8 Cara Menanam Kunyit agar hasil melimpah

Cara menanam kunyit. Kali ini ilmu tanah akan memebahas bagaiana cara menanam kunyit yang benar. Agar dalam membudidayakan kunyi dapat menghsilkan hasil berlimpah tentunya tak lepas dari penanganan serta perawatan yang baik.

Kunyit sendiri termasuk tanaman obat yang mudah untuk di budidayakan di daerah tropis. Menanam kunyit pada tanah yang gembur serta subur dapat membantu pertumbuhan tanaman menjadi lebih optimal.

Cara Menanam Kunyit di Lahan

8 Cara Menanam Kunyit agar hasil melimpah

Pembahasan pertama yaitu bagaimana cara menanam di kebun atau di lahan yang luas. Membudidayakan kunyit juga bisa menjadi peluang untuk anda mendapatkan pundi-pundi uang. Hal itu didukung dengan fakta bahwa kunyit termasuk bahan rempah yang dibutuhkan oleh seluruh dunia, baik untuk bumbu masak ataupun sebagai obat alami. Berikut tahapan cara menanam kunyit :

1.Pemilihan Bibit

Cara menanam kunyit yang pertama yaitu dengan memilih bibit yang berkualitas supaya dalam proses pertumbuhan berjalan lancar. Anda bisa mendapatkan bibit dari pecahan rimpang atau bisa membelinya di pasar.

Berikut syarat bibit tanaman kunyit yang baik :

  • Bibit berasal dari tanaman yang sehat, subur serta tidak terkena penyakit.
  • Rimpang yang baik untuk pembibitan yaitu berumur 7-12 bulan.
  • Dormasi (istirahat) pada bibit yang cukup
  • Terdapat kandungan air pada bibit

2.Penyemaian Bibit

Penyemaian bibit kunyit bisa anda lakukan dengan menganginkan bibit di tempat yang teduh serta lembab selama kurang lebih 1-1,5 bulan. Kemudian siramlah dua kali dalam sehari pada waktu pagi dan sore hari.Penyemaian bibit akan lebih baik diletakan pada kama yang bersuhu 25-28º C.

Rimpang juga bisa diletakan diantara jerami dengan suhu kurang lebih 25-28º C atau dengan perendaman selama 3 jam dengan menggunakan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT). Diantara ZPT yang baik yaitu dengan cairan atonik 1cc / 1 liter air, dan larutan G-3 500-700 ppm. Sebelum direndam keringkan terlebih dahulu rimpang kunyit selama 42 jam dengan suhu 35º C.

3.Persiapan Lahan Tanaman

Langkah ketiga cara menanam kunyit yaitu dengan pengolahan lahan dengan cara dicangkul atau dibajak untuk proses penggemburan tanah. Penggemburan tanah dilakukan satu bulan sebelum penanaman. setelah proses penggemburan selesai dan tanah bersih dari tanaman gulma, langkah selanjutnya yaitu dengan pembuatan bedengan dengan tinggi 25-40 cm dan lebar 60-100 cm.

Setelah itu buatlah lubang untuk tempat rimpang ditanam 5-10 cm. Sebelum anda membuat lubang anda bisa menaburkan pupuk kandang atau kompos sebagai pupuk dasar tanaman. Diamkan lahan yang sudah siap kurang lebih 1 minggu agar pupuk bisa terserap sempurna oleh tanah.

4.Proses Penanaman

Cara menanam kunyit ada dua cara yaitu :

  • Menanam pada awal musim hujan serta pemanenan pada musim awal kemarau atau sekitar 7-8 bulan.
  • Menanam di awal musim penghujan dengan pemanenan 2 kali saat musim kemarau

Waktu penanaman kunyit diatas sama hanya saja waktu pemanenan berbeda tergantung anda memakai yang mana. Letakan bibit di atas bedengan dengan diameter lubang 30×30 cm dan kedalaman 60 cm serta jarak antar lubang 50×50 cm. Hal yang harus diperhatikan yaitu tunas bibit menghadap keatas agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

5.Perawatan Budidaya Kunyit

Pertumbuhan yang baik tentunya tak lepas dari perawatan yang baik pula. Cara perawatan dalam menanam kunyit yang baik sebagai berikut :

  • Penyiraman

Pada dasarnya tanaman kunyit tidak suka terlalu mengandung air apalagi terjadi genangan pada media tanam utama. Genangan pada media tanam dapat membuat rimpang kunyit membusuk serta dapat mengakibatkan bibit gagal tumbuh. Untuk itu penyiraman dilakukan sekali dalam sehari pada musim kemarau

  • Penyulaman

Penyulaman dilakukan apabila terdapat rimpang gagal tumbuh atau mati, penyulaman dapat anda lakukan setelah satu minggu setelah tanam. Atau jika anda melihat rimpang lain yang mulai tumbuh.

  • Pemupukan

Pemupukan sendiri dapat anda lakukan dengan dua cara yaitu pemupukan organik berupa pupuk kandang dengan dosis 45 ton /ha. pupuk organik bermanfaat untuk melebatkan daun serta memperbanyak anakan kunyit.

Sedangkan pemupukan kedua yaitu dengan menggunakan pupuk konvensional. Pupuk konvensional bisa dilakukan setelah usia tanam memasuki 2-4 bulan. Pupuk buatan dengan dosis 10 gram /pohon, 20 gram urea/pohon, ZK 10 gram/tanaman dan penambahan K20 sebanyak 112kg/ha. Pupuk lanjutan bertujuan untuk meningkatkan hasil panen kurang lebih 38% atau sekitar 7,5 tin/ha.

  • Penyemprotan pestisida

Penyemprotan pestisida dilakukan untuk mencagah serangan hama dan penyakit dengan sesuai anjuran yang tertera pada label kemasan.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit

Sama seperti saat menanam cabe merah keriting, pengendalian penyakit juga berlaku saat anda menanam kunyit. Pada umumnya penyakit yang menyerang tanaman kunyit yaitu :

  • Busuk bakteri pada rimpang

Ciri-ciri tanaman kunyit terserang bakteri busuk rimpang yaitu keriputnya serta mengelupas pada kulit akar tanaman. Pengendalian  jenis penyakit ini bisa anda lakukan dengan cara menyemprotkan fungisida dithane M-45

  • Kerat daun kunyit

Apabila daun tanaman kunyit anda menguning yang disebabkan oleh kutu daun. Pengendalian jenis penyakit ini dengan cara penyemprotan insektisida dengan cairan agrotion 2 cc/liter atu dengan menyemprotkan fungisida dithane M-45 sebanyak seminggu sekali.

  • Gulma

Pepengdalian gulma bertujuan untuk menjaga pertumbuhan tanaman kunyit agar maksimal. Pengendalian gulma sendiri lebih baik menggunakan cara alami. Penggunaan bibit yang berkualitas atau dengan cara membersihkan lahan tanaman dari rumput gulma.

7.Cara memanen kunyit dengan benar

Berbeda dengan cara memanen buah melon, memanen kunyit terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya :

  • Waktu pemanenan terbaik menanam kunyit yaitu saat usia 11-12 bulan dengan ditandainya batang pohon kunyit yang mulai menguning.
  • Waktu pemanenan pada musim kemarau lebih baik dari pada musim hujan, hal itu dapat mempermudah anda dalam proses pengeringan kunyit.

8.Proses Pasca Panen

Setelah proses pemanenan kunyit teah anda lakukan, langkah selanjutnya yaitu dengan penyortiran serta pembersihan kunyit. Untuk mempermudah anda pembersihan dapat dilakukan menggunakan air bertekanan agak kencang agar tanah  yang menempel dapat mengelupas akibat tekanan air.

Dalam penyucian harus bersih akan tetapi tidak terlalu lama dalam proses pencucian. Hal itu dapat menyebabkan kualitas rimpang kunyit berkurang.

  • Perajangan kunyit

Setelah rimpang kunyit bersih potong kunyit dengan panjang kuring lebih 5 mm-7 mm. Setelah perajangan keringkan kunyit, jemur diatas alas yang bersih setelah 2 jam penjemuran kunyit dibalik agar dapat kering secara merata. Penjemuran umumnya sampai 3-5 hari.

Anda juga bisa menggunakan oven untuk pengeringan dengan suhu 60º C setelah proses pengeringan selesai timbang rimpang untuk penyortiran ahir kunyit sebelum dipasarkan Biasanya dalam satu hektar dapat menghasilkan 20-30 ton/ hektar.

  • Penyimpanan

Apabila kunyit tidak langsung dijual simpan di tempat yang lembab dengan suhu kurang lebih 30ºC . Tempat penyimpanan sebaiknya mendapatkan sirkulasi udara yang baik serta mendapatkan penerangan baik di pagi serta malam hari.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam kunyit dengan baik agar menghasilkan kunyit yang berkualitas serta berlimpah

semoga ulasan ini memberikan informasi serta wawasan yang positif buat anda. Salam hangat buat anda dan keluarga anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment