10 Cara Menanam Pisang dengan Benar

10 Cara Menanam Pisang dengan Benar

Cara menanam pisang. Kali iniĀ ilmu tanah akan memberikan informasi bagaimana cara menanam pisang dengan tepat dan benar. Nama buah ini tentunya tidak asing di telinga kita bukan ?? Buah yang memiliki rasa manis dengan tekstur lembut. Buah pisang sangat disukai oleh masyarakat indonesia, baik dengan dimakan langsung atau dengan di godog dan di goreng dijadikan keripik.

Menanam buah pisang yang tepat dan benar tentunya melewati tahapan-tahapan yang baik pula. Hal itu bertujuan tidak lain supaya memiliki hasil buah yang berkualitas. Apabila dalam menanam buah pisang memiliki buah mempunyai kualitas tentunya meningkatkan harga pisang di pasaran juga.

Cara Menanam pisang Kepok

Jenis pisang ini lebih enak apabila setelah diolah baik dalam bentuk keripik ataupun krispi. Untuk itulah petani memanfaatkan peluang itu untuk menanam pisang kepok kemudian diolah dan menjadikan bisnis mereka.

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan tentunya harus melewati beberapa tahapan penting baik dari pemilihan bibit berkualitas, penanaman yang tepat serta perawatan yang baik.

Berikut langkah-langkah menanam pisang kepok yang baik.

Pemilihan bibit pisang kepok

Langkah awal menanam pisang kepok yaitu memilih bibit yang berkualitas, Anda bisa membelinya di pasar atau dengan mengambil anakan dari induk yang sudah anda tanam. Untuk mempermudah anda dalam memilih bibit berkualitas, berikut cir-cirinya :

  • Pilih anakan dari induk yang berkualitas dan dapat berbuah besar
  • Minimal tinggi anakan kurang lebih 1-1,5 m
  • Pilih anakan dengan pupus daun masih menggulung
  • Anakan dengan bonggol besar.

Penentuan lokasi budidaya pisang

Setiap tanaman tentunya memiliki lokasi atau habitat yang cocok untuk pertumbuhan tanaman. Berikut tempat yang cocok untuk membudidayakan pisang kepok :

  • Iklim

Pengaruh iklim pada suatu tanaman sangat berpengaruh karena iklim yang cocok akan merangsang pertumbuhan serta pembuahan. Pada dasarnya menanam pisang dapat anda lakukan di lahan yang kering ataupun basah. Hal itu di karenakan kandungan air pada pohon pisang sangatlah banyak.

Akan tetapi daerah yang kekeringannya terlalu parah akan menyebabkan buah pisang tidak optimal. Lokasi yang ideal untuk menanam pisang yaitu, daerah dengan iklim tropis dan subtropis dengan curah hujan 1520-3800 mm / thn.

Tetapi loksai atau daerah tidak terlalu tinggi curah hujannya karena hal itu dapat mengganggu proses pertumbuha tanaman pisang kepok. Jaga juga lahan anda supaya tidak terjadi genangan. Genangan pada lahan dapat menyebabkan pembusukan tanaman.

Kondisi lahan

Tanah yang baik untuk menanam pisang yaitu tanah yang gembur serta subur. Selain itu budidayan pisang sangat membutuhkan kandungan unsur hara yang tinggi.

Membudidayakan pisang juga sangat baik dengan daerah pada ketingian 1000-1200 MDPL. Pilih tanah yang tidak terkena erosi untuk mencegah terjadinya gagal panen.

Pengolahan lahan

Berbeda dengan menanam jagung yang perlu digemburkan terlebih dahulu. Berikut cara pengolahan membudidayakan pisang :

  • Buat lubang sedalam 50 cm dengan menggunakan garpu
  • Isikan pupuk kandang sebanyak 4-5 kg pada setiap lubang
  • Jarak antar lubang kurang lebih 3×3 m
  • Setelah lubang selesai anda buat, diamkan selama 1 minggu sebelum penanaman.

Penanaman bibit pisang kepok

10 Cara Menanam Pisang dengan Benar

Setelah anda mendapatkan bibit yang berkualitas serta lahan sudah siap, Langkah selanjutnya yaitu penanaman. Berikut ulasannya :

  • Sebelum ditanam pangkas daun yang sudah mekar dan sisakan pupus daun yang masih kuncup / menggulung
  • Kedua masukan bibit kedalam lubang tanam, tutup kembali dengan tanah sampai pangkal bibit sambil dipadatkan.
  • siram dengan air untuk menjaga kelembaban tanah
  • Tambahkan ajir untuk menopang bibit bila diperlukan.

Kemudian setelah bibit selsai ditanam agar dapat tumbuh dengan baik serta memiliki buah yang berkualitas tentunya membutuhkan perawatan yang baik pula. Berikut cara perawatan budidaya pisang kepok.

  • Pemupukan

Pemupukan yang baik untuk menanam pisang kepok yaitu 2 kali dalam setahun. Pohon pisang termasuk tanaman yang banyak membutuhkan kalsium. Untuk satu hektar tanaman pisang kepok paling tidak membutuhkan 207 kg pupuk urea, 138 kg pupuk fospat, 600 KCL dan 200 kapur. Pemupukan pertama dilakukan setelah 6 bulan penanaman.

  • Penjarangan Pisang Kepok

Penjarang dilakukan agar tanaman pisang kepok dapat tumbuh dengan optimal. Penjarangan dengan cara membuang anakan yang terlalu banyak, tanaman pisang akan lebih baik memiliki anakan paling tidak antara 3-4 anakan.

Pilihlah anakan yang terbaik untuk bibit selanjutnya, sedangkan sisanya bisa anda potong agar tidak mengganggu pertumbuhan induk pohon pisang.

  • Penyiangan Pisang Kepok

Sama halnya jika anda menanam bawang putih, menanam pisang kepok juga perlu penyiangan secara rutin paling tidak seminggu setelah tanam. Atau saat rumput gulma mulai tumbuh. Hal itu bertujuan agar kandungan yang terdapat pada tanah bisa terserap secara sempurna oleh tanaman utama.

  • Pembungkusan Buah

Saat pohon pisang mulai berbuah potonglah jantung setelah panjang bush kurang lebih 25 cm. Kemudian bungkus buah pisang kepok menggunakan plastik. Pembungkusan dilakukan untuk mencegah buah terserang penyakit serta hama.

