8+ Cara Menanam Pepaya Agar Hasil Melimpah

8+ Cara Menanam Pepaya agar Hasil MelimpahCara menanam pepaya dengan baik dan benar agar memberikan hasil melimpah  itulah yang akan kita bahas kali ini, baik dari pemilihan bibit berkualitas, penyemaian, pemindahan bibit, perawatan hingga pemanenan. Cara menanam pepaya sendiri dapat dilakukan di pekarangan rumah ataupun di kebung serta lahan lahan yang luas.

Buah pepaya yang berasal dari amerika tengah, sekarang sangat mudah ditemukan di indonesia hal itu disebabkan tingginya peminat serta mudahnya dalam membudidaya buah pepaya. Selain memiliki rasa yang manis dan segar buah pepaya juga sangat baik buat kesehatan dengan kandungan vitamin yang terkandung didalamnya.

Di indonesa sendiri varietas pepaya bermacam-macam seperti pepaya kalifornia serta pepaya bangkok. Pepaya bangkok mungkin bisa jadi alternatif buat anda untuk menanamnya, disamping dapat berbuah tiada henti, pepaya bangkok dapat bertahan lebih lama dibandingkan pepaya yang lain. Untuk lebih jelasnya mari kita mulai pembahasna utama bagai mana cara menanam pepaya.

Tips Sebelelum Menanam Pepaya

Tanaman pepaya umumnya dapat tumbuh baik pada daerah datararan rendah, sedang maupun tinggi dengan ketinggian 700-1000 mdl. Serta curah hujan yang diperlukan tanaman pepaya yaitu sekitar 1000-2000 mm/th. Suhu udara yang cocok untuk menanam pepaya yaitu daerah dengan suhu tidak terlalu panas tidak pula terlalu dingin atau sekitar 22-26º hal itu disebabkan karena habitat asli tanaman pepaya yang berasal dari amerika tengah. Untuk kelembaban sekitar 40 % dan tiupan angin yang tidak terlalu kencang guna membantu proses penyerbukan. Seperti tanaman pada umumnya, tanaman pepaya sangat cocok pada lahan yang gembur serta subur yang banyak mengandung unsur hara. Berikut tahapan cara menanam pepaya yang baik :

Baca juga :

1. Pemilihan Bibit Semangka

cara menanam bibit semangka yang pertama yaitu dengan memilih bibit yang berkualitas agar menghasilkan tanaman yang berkualitas pula. Cara mendapatkan bibit semangka bisa anda beli di tiko pertanian atau anda bisa membuat bibit semangka sendiri. Pilih buah semangka yang sudah matang serta segar tanpa terserang penyakit. Belah pepaya yang akan dijadikan bibit kemudian pisahkan biji pepaya tersebut kemudiana cuci sampai bersih. Setelah anda mendapatkan biji dari pepaya yang berkualitas tahapan selanjutnya yaitu, dengan memasihkan bagian luar biji pepaya kemudian keringkan di tempat yang teduh.

2. Pembenihan

8+ Cara Menanam Pepaya agar Hasil Melimpah

Cara menanam pepaya kedua yaitu dengan melakukan pembenihan setelah anda mendapatkan bibit yang berkualitas. Siapkan setidaknya 60 gram biji setiap 1 hektar. Rendam bibit kurang lebih 1-2 jam dengan menggunakan campuran POC NASA 2cc /liter kemudian ditiriskan sampai kering.

Setelah ditiriskan taburi dengan natural GLIO setelah itu semaikan dengan menggunakan polybag berdiamet 20-25 cm dengan campuran tanah serta pupuk kandang. siram 2 kali sehari sampai tanaman memiliki tinggi 30 cm.

3. Pengolahan Lahan

cara menanam pepaya selanjutnya yaitu dengan menyiapkan lahan berikut cara pengolahan lahan yang baik :

  • Gemburkan tanah mengggunakan cangkul atau dengan cara dibajak, serta bersihkan tanaman gulma sampai bersih kemudian diamkan selama 1 minggu bertujuan untuk menghilangkan racun tanah.
  • Campurkan pupuk kandang setelah media tanam gembur diamkan selama 1 minggu agar kandungan unsur hara menyatu sempurna dengan tanah.
  • Apabila kandungan ph pada media tanam kurang dari 5 maka perlu pengkapuran kemudian biarkan tanah selama 2 minggu bertujuan untuk menetralkan keasaman media tanam.
  • Buat bedengan dengan tinggi 30 cm dengan lebar 250 cm serta panjang menyesuaikan lahan anda. Untuk mempermudah pengairan beri jarang 50cm antar bedengan.
  • Buat lubang dengan ukuran 50 x 50 x 50 dengan jarak tanam 2 x 3 m.

