6 Cara Menanam cengkeh Agar Cepat Berbuah

menanam cengkeh. Itulah yang akan kita bahas pada pertemuan kita kali ini. Tanaman cengkeh atau nama lain cengkih adalah tanaman asli indonesia, awalnya pohon ini berasal dari maluku. Namun sampai sekarang pohon cengkeh menyebar di dataran nusantara bahkan sampai mancanegara seperti, Sri Lanka, Bangladesh serta Pakistan dan masih banyak lagi.

Cengkeh yang kaya akan manfaat dan kualitas  tidak menurun saat disimpan dalam kurun waktu yang sangat lama membuat kebutuhan cengkeh selalu meningkat. Hal itu pula yang membuat harga cengkeh ralatif stabil.

Syarat Tumbuh Menanam Cengkeh

Sebelum masuk ke inti pemahasan berikut syarat tumbuh menanam cengkih agar pertumbuhan menjadi lebih optimal :

  • Daerah dengan suhu udara maksimal 30º C.
  • Ketinggian 200-500 MDPL
  • Keasaman tanah atau ph tanah 5,5-6,5
  • Tempat dengan curah hujan kurang lebih 1500 sampai 2500 mm/th
  • Lahan dengan jenis tanah andosol, regosol, podsolik merah dan latosol

Cara Menanam Cengkeh agar Cepat Berbuah

Menanam cengkeh agar cepat berbuah tentunya melewati tahapan-tahapan yang tepat. Baik dari pemilihan bibit berkualitas, perawatan dengan baik dan pengolahan lahan yang benar. Berikut langkah-langkah menanam cengkeh :

1. Pemilihan Bibit Berkualitas

Pemilihan bibit berkualitas tentunya sangat penting untuk dilakukan seperti saat anda menanam jeruk nipis. Dengan bibit unggul tentunya dapat merangsang pertumbuhan serta pembuahan dalam membudidayakan cengkeh.

Dalam tahap ini anda bisa membelinya ditoko pertanian atau dengan membuat sendiri dengan cengkeh yang sudah anda panen. Berikut cara membuat bibit sendir.

  • Pastikan cengkeh masak di pohon
  • Cengkeh berwarna coklat kehitaman
  • Kupas dengan hati-hati kulit cengkeh agar biji cengkih tidak tergores atau rusak
  • Rendam biji cengkeh selama 1 hari
  • Cuci cengkih dengan menggunakan air bersih sampai lendir dalam bibit hilang.

2. Cara Penyemaian Biji Cengkeh

Lankah kedua untuk menanam cengkeh yaitu dengan menyemai bibit cengkeh. Berikut cara penyemaian bibit cenkeh :

  • Siapkan polybag dengan ukuran sedang
  • Tanah gembur, pupuk kandang halus
  • Masukan tanah bercampur pupuk kandang halus kedalam polybag dengan perbandinga 2:1.
  • Buat lubang di tengah menggunakan jari telunjuk di tengah media semai
  • Tanam biji kedalam lubang yang sudah anda buat kemudian taburkan tanah secara tipis untuk menutupnya.
  • Percikan air untuk menjaga kelembaban tanah, setelah semua telah anda lakukan dengan benar simpan ditempat yang aman dari angin kencang serta mendapatkan cahaya matahari 25%
  • Siram dua kali sehari pada waktu pagi dan sore hari.

3. Cara Pengolahan Lahan Cengkih

Tahap ke tiga dalam menanam cengkeh agar cepat berbuah yaitu pengolahan lahan dengan benar. Pengolahan media tanam dengan cara menggemburkan lahan dengan menggunakan cangkul atau dibajak. Penggemburan bertujuan untuk mempermudah akar tumbuh serta membersihkan tanaman pengganggu.

Selanjutnya buat lubang sedalam kurang lebih 70 cm dan lebar 50 cm, masukan pupuk kandang kedalam lubang. Diamkan lubang selama 1 bulan agar nutrisi dalam pupuk terserap sempurna kedalam tanah.

4. Cara menanam Cengkih

Pindahkan bibit cengkeh yang setelah berusia 2 thn, Sebelum penanaman buang polybag serta tanah yang menempel. Tanam bibit kedalam lubang pada media tanam permanen taburkan pupuk kemudian tutup kembali dengan tanah sambil dipadatkan.

Pastikan pula bibit memiliki batang yang tegak lurus serta subur, pasang tiang penyangga menggunakan kayu atau bambu. Dalam pengikatan diharapkan tidak terlalu kencang agar tidak mengganggu proses pertumbuhan tanaman cengkeh.

Tambahkan dolomit jika ph tanah kurang, setelah penanaman selesai siram menggunakan air untuk menjaga tanah tidak kering.

