6 Cara Menanam Kurma agar Hasil Berlimpah

Cara menanam kurma. Kali ini ilmu tanah akan mengulas bagaimana cara menanam kurma dengan baik dan benar. Tanaman kurma adalah satu jenis tumbuhan yang dapat tumbuh baik pada lahan kering serta sangat panas. Tanaman kurma juga dapat beradaptasi dengan baik di berbagai jenis tanah.

Pada awalnya buah kurma berasal dari timur tengah dengan cuaca yang sangat panas tentunya. Akan tetapi tak jarang petani dapat menanam buah kurma seperti di Thailand dan Indonesia dapat menanam kurma dengan baik.

Pohon kurma dengan nama lain phoenix dactylifera adalah jenis tanaman palem-paleman. Di Indonesia sendiri tak jarang petani berhasil membudidayakan tanaman ini. Hal itu disebabkan tanah negeri kita yang banyak memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan pohon kurma.

Cara Menanam Kurma di Lahan

6 Cara Menanam Kurma agar Hasil Berlimpah

Menanam kurma di lahan yang luas tentunya sangat cocok buat anda yang memiliki lahan dan ingin membudidayakan buah kurma. Menanam kurma dapat anda lakukan setelah melewati tahapan-tahapan dibawah ini :

1.Pemilihan Bibit Berkualitas

Langkah pertama anda dalam menanam buah kurma yaitu memilih bibit berkualitas. Dengan memilih bibit unggul tentunya dapat merangsang pertumbuhan serta pembuahan menjadi lebih baik.

Baca juga :

Memilih bibit berkualitas dapat anda lakukan dengan membelinya di toko pertanian terdekat rumah anda. Atau dengan biji kurma yang anda beli untuk dijadikan bibit. Berikut proses pembuatan bibit kurma

  • Pilih buah kurma yang memiliki kualitas
  • Bersihkan biji kurma dari daging kurma, untuk mempermudah dan mengahasilkan lebih baik dalam pembersihan menggunakan pasir halus kemudian cuci menggunakan air bersih.
  • Setelah biji bersih rendam menggunakan air bersih selama kurang lebih 6 hari. Untuk merangsang pertumbuhan dalam perendaman anda dapat menambahkan ZPT.
  • Ganti air bersih setiap hari, dan disarankan air perendaman tanpa bahan kimia seperti kaporit.

2.Cara Perkecambahan Biji Kurma

Cara perkecambahan biji kurma dapat anda lakukan dengan dua cara yaitu :

a. Dengan media cocopeat dan pasir

Cara pertama yaitu dengan menggunakan pot dan di isi dengan cocopeat bercampur pasir kemudian tutup kembali dengan cocopeat dengan tipis

b. Dengan menggunakan tisu basah

Siapkan media untuk perkecambahan seperti kotak makan atau bahan yang terdapat dirumah anda. Letakan tisu basah sebagai media perkecambahan utama. Langkah selanjutnya yaitu meletakan biji kurma diatas tisu basah tersebut. Simpan ditempat yang sejuk serta kontrol kelembaban tisu. Apabila tisu kering anda bisa menyemprotkan air untuk menjaga kelembaban.

3. Pemindahan Bibit Kurma

Langkah ke tiga dalam menanam kurma yaitu memindahan biji yang sudah berkecambah ke media tanam bibit. Media tanam bibit bisa berupa polybag dengan di isi dengan perbandingan pasir 2 kompos 1 dan arang sekam 1.

Baca juga :

Siram media bibit dengan menggunakan air secukupnya setiap 2 kali sehari pada musim kemarau. Dan simpan ditempat yang lembab serta lindungilah bibit baik dari angin maupun hama dan penyakit.

4. Pengolahan Lahan

Sama seperti saat anda menanam pepaya. lahan sebaiknya digemburkan dengan menggunakan cangkul ataupun dibajak. Dalam proses ini bersihkan juga tanaman gulma agar tidak mengganggu proses pertumbuhan lahan.

Buat lubang tanam dengan kedalaman kurang lebih 50-60 cm dan berikan jarak tanam kurang lebih 5-6 m. Sebelum ditanam lubang di isi dengan campuran pupuk organik dan diamkan kurang lebih selama 1 minggu.

5.Penanaman Bibit Kurma

Setelah bibit tumbuh dengan baik dan memiliki tinggi kurang lebih 30-50 cm masukan kemedia tanam utama dan tutup kembali dengan menggukan tanah bercampur pupuk sambil dipadatkan sampai pangkal tanaman.

Setelah proses penanaman selesai anda lakukan siram dengan mengguankan air bersih untuk menjaga kelembaban tanah.

6. Perawatan Pohon Kurma

Proses perawatan pohon kurma sendiri dengan cara pemiraman secara rutin sekali dalam sehari pada musim kemarau. Pemupukan susulan juga dapat anda lakukan setelah usia tanam memasuki dua bulan tanam.

Proses penyerbukan pohon kurma sendiri biasanya dilakukan oleh serangga dan angin seperti penyerbukan tanaman lain dengan cara alami.

7.Pemanenan Kurma

Perbedaan pohon kuram betina dan jantan akan terlihat saat berbunga dengan ciri-ciri

  • Pohon jantan, Bunga berwarna putih dan ukuran lebih kecil serta seperti terdapat zat tepung.
  • Pohon betina, Biasanya seperti pohon kelapa yang memiliki pentolan bunga.

Dalam proses pembuahan perawatan yang dilakukan adalah penyiraman rutin serta mencegah serangan burung. Anda bisa melakukan pembungkusan dan pemangkasan buah kurma yang kecil juga perlu dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan buah kurma yang lebih baik.

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Selain mengulas bagaimana cara menanam buah kurma yang baik, ilmu tanah juga akan memberikan sedikit informasi tentang manfaat buah yang memiliki rasa manis ini.

  • Membantu proses penceranaan dan mencegah penyakit sembelit
  • Dapat mencegah kanker
  • Dapat mengurangi radang
  • Menambah energi dalam waktu singkat.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam buah kurma dengan baik agar hasil berlimpah. Disamping itu banyak manfaat dari buah kurma buat kesehatan jika anda mengonsumsi sesuai dosis dan rutin.

Semoga bermanfaat dan memberikan informasi serta wawasan buat anda

Salam hangat buat anda dan keluarga anda

 

 

 

Leave a Comment