supaya tidak mengganggu proses pertumbuhan tanaman.

  • Membuang tunas kecil

Membuang tunas kecil (perampelan) proses ini sangat dianjurkan bertujuan supaya tanaman cabe dapat tumbuh tinggi dengan maksimal serta mencegah tanaman cabe tidak terlalu rimbun dan sesak, manfaat lain yaitu mengurangi terserang jamur.

  • Penyemprotan (pestisida) dan gulma

penyemprotan dalam tahap ini biasanya dengan memberikan pupuk daun dan buah serta membunuh hama yang sering menyerang daun maupun buah cabe yang dapat menghambat proses pertumbuhan dan pembusukan cabe sebelum panen.

Membuang gulma-gulma juga tak kalah penting hal ini bertujuan agar kandungan vitamin yang terdapat pada tanah (media tanam) diserap dengan maksimal oleh tanaman cabe. Disamping itu pembersihan gulma bermanfaat untuk mencegah media tanam menjadi sarang tikus, apabila gulma tidak dibuang secara rutin maka rumput liar akan sesak dan menimbulkan kelembaban yang akan menjadi sarang jamur.

 Pemanenan

Proses panen tanaman cabe merah keriting pertama setelah usia tanaman berumur 70-75 hari.Setelah itu petani cabe melakukan pemanena 3-4 hari sekali. Ada juga petani yang melakukan panen 2 hari sekali setelah panen pertama apabila harga cabe merah keriting dalam kondisi yang bagus. Untuk Pembuatan bibit baru biasanya para petani mengambil dari panen ke 3-4, biasanya cabe sudah bagus untuk pembibitan dan tahan untuk disimpan dalam kurun waktu 1thn.

Itulah ulasan dari saya mengani cara menanam cabe merah keriting.

Semoga bermanfaat dan memberikan inforamsi buat anda. Salam hangat saya buat anda dan keluarga anda.