5. Cara Merawat Pohon Cengkeh

Perawatan yang baik tentunya dapat menunjang pertumbuhan serta pembuahan lebih optimal. Berikut cara perawatan dalam menanam cengkeh :

  • Penyiraman

Lakukan penyiraman dua kali sehari pagi dan sore hari untuk menjaga kelembaban tanah.

  • Penyiangan gulma

Cabut tanaman pengganggu di sekitar tanaman cengkeh, hal itu bertujuan untuk mengurangi resiko tanaman terserang penyakit. Manfaat lain dari penyiangan yaitu agar kandungan nutrisi dalam tanah terserap sempurna oleh tanaman utama.

  • Penggemburan susulan

Pada tanaman muda tentunya akar belum mampu atau kesulitas untuk menembus tanah yang keras, karena sebab itulah penggempuran susulan dilakukan.

  • Pemupukan susulan

Pemupukan susulan dilakukan setelah usia tanam memasuki usia tanam 3 bulan sekali pada awal tanam sampai tanaman berusia 1 thn.

Anda juga dapat menyemprotkan cairan insektisida untuk menjaga tanaman dari hama dan penyakit.

  • Penyulaman

Penyulaman dilakukan untuk memaksimalkan lahan, penggantian ini dilakukan saat terdapat bibit yang mati atau gagal tumbuh. Penyulaman dilakukan setelah usia tanam 1 bulan, atau saat anda melihat bibit cengkih yang mati dan pertumbuhan terganggu.

6. Pemanenan Cengkeh

Tidak seperti saat anda menanam kunyit yang dapat dipanen dalam waktu dekat. Menanam cengkeh dapat anda lakukan setelah usia tanam kurang lebih 5-7 thn setelah tanam. Meskipun panen cengkeh dilakukan dalam waktu cukup lama akan tetapi panen cengkeh memberikan keuntungan tersendiri. Tanaman cengkeh dapat bertahan lama sampai puluhan thn dan dapat dipanen 3-5 kali sekali dalam satu musim panen.

Pemanenan sendiri diharapkan pada saat cengekeh sebelum mekar agar kualitas tetap terjaga. anda bisa memetik langsung sampai tangkai bunganya. Setelah proses pemanenan selesai anda bisa menjual tangkai daun dan buahnya.

Para petani biasanya mengeringkan cengkeh terlebih dahulu dengan cara menjemurnya beberapa hari. Cengkeh yang kering biasanya lebih mahal 3 kali lipat dibanding dengan harga cengkeh basah. Tentunya harga kering tersebut menyesuaikan harga pasar (bukan sebagai patokan).

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

6 Cara Menanam cengkeh Agar Cepat Berbuah

Selain mengulas bagaimana cara menanam cengkeh, sebagai tambahan informasi buat anda berikut manfaat cengkeh yang tak terduga bagi kesehatan :

  • Dapat Mengobati Sakit Gigi

Kandungan zat anti bakteri pada cengkeh dipercaya dapat menyembuhkan penyakit gigi. cara memanfaatkannya yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh pada bagian gigi yang sakit.

  • Dapat Mengobati Batuk dan Pilek

Campurkan minyak cengkeh dengan madu lalau minum setiap pagi secara rutin untuk membantu menyembuhkan cengkeh. Anda juga dapat mengoleskan minyak cengkeh di sekitar hidung saat anda pilek.

  • Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Cenkeh dapat membuat tubuh kita hangat dengan memakan langsung atau dengan mengoleskan minyak cengkeh ke bagian tubuh terutama perut.

  • Dapat Menyehatkan Jantung

Kandungan Eugenol yang terdapat pada cengkeh dapat membantu mencegah pembekuan dalam darah yang dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke.

  • Dapat Mencegah Infeksi Pernafasan

Kandungan antioksidan pada cengkeh dapat membunuh kuman yang dapat merusak saluran pernafasan.

  • Dapat Menghilangkan Jerawat

Dengan mengoleskan minyak cengkeh pada daerah jerawat pada wajah dipercaya dapat menghilangkan jerawat. Hal itu disebabkan kandungan anti mikroba yang terkandung pada cengkeh.

  • Mencegah Rambut Rontok

Dengan mengoleskan minyak cengkeh pada kulit kepala kurang lebih selam 5-15 menit kemudian bilas dengan air dapat mengurangi rambut rontok berkat kandungan vitamin di dalamnya.

Itulah beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan serta kecantikan. Semoga ulasan pada kali ini memberikan informasi serta wawasan dan informasi buat anda.

Salam hangat buat anda dan keluarga anda

 

Leave a Comment