12 Cara Menanam Kangkung Di Baskom serta DI Sawah

Cara Menanam Kangkung Di Baskom serta Kangkung DaratSalam hangat buat pembaca yang budiman kali ini mbah tani akan mengupas tuntas bagaimana cara menanam kangkung, baik dengan metode hidroponik di baskom, ataupun kangkung darat untuk pemula. Kangkung dengan nama lain ipomoea aquatica adalah jenis sayuran yang banyak di sukai di negeri ini. sayuran ini tergolong dengan siklus yang cepat dan tumbuh serempak kurang lebih 4-6 minggu saja. Disamping harganya murah kangkung juga mudah di dapat atau bahkan dengan menanamnya sendiri. Dengan banyaknya peminat tanaman ini tak sedikit masyrakat indonesia berani menginvestasikan uang meraka untuk berbisnis. Hal itu di dukung karena Indonesia yang memiliki geografis yang cocok untuk pertumbuhan kangkung. Berdasarkan habitatnya kangkung memiliki 2 jenis yaitu kangkung darat serta air. Keduanya memiliki perbedaan jenis masing-masing. Untuk mempelajari bagaimana cara menanam kangkung simak ulasan berikut dengan seksama.

Cara menanam kangkung hidroponik di baskom

Cara ini sangat cocok buat anda yang tidak memiliki lahan sawah atau kebun yang luas. cara menanam kangkung hidroponik ini dapat dilakukan di sekitar halaman rumah anda. berikut tahapan cara menanam kangkung hidroponik di baskom.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Menanam kangkung hidroponik tidaklah sulit dan mahal. tentunya tak akan menguras banyak isi dompet anda. Untuk lebih jelasnya lihat di bawah ini.

Alat yang diperlukan

  • Besek plastik hampir mirip dengan saringan memiliki lubang di sisi serta permukaan dengan ukuran cukup besar.
  • Baskom dengan diameter seperti besek plastik bertujuan supaya besek tidak mengapung di atas baskom.

Bahan yang di perlukan

  • Bibit kangkung

Bibit kangkung bisa anda dapatkan di toko pertanian terdekat rumah anda. Sebelum anda membeli pastikan jenis bibit yang anda beli adalah yang terbaik.

  • Pupuk hidroponik

pada umumnya pupuk yang digunakan ialah AB Mix. Bisa anda dapatkan di toko pertanian bersama dengan pembelian benih.

  • ZPT ( Zat pengatur tumbuh) seperti atonik digunakan saat perendaman benih.

2. Pemilihan Benih Kangkung Berkualitas

Jika anda menginginkan hasil yang maksimal tentunya tahap ini sangat penting. Penggunaan bibit kangkung berkualitas diantaranya, bibit kangkung unggulan dan idaman. Bibit kangkung idaman memliki keunggulan dimana tumbuh lebih serentak serta tidak mudah berbunga.

3. Penyemaian Bibit Kangkung

Ada dua cara teknik penyemaian bibit kangkung. Pertama dengan menggunakan teknik semai benih atau dengan tanam langsung. Untuk cara menanam kangkung dengan metode hidtoponik saya saran menggunakan cara yang pertama yaitu semai benih berikut :

4. Seleksi Benih Kangkung

Agar mendapatkan bibit yang bagus  tentunya kita harus menyeleksi biji kangkung mana yang baik utnuk di tanam. Rendam biji kakngkung pada baskom bisa dengan lainya, siram dengan air serta biarkan selama 1 hari. Pilihlah biji kangkung yang tenggelam dan anda bisa membuang biji kangkung yang mengapung.

Setelah mendapatkan biji berkualitas, sekarang anda bisa melakukan proses semai benih dengan tahapan sebagai beriku.

  • Sediakan kain dengan ketebalan cukup untuk menahan air.
  • Bungkus benih yang sudah di seleksi dengan kain.
  • Siram kain dengan air hangat secukupnya langkah ini bertujuan untuk menjaga kelembaban demi mempercepat pertumbuhan benih menjadi kecambah.

5. Pemeberian Nutrisi Hidroponik Menggunakan AB Mix

Cara membuat nutrisi AB Mix. Ambilah 1 liter air lalu memberikan 5 ml nutrisi A dan B, Campur secara merata setelah itu tuangkan ke dalam baskom dengan batas ketinggian batas bawah besek. Saran saya untuk air menggunakan air mineral yang baik hal itu akan berpengaruh akan tingkat kesempurnaan nutrisi AB Mix, dibanding kan dengan air biasa.

6. Proses Perancangan Wadah

Dalam proses ini memerlukan beberapa langkah sebagai berikut

  • Pindah benih berkecambah kedalam besek. Langkah ini bisa juga dengan melapisi bagian bawah besek menggunakan busa bekas filter.
  • Siram air nutrisi ke media baskom sampai menyentuh bagian bawah besek. apabila anda menggunakan lapisan busa cukup sampai menyentuh lapisan tersebut.
  • Setelah semuanya dilakukan langkah selanjutnya anda bisa memindahkan ke tempat dimana tekena sinar matahari atau bisa juga dengan menutup besek serta baskom dengan plastik hitam (gerak pertumbuhan fitrotopisme).

Setelah semuanya beres anda tingagal melakukan perawatan tanaman kangkung yaitu dengan cara selalu mengecek air nutrisi secara rutin. Gantilah air nutrisi apabila sudah bau, ulangi tahap ini sampai dengan masa panen.

7. Masa Panen Kangkung

Seperti yang sudah dibahas di awal, anda dapat memanen tanaman kangkung setelah berusia antara 4-6 minggu saat masih segar dan tidak terlalu tua.

Langakah selanjutnya bagi anda yang mempunyai lahan yang luas sperti sawah ataupun kebun, dan ingin mengetahui cara menanam kangkung darat simak ulasan berikunya :

Cara Menanam Kangkung Darat

Cara Menanam Kangkung Di Baskom serta Kangkung DaratCara menanam kangkung darat maupun hidroponik sebenarnya hampir sama, bedanya menanam kangkung hidroponik menggunakan media tanah. Untuk lebih jelasnya berikut tahapan cara menanam kangkung darat

1. Pembibitan

  • Pembibitan kangkung dapat dilakukan menggunakan dua cara yaitu dengan vegetatif stek batang serta generatif menggunakan biji langsung. Saran saya menanam kangkung darat menggunakan biji agar dapat tumbuh serentak serta dapat memilih biji yang berkualita. Salah satu biji yang berkualitas adalah biji yang berumur kurang dari satu tahun.

2. Persiapan Lahan

  • penggemburan tanah dengan cara mencangkul atau dibajak
  • Buatlah penggedengan dengan lebar kurang lebih 1 meter dengan tinggi 30 cm yang berguna untuk drainase atau pengairan saat pemeliharaan. Dalam tahap ini anda juga bisa langsung memberikan pupuk kandang untuk nutri awal. cara ini hampir sama dengan cara menanam jagung

3. Penanaman

Setelah persiapan lahan selesai tahap selanjutnya yaitu penanaman. Buatlah lubang pada media tanam dengan jarak 20 x 20 cm berguna untuk ruang tumbuh kangkung. Masukan 3 benih biji kangkung kedalam 1 lubang yang telah dibuat tadi, Kemudian tutup lubah dengan menggunakan pupuk kandang.

4. Pemeliharaan Tanaman Kangkung Darat

  • Penyulaman, Mengambil atau mengganti tanaman kangung yang tidak tumbuh atau mati supaya tidak mengganggu tanaman lain.
  • Penyiangan, Membersihan gulma sangat penting agar tidak menggaanggu proses pertumbuhan kangkung manfaat lain supaya nutrisi yang ada dalam tanah terserap dengan baik oleh tanaman utama.
  • Pengendalian hama dan penyakit. Jenis hama yang sering menyerang tanaman kangkung adalah hama daun serta kutu daun dan juga penyakit karat putih.

5. Pemanenan Tanaman Kangkung

Berbeda dengan panen kangkung hidroponik dalam baskom, panen kangkung darat dapat dilakukan 2 x panen yaitu dengan cara memotong bagian bawah tanaman kangkung setelah berumur 4-6 minggu dan tidak terlalu tua.

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Sebagai tambahan informasi, selain cara menanam kangkung yang mudah ternyata kangkung sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Diantaranya :

  • Pencegahan anemia

Badan yang terasa lesu dan lemah disertai kepala pusih mungkin itu pertanda bahwa anda kekurangan sel darh merah. Mencegah hal itu bisa dengan memakan kangkung secara rutin karena kangkung mengandung zat besi yang berfungsi merangsang produksi sel darah merah.

  • Meningkatkan kualitas otak

Kandungan B komplek dan omega tiga sangat baik untuk pertumbuhan otak. Oleh karena itu apa bila anda memiliki anak dalam masa pertumbuhan, kangkung sangat baik di konsumsi secara rutin.

  • Menjaga kesehatan mata

Tidak banyak yang tau bahwa kangkung juga sangat bagus untuk kesehatan mata serta mencegah katarak. Hal itu karena kangkung mengandung vitamin A, Karotenoid, lutein.

  • Menjaga sistem imun

Salah satu sumber yang dapat menjaga sistem imun ialah sayuran hijau, oleh karena itu makanlah sayuran hijau secara rutin untuk  menjaga sistem imun dan kekebalan tubuh.

Itulah ulasan dari mbah tani kali ini tenteng cara menanam kangkung hidroponik di baskom, kangkung darat serta manfaat kangkung buat kesehatan. Semoga tulisan ini bermanfaat buat anda dan keluraga.

 

 

 

 

Leave a Comment