4. Penanaman Buah Pepaya

8+ Cara Menanam Pepaya agar Hasil Melimpah

Untuk waktu yang terbaik dalam proses menanam pepaya yaitu pada musim hujan hal itu bertujuan agar suplay air pada tanaman pepaya tercukupi. Masukan bibit kedalam lubang yang anda buat, tutup kembali dengan tanah sambil dipadatkan sampai pangkal pohon pepaya.

5. Pemupukan Tanaman Pepaya

Segala jenis tanaman tentunya membutuhkan nutrisi agar tanaman tumbuh dengan subur serta menghasilkan panen yang berkualitas begitupun dengan tanaman pepaya. Berikut cara pumukan tanaman pepaya yang baik dan benar :

  • Pada pemupukan awal penanaman berikan pupuk urea 25 gram, 25 gram KCL, 50 gram ZA, 50 gram TPS dicampur serta diaduk sampai merata, berikan pupuk tersebut secara melingkar dengar jarak 10cm dari tanaman pepaya.
  • Bulan kedua 35 gram pupuk urea, 45 gram KCL, 70 gram ZA, 70 gram KCL.
  • Umur 3-5 bulan berikan pupuk urea 50 gram, 75 gram KCL, 75 gram TPS serta 75 gram ZA
  • Usia 6 bulan keatas 60 gram pupuk urea, 75 gram KCL, 75 gram TPS serta 100 gram ZA.

6. Irigasi dan Penyiraman Tanaman Pepaya

Pada dasarnya tanaman pepaya memerlukan banyanak air akan tetapi tanaman pepaya tidak bisa hidup apabila tergenang air, oleh karena itu buatlah parit agar proses ini dapat dengan mudah anda kerjakan.

7. Penyulaman Tanaman Pepaya

Penyumalan dilakukan apabila terdapat tanaman pepaya yang mati hal ini bertujuan agar lahan yang sudah dibuat tidak ada yang kosng.

8. Penyiangan

Penyiangan bertujuan agar kandungan unsur hara pada tanah terserap sempurna oleh tanaman pepaya, Penyiangan dilakukan seminggu sekali mengingat tanaman hama atau gulma tumbuh dengan cepat.

9. Pemanenan

Pemanenan dilakukan setelah tanaman berusia 9-12 bulan, ciri-ciri buah yang siap panen,pada buah pepaya biasa berubahnya warna kulit pepaya menjadi kuning.

Manfaat Pepaya Buat Kesehatan

Selain mengulas cara menanam pepaya yang baik dan benar, sebagai tambahan informasi ternyata disamping rasa yang manis dan segar pepaya mengandung banyak manfaat buat kesehatan tubuh dan kulit kita berikut ulasannya :

Baca jug :

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh 

  • Menyehatkan mata, Kandungan vitamin A pada buah semangka sangat baik untuk kesehatan kornea serta dapat menjaga kelembaban pada mata agar tidak cepat kering.
  • Menyehatkan rambut serta kuku, Dengan kandungan vitamin serta mineral yang ada pada buah pepaya bermanfaat untuk menyehatkan rambut serta kuku.
  • Menyembuhkan kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari. Kandungan likopen pada buah semangka dapat memelihara kesehatan kulit yang disebabkan oleh antioksidan serta radikal bebas.
  • Memperlancar pencernaan. Kandungan enzim papain pada semangka berguna untuk mempermudah pencernaan protein.
  • Kesehatan jantung. Kandungan vitamun C dan likopen pada buah pepaya berguna untuk mencegah penyakit jantung.
  • Mengurangi kanker. Kandungan antioksidan likopen pada pepaya dapat mengurangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.
  • Anti penuaan. Begitu banyak kandungan yang terdapat pada buah pepaya seperti enzim papain yang mampu menyehatkan kulit, serta vitamin C yang dapat mengurangi kerutan serta mampu menghilangkan bintik-bintik hitam dan dapat membantu tubuh memproduksi kolagen yang berfungsi mengurangi keriput pada kulit.
  • Meningkatkan sistem imun. Kandungan vitamin A, C, dan E pada buah pepaya dapat membantu menguatkan sistem kekebalan pada tubuh kita, sehingga tubuh tidak mudah terkena infeksi serta flu dan pilek.

Itulah ulasan lengkap mengenai bagaimana cara menanam pepaya yang baik dan benar agar menghasilkan hasil panen yang berkualitas. Disamping itu pepaya memiliki banyak kandungan vitamin yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Rutinlah mengkonsumsi buah ini agar dapat menikmati manfaatnya. Semoga bermanfaat serta menambah informasi buat anda.

salam hangat buat anda dan keluarga anda.

 

 

Leave a Comment