10+Cara Menanam Lidah Buaya Dengan Benar

10+Cara Menanam Lidah Buaya Dengan BenarCara menanam lidah buaya. Mungkin artikel ini sangat cocok buat anda yang sedang mencari informasi tentang cara menanam lidah buaya agar cepat memiliki daun yang banyak. Tanaman lidah buaya ini memiliki nama lain Aloe Vera. Anda pasti sering mendengar nama lidah buhaya dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman dengan segudang manfaat diantaranya, untuk menumbuhkan rambut serta bisa digunakan untuk masker wajah. Tumbuhan lidah buaya bisa juga dapat mengobati berbagai penyakit seperti diabetes serta maag, menurunkan kadar gula darah dan mencegah kanker .

Banyak industri di wilayah Afrika yang telah menggunakan nutrisi dari lidah buaya tersebut untuk bahan dasar pembuatan kosmetik.  Untuk membudidayakan tumbuhan tersebut sebaiknya di sekitar pekarangan dekat rumah kita ataupun di dalam pot yang pada umumnya sebagai tanaman hias di rumah.

Cara Menanam Lidah Buaya di Pot

10+Cara Menanam Lidah Buaya Dengan Benar

Cara menanam lidah buaya menggunakan daun tentunya anda harus memilik bibit yang berkualitas agar dapat menumbuhkan tanaman lidah buaya yang baik pula. Berikut tahapan menanam lidah buaya dengan menggunkan daun. Tumbuhan lidah buaya sangat cocok di budidayakan di dalam pot karena tanaman lidah buaya adalah salah satu tanaman yang tidak membutuhkan banyak air. Tetapi harus menggunakan tanah yang berpori dan pasir. Selain bisa untuk dijadikan hiasan rumah anda. Jenis tumbuhan ini harus terkena sinar matahari agar lidah buaya bisa tumbuh dengan baik .

1. Pemilihan serta Penanaman Bibit Tanaman Lidah Buaya

simak ulasan dibawah ini dengan seksama bagaimana cara menanam lidah buaya yang baik dan benar :

  • Anda tentunya harus memilih bibit tanaman dengan kualitas unggul yang sudah siap untuk di tanam. Yaitu tumbuhan lidah buaya yang sudah tua atau dewasa. Biasanya memiliki anakan di sekitarnya atau tumbuhan lidah buaya yang masih muda, dan tidak memiliki bintik bintik hitam. Pada daun lidah buaya nah tumbuhan muda itulah yang bagus untuk di budidayakan .
  • Potong daun lidah buaya menggunakan pisau jika akan menanam menggunakan bibit dari daun. Jika anda ingin menggunakan akarnya anda bisa mencabutnya dengan perlahan supaya akar tidak terputus dan rusak.
  • Siram dengan sedikit air setiap harinya jika anda menanam menggunakan daun sebagai bibit. Sedangkan menanam menggunakan akarnya anda tidak perlu repot repot untuk menyiraminya. Tunggu hingga beberapa hari saja dengan takaran air yang secukupnya. Karena lidah buaya jika kelebihan air dapat menyebabkan pembusukan pada akar lidah buaya. Pada daun lidah buaya memiliki tekstur seperti daging yang berfungsi untuk menyimpan air.
  • Pada umumnya tumbuhan lidah buaya memiliki daun yang berat serta pada tumbuhan yang masih muda meliliki akar yang pendek. Sehingga anda harus memindahnya ke tempat yang lebih luas atau bisa pot yang lebih besar.
  • Usahakan tempat yang di gunakan adalah temat yang jauh dari kelembaban. Pastikan bagian bawah pot memiliki banyak lubang drainase yang baik ,yang digunakan untuk membuang sisa sisa kelebihan air yang anda siramkan.

