Cara Menanam Jagung Hibrida Di Sawah

Cara Menanam Jagung Hibrida Di SawahSekilas tentang tanaman jagung

Kali ini mbah tani akan mengulas tentang bagaimana cara menanam jagung hibrida dengan lengap.  Cara menanam jagung tidak harus di sawah, anda juga bisa menanamnya di media polybag. Tanaman jagung dengan nama lain zea may ssp/mays adalah salah satu pangan pokok penting dunia. Selain padi dan gandum, jagung juga salah satu pangan dengan kandungan tinggi karbohidrat. jagung juga dapat diolah menjadi minyak dan bahan dasar tepung serta bahan pangan ternak.

manfaat jagung bagi kesehatan dan kulit

Selain sebagai makanan pokok di beberapa negara di dunia, jagung memiliki manfaat yang sangat mengejutkan diantaranya :

  1.  Melancarkan pencernaan

jagung yang kaya akan serat dapat membantu memperlancar pencernaan, menurut penelitian 1 porsi jagung mampu memenuhi 10% kebutuhan serat setiap hari.

2. Baik untuk ibu hamil

Dengan kandungan asam folat, jagung sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat itu sendiri adalah nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan resiko cacat pada bayi.

3. Menyehatkan mata

Mengkonsumi jagung setiap hari sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan carotenoid pada jagung dapat mencegah kerusakan mata saat usia senja.

4. Mencegah anemia

Kandungan B12, Asam folat dan Zat besi pada jagung dapat mencegah penyakit anemia.

Setelah mengetahui manfaat jagung buat kesehatan, Mari kita bahas bagaimana cara menanam jagung, Simak ulasan selengkapnya.

Cara Menanam Jagung Hibrida

Berikut cara menanam jagung hibrida

  • Persiapan benih

Langkar pertama cara menanam jagung hibrida adalah dengan memilih benih jagung hibrida yang berkualitas dan sesuai dengan musimnya. Bubuhi benih dengan fungisida dimertomorf (Renon, Akrobat, Sirkus) serta insektisida untuk mencegah penyakit pada benih.

  • Persiapan Lahan

Cara Menanam Jagung Hibrida Di Sawah

Cara menanam jagung kedua adalah dengan menggemburkan tanah menggunakan cangkul atau dengan dibajak dengan kedalaman antara 25-30 cm. Ratakan dan haluskan, lakukan pembedengan saat musim hujan agar air tidak menggenang di media tanam. Dalam tahap ini hampir sama dengan cara menanam cabe rawit merah keriting

  • Penanaman jagung

Buatlah lubang pada media tanam sedalam 5 cm jarak kira-kira 25 cm, masukan benih 1 biji 1 lubang. Pengairan juga perlu dilakukan pada musim hujan.

Cara merawat jagung hibrida

Cara menanam jagung yang baik dan benar tentunya wajib melakukan perawatan yaitu.

Pembubunan atau ipuk dilakukan bersamaan pada waktu pemupukan. Hal yang tidak kalah pentingnya dari perawatan tanaman jagung adalah pembersihan gulma. Ada dua cara, gulma yang berumur 5-21hst (hari setelah tanam) menggunakan herbisida calaris. Kedua, Gulma berumur 40 hst keatas menggunakan hebisida gramomox. Pembersihan gulma dianjurkan secara rutin demi kesuburan tanaman jagung, minimal 1 minggu sekali.

Cara Mengusir Hama Jagung

Keberhasilan menanam jagung sangat tergantung sukses tidaknya dalam proses ini, berikut cara mengusir hama jagung

  1.  Hama ulat daun

Sesuai dengan jenisnya hama ini hanya menyerang bagian daun tanaman jagung, hama ini sering muncul saat tanaman berusia kurang lebih 1 bulan. Semprotkan insektisida sistemik berbahan aktif imadikoplorid sebagai pencegahan. Dan apa bila tanaman jagung yang anda tanam sudah terserang sebaiknya semprotkan insektisida translaminar berbahan aktik metomil atau bisa juga dengan kontak berbahan aktif sipermetrin disemprotkan dengan menggunakan pelekat, dilakukan sebelum jam 4 sore.

2. Hama uret

Hama ini bisa dikatakan hama paling merusak tanaman jagung, dimana hama mini menyerang dari usai muda sampai tua. Sebelum tanaman ditanam di media campurkan insektisida tabur khusus uret bersama dengan pupuk dasar. Larutkan kedalam tangki kocor 40L insektisida tabur uret baik marshal ataupun diazenon dengan dengan takaaran 2 sendok/40L, kemudian kocorkan ke pangkal tanaman jagung. Langkah itu dilakukan jika banyak tanaman yang mati karena akar yang habis dimakan hama uret.

3. Hama Pengerak batang

Hama ini hampir sama dengan hama uret bedanya hama pengerak batang merusak dengan cara masuk ke batang pohon jagung dan memakan bagian dalam pohon. Cara mengatasinya yaitu dengan menyemprotkan insektisida translaminar berbahan aktif metomil.

  1. Hama ulat tongkol jagung

Hama jenis ini menyerang bagian tongkol jagung yang masih muda, akibatnya biji buah jagung akan rusak dan membusuk. semprotkan insektisida sistemik untuk mencegahnya, jika tongkol jagung banyak yang terserang semprotkan isektisida sistemik berbahan aktif metomil semprotkan kebagian tongkol jagung.

Pemanenan Jagung hibrida

Setelah semua langkah diatas dilalui dengan baik langkah terahir cara menanam jagung hibrida yaitu pemanenan. Proses panen jagung dilakukan saat usia tanaman 105 hari dan memiliki ciri-ciri berikut :

  • Daun tanaman jagung kering 80%
  • Biji jagung berwarna jernih dan mengkilat serta keras dan padat
  • Kulit jagung sudang mengering

itulah ulasan dari saya tentang bagaimana cara menanam jagung hibrida. Semoga bermanfaat serta dilancarkan segala urusan anda dan keluarga anda.

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment