5+Cara Mudah Menanam Kentang Agar Hasil Melimpah

Dengan peminat yang semakin meningkat setiap tahunnya para petani semakin banyak yang menanam kentang sebagai tambahan pemasukan ekonominya. Dengan kandungan yang kaya akan karbohidratnya tak jarang masyarakat menjadikan jenis sayur ini menjadi pengganti nasi.

Kentang dengan nama ilmiah solanum tuberosum merupakan jenis tanaman umbi-umbian. Dimana umbinya terletak pada bagian batang atau sering disebut juga umbi batang. Dengan kandungan karbohidrat yang banyak menjadikan jenis sayuran ini menjadi makanan pokok di negara-negara eropa.

Kentang yang berasal dari amerika, saat ini telah menyebar di berbagai penjuru dunia termasuk salah satunya di negara kita. Apabila anda ingin menanam kentang mungkin artikel ini akan cocok buat anda. Simak ulasan di bawah ini :

Tips sukses menanam kentang

Dalam menanam kentang pastinya anda menginginkan hasil panen yang berlimpah bukan ??? tenang saja mbah tani akan memberikan tips sukses menanam kentang agar hasil berlimpah.

  • Waktu yang baik untuk menanam kentang, apabila anda tinggal didaerah yang mempunyai suhu dingin, menanam kentang sebaiknya setelah embun beku pertama di musim semi.
  • Menanam kentang pada musim gugur sangat baik jika anda berada di daerah yang panas atau hangat.
  • Pilih tempat menanam kentang yang terkena sinar matahari secara langsung, serta tanah yang berbahan dasar lempung kurang baik untuk menanam kentang dan dengan drainase yang baik kentang akan tumbuh dengan subur. Hal itu disebabkan karena tanaman kentang akan membusuk apabila tergenang oleh air.

Setelah anda tau tips sukses membudidayakan kentang,berikut ulasan bagaimana cara menanam kentang yang baik.

Cara Menanam Kentang Dari Umbi

Menanam kentang dari umbi tentunya anda harus memilih umbi yang berkualitas untuk dijadikan bibit baru. Simak ulasan berikut.

1. Pemilihan Bibit Kentang

Anda bisa membeli bibit kentang di pasar atau di toko sayuran terdekat. Kemudian pilihlah bibit yang besar serta memiliki permukaan halus dan tidak memiliki penyakit / cacat. Simpan kentang yang anda beli di tempat yang sejuk serta memeliki kelembaban yang cukup dan terkena sinar matahari. Setelah kentang didiamkan selama kuarang lebih 7-14 hari kentang akan mulai tumbuh tunas serta akar yang mulai terbentuk. Anda juga bisa merawatnya dengan menyiram kentang dua kali sehari pada waktu pagi dan sore hari sampai kentang memiliki tunas setinggi 5-10 cm.

2. Persiapan Lahan Kentang

5+Cara Mudah Menanam Kentang Agar Hasil Melimpah

Agar mendapatkan hasil panen yang berlimpah saat anda menanam kentang yaitu dengan pengolahan lahan yang baik dan sesuai dengan ketentuan yang benar. Berikut cara pengolahan lahan yang baik.

  • Gemburkan tanah menggunakan cangkul atau bisa juga dibajak setelah itu diamkan tanah kurang lebih 3 hari agar terpapar sinar matahari.
  • Setelah tanah gembur buat bedengan bersamaan dengan mencampurkan pupuk organik sebagai pupuk dasar. Tinggi bedengan kurang lebih 30 cm dengan lebar 70 cm dengan panjang menyesuaikan lahan anda. Agar bedengan terkena matahari dengan sempurna buatlah bedengan menghadap timur kebarat.
  • Buat lobang diatas bedengan dengan jarang kurang lebih 20-25 cm.

3. Proses Penanaman Bibit Kentang

Masukan kentang yang sudah memiliki tunas kedalam lubang yang sudah anda buat, Kemudian tutup kembali menggunakan tanah.

4. Perawatan Menanam Kentang

Semua jenis tanaman tentunya memerlukan perawatan yang baik, begitu juga dengan menanam kentang supaya menghasilkan panen yang melimpah serta berkualitas. perawatan menanam kentang sendiri terbilang cukup ringan dibanding dengan menanam cabe merah keriting. Anda hanya perlu melakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore pada musim kemarau serta pemberian pupuk secara rutin 2 minggu sekali.

Pemangkasan juga baik dilakukan apabila terdapat tumbuhan atau daun yang terkena penyakit, Hal itu bertujuan agar tidak menyebar ke tanaman lain. Semprot dengan menggunakan pestisida apabila terdapat hama yang menyerang.

Pembersihan gulma sebaiknya anda lakukan seminggu setelah penanaman hal itu supaya kandungan yang terdapat pada tanah bisa diserap langsung oleh tanaman utama. Penyiangan dilakukan seminggu sekali karena biasanya tanaman gulma tumbuh dengan cepat.

5. Cara Pemanenan

Pemanenan dapat anda lakukan setelah masuk usia tanaman kurang lebih 2-3 minggu setelah bunga tanaman kentang mekar. Serta ditandai dengan layunya daun. Pemanenan kentang sendiri berbeda dengan tanaman lain yaitu dengan menggali media tanam sedalam 30 cm menggunakan sekop atau bisa menggunakan tangan.

Apabila anda menggunakan sekop harus hati-hati hal ini bertujuan supaya tidak merusak buah kentang. Pilih kentang yang sudah besar dan biarkan kentang yang kecil untuk dipanen hari selanjutnya. Setelah proses pemanenan selesai rapikan kembali media tanam agar tanaman kentang dapat tumbuh kembali dengan baik. Diamkan hasil panenan selama kurang lebih 1 jam supaya kulit kentang mengering dan kotoran tanah mengelupas semua.

Cara Menanam Kentang pada polybag

5+Cara Mudah Menanam Kentang Agar Hasil Melimpah

Cara menanam kentang pada polybag sangat cocok buat anda yang tidak memiliki lahan yang luas. Menanam kentang pada polybag bisa anda lakukang di halaman rumah anda. Untuk tahap pemilihan bibit sama dengan ulasan diatas. Mari kita bahas persiapan-persiapannya yang perlu anda lakukan :

  • Pertama tentunya anda harus menyiapkan polybah atau bisa menggunakan karung bekas sebagai media tanam dengan ukuran 50 x 80 cm. Isi  2/3 polybag dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos.
  • Penanaman, Tanam bibit kentang yang sudah memiliki tunas pada lubang sedalam kurang lebih 5 cm lipat sisa polybag yang belum terisi dengan tanah dengan rapi. Setelah tanaman berusia 10 hari tunas akan tumbuh serentak. Setelah usia tanam 1 bulan isi lagi dengan tanah bercampur pupuk mengikuti tinggi bibit kentang yang tumbuh. Siram dua kali sehari pada waktu pagi dan sore hari untuk menjaga kelembaban tanah agar tanaman kentang tumbuh dengan baik.
  • Kocorkan pupuk ZPT organik serta taburkan trichoderma dengan dosis 10 gram/ polybag untuk merangsang pertumbuhan dengan baik.

Untuk perwatan tanaman kentang pada polybag sama saja dengan ulasan diatas.

Manfaat Kentang Buat Kesehatan

Selain membahas secara singkat bagaimana menanam kentang yang benar, mbah tani akan memberikan informasi beberapa manfaat dari kentang buat kesehatan tubuh. Berikut ulasannya :

  1. Mengandung antioksidan

Kandungan senyawa flavonoid, karetonoid, dan asam fenolik pada kentang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh untuk mencegah radikal bebas yang dapat merusak jaringan sel-sel dalam sel.

2. Membantu mengendalikan gula darah

Umumnya masyarakat salah kaprah tentang jenis sayur ini, banyak yang bilang penderita diabetes tidak diperbolehkan memakan kentang, padahal sebaliknya kentang dapat membantu mengendalikan gula darah dalam tubuh. Jadi kandungan karbohidrat pada kentang cukup aman untuk penderita diabetes.

3.  Baik untuk pencernaan

Kandungan pati resistan pada kentang sangat baik untuk proses pencernaan tubuh kita. Pada saat kentang masuk pada lambung pati resistan dimakan oleh bakteri baik yang akan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek.

Mengurangi resiko peradangan pada usus, memperkuat usus besar serta mengurangi usus besar terkena koloretal itulah manfaat dari asam lemak rantai pendek.

Itulah ulasan dari saya tentang bagaimana cara menanam kentang yang baik agar mendapatkan hasil panen yang berlimpah serta berkualitas. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi buat anda.

Salam hangat buat anda dan keluarga anda.

Tinggalkan komentar