5 Cara Menanam Merica supaya Panen Berlimpah

Menanam merica. Pada pertemuan kali ini ilmu tanah akan mengulas bagaimana cara menanam merica dengan baik supaya medapatkan hasil yang melimpah. Merica adalah salah satu bumbu masakan yang penting disetiap makanan.

Selain sebagai bumbu masak merica juga salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai penghangat tubuh alami dan banyak digunakan di berbagai negara sejak dulu.

Menanam merica sendiri tidaklah sulit asalkan dengan melewati tahapan tapan dengan benar serta tepat. Di Indonesia sendiri menanam merica sangat cocok dimanapun anda berada karena menanam lada sangat cocok bagi negara tropis seperti negara kita. Tak heran jika Indonesia termasuk salah satu pengekspor merica ke berbagai negara di dunia.

Syarat tumbuh menanam merica

Sebelum kita memasuki inti pembahasan bagaimana cara menanam merica alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu syarat tumbuh menanam merica.

  • Daerah terbaik untuk menanam merica yaitu dengan curah hujan 1300-2500 mm/th.
  • Tempat dengan cahaya matahari cukup, kurang lebih 10 jam/hari.
  • Keasaman tanah kurang lebih 5-7 dengan ketinggian 300-1500 MDPL.

Cara Menanam Merica dengan Benar

Setelah mengetahui syarat tumbuh menanam merica berikut langkah menanam merica dengan benar supaya dapat menghasilkan panen yang berlimpah.

1.Pemilihan Bibit Berkualitas

5 Cara Menanam Merica supaya Panen Berlimpah

Pemilihan bibit berkualitas tentunya bisa menunjang pertumbuhan dan pembuahan lebih baik. Untuk mengetahui bibit berkualitas berikut ciri-cirinya :

  • Bibit berasal dari induk yang berkualitas
  • Terhindar dari hama dan penyakit.
  • Daun terlihat segar dan tidak layu
  • Terjamin kemurnian bibit merica
  • Dalam satu hektar lahan biasanya membutuhkan kurang lebih 2000 bibit merica.

Sebenarnya dalam pembibitan bisa dengan cara generatif atau dengan menggunakan biji. Akan tetapi dalam menanam merica akan lebih baik dalam pertumbuhannya jika menggunakan stek batang.

2.Pengolahan Lahan untuk Menanam Lada

Sama dengan ketika anda menanam kacang tanah, langkah selanjutnya ketika membudidayakan merica yaitu dengan menggemburkan tanah. Penggemburan dilakukan menggunakan cangkul sedalam 30 cm atau bisa juga dengan dibajak.

Setelah tanah gembur apabila keasaman tanah kurang dari 5 anda bisa menambahkan domolit kurang lebih 500 kw/hektar. Setelah pengkapuran diamkan lahan selama 4 minggu.

Langkah selanjutnya yaitu dengan memberikan pupuk kandang atau pupuk kompos sebagai pupuk dasar. Diamkan selama 2 minggu setelah pemberian pupuk dasar.

Setelah proses diatas sudah anda lakukan dengan benar langkah selanjutnya yaitu dengan membuat lubang.  kedalaman lubang 50 cm denga bentuk limas ukuran bagian dalam kurang lebih 40 x 15 cm dan atas 40×30 cm. Diamkan kembali lubang yang sudah anda buat selama 2 minggu.

3.Penanaman Bibit Merica

Langkah selanjutnya setelah anda mendapatkan bibit berkualitas serta lahan tanam sudah siap yaitu proses penanaman. Letakan bibit kedalam lubang tanam, kemudian tutup kembali menggunakan tanah sambil dipadatkan sampi pangkal pohon lada.

Setelah penanaman selesai anda bisa menambahkan pupuk kandang kemudian lakukan penyiraman untuk menjaga kelemababan tanah. Waktu penanaman terbaik yaitu pada pagi dan sore hari.

4.Proses Perawatan serta Pemeliharaan

Dengan perawatan baik tentunya dapat merangsang pertumbuhan serta pembuahan lebih optimal. Berikut perawatan menanam merica dengan benar :

  • Membuat sulur

Pembuatan atap sulur bisa menggunakan bilahan bambu atau kayu, Selanjutnya ikatan tali dari atap menjulur kebawah sampi pada tanaman. Media tali tersebut sebagai tempat merambat tanaman merica.

  • Penyiangan gulma

Sama seperti cara menanam pisang, penyiangan dilakukan agar pertumbuhan tanaman merica menjadi lebih optimal. Penyiangan dilakukan setelah seminggu tanam dan dilakukan setiap dua minggu sekali atau setelah tanaman pengganggu tumbuh.

  • Pemupukan lanjutan

Ketika anda menanam cabe merah keriting tentunya anda memerlukan pemupukan susulan agar kandungan vitamin pada lahan tetap terjaga. Begitu juga saat anda menanam merica pemupukan susulan diberikan setelah usia tanam memasuki usia 6 bulan. Pemupukan dapat anda lakukan dengan mengguanakan pupuk kandang maupun pupuk kompos.

  • Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan apabila terdapat tanaman yang layu atau terserang hama dan penyakit. Pemangkasan dilakukan agar penyakit tidak menyebar ke tumbuhan lain.

  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan setiap sekali dalam sehari sama seperti anda menanam strawberry. Pada saat memasuki musim hujan pastikan pengairan berjalan dengan baik supaya tidak terjadi genangan pada tanaman.

5.Pemanenan merica

Waktu pemanenan merica lebih lama dibanding saat anda menanam timun. Merica termasuk tanaman dengan siklus hidup panjang yaitu dapat hidup 8-15 tahun.

Pemanenan dapat anda lakukan setelah usia tanam kurang lebih 6 tahun dan terdapat biji merica atau buah berubah warna agak kekunig-kuningan. Pemanenan sendiri dapat anda lakukan menggunakan tangan dengan mematahkan tangkai buah dengan hati-hati.

Manfaat Lada Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui bagaimana cara menanam merica yang baik agar mendpatkan hasil panen berkualitas, Berikut manfaat merica bagi kesehatan :

  • Meningkatkan sistem pencernaan

Dengan mengkonsumsi merica secara rutin anda akan terhindar dari permasalahn perncernaan seperti diare dan sembelit atau maslah pencernaan yang lain.

  • Menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang menjalankan diet sehat. Mengkonsumsi merica juga dapat menurunkan berat badan anda dengan sehat.

  • Mencegah ragdikal bebas

Kandungan antioksidan dalam merica dapat mencegah radikal bebas baik karena polusi udara maupun asap rokok yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Itulah beberapa manfaat merica buat kesehatan. Semoga ulasan ini memberikan manfaat serta informasi dan wawasan buat anda.

Salam sejahtera untuk anda dan keluarga anda.

 

 

Leave a Comment