Perawatan Lidah Buaya yang Baik dan Benar

  • jika anda ingin memberinya nutrisi untuk tumbuhan lidah buaya anda bisa cukup dengan menggunakan pupuk organik dengan memberinya 2 gram setiap 2 minggu sekali. Sama seperti halnya anda menaman tumbuhan lainya. Tentunya anda juga harus rajin membersihkan tanaman dari rumput liar di sekitar lidah buaya hal itu akan menghampat proses pertumbuhan tanaman lidah buaya.
  • Apabila tanaman lidah buaya terlihat tampak kusut tidak subur itu bisa di akibatkan pada tanah yang terlalu kering. Anda hanya cukup menyiramnya agar daun tidak mudah rontok.
  • Anda harus memperhatikn betul serta pastikan tumbuhan lidah buaya yang anda budidayakan jika menggunakan bibit dari daun, pastikan terkena sinar matahari secara langsung. Namung jangan terlalu siring karena bisa menyebabkan rusaknya pada daun lidah buaya seperti munculnya bintik coklat dan lama kelamaan akan berwarna orange.
  • Masa panen tanaman lidah buaya  pada umumnya berusia kurang lebih 8-10 bulanan dengan berat 300 gram – 600 gram. Serta ketebalan daun kira kira 40 cm – 50 cm. Akan tetapi jika tumbukan di tanam di dalam pot berat daun kurang lebih 1 ons – 2 ons perbatang saja. Tergantung pada kesuburan tumbuhan dan media penanamannya. Memanen tanaman lidah buaya dapat dilakukan secara berkala yaitu 1-2 minggu sekali. Cara memanennya anda bisa dengan menggunakan pisau atau cutter untuk memotong daun yang paling luar atau yang sudah tua.

Cara Menanam Lidah Buaya di Polybag

10+Cara Menanam Lidah Buaya Dengan Benar

Setelah anda mengetahu bagai mana cara menanam lidah buaya di pot agar bisa tumbuh, selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara menanam lidah buaya menggunakan polybag.

Baca juga :

 

Simak dengan seksama penjelasan dibawah ini :

1. Persiapan Polybag

Semua jenis tanaman pasti membutuhkan media tanam, kali ini media tanam untuk lidah buaya yaitu dengan menggunakan polybag. Anda bisa menggunakan ukuran mana saja untuk media tanam, asalkan tidak terlalu besar serta tidak terlalu kecil. Apabila anda menanam dengan media polybag yang terlalu besar maka akan memakan banyak tempat oleh karena itu saya sarankan polybag dengan diameter 20 cm.

2. Persiapan Media Tanam

Tidak seperti tanaman pada umumnya yang menggunakan media tanah gembur serta basah, tanaman lidah buaya sebaiknya menggunakan tanah kering sebagai media tanam. Campurkan tanah kering tersebut dengan menggunakan pupuk kandang serta pasir. Setelah tercampur dengan merata, bisa anda masukan ke polybag sebagai media tanaman utama lidah buaya. jika anda ingin memepercantik tampilan untuk hiasan rumah anda bisa menggunakan campuran batu apung, pasir serta perlit.

3. Cara Menanam Tanaman Lidah Buaya di Polybag

Sama seperti penjelasan di atas, pilihlah bibit yang berkualitas dari induk tanaman lidah buaya yang tidak memiliki bintik penyakit. anda juga bisa memilih anakan lidah buaya yang kecil. Setelah mendapatkan bibit yang bagus, tanam bibit lidah buaya pada media tanam yang sudah anda siapkan. Sebagai catatan dalam menanam lidah buaya tidak terlalu dalam serta dangkal. Hal itu bertujuan untuk menghindari pembusukan pada bibit serta bibit mudah roboh apabila telalu dangkal anda menanam.

Baca juga :

4. Teknik Perawatan Tanaman Lidah Buaya

Cara menanam lidah buaya selanjutnya yaitu bagaimana melakukan teknik perawatan yang baik supaya tumbuh dengan subur. Anda bisa memberikan pupuk organik biasa secukupnya atau dengan menggunakan pupuk NPK 2 gram / polybag. Penempatan tanaman lidah buaya yang baik yaitu tempat yang teduh tetapi terkena matahari tidak terlalu intens. Karena apabila terkena sinar matahari yang berlebih dapat menyebabkan daun lidah buaya memiliki bintik-bintik serta kerak daun.Selain itu dapat menyebabkan daun lidah buaya berwarna kuning. Untuk penyirman dilakukan setiap seminggu sekali karena tanaman lidah buaya tidak terlalu membutuhkan air. atau siram apabila media tanam terlalu kering.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam lidah buaya yang baik dan benar. Semoga bermanfaat serta menambah informasi untuk anda.

Salam hangat buat anda dan keluarga anda.

 

 

 

 

 

Leave a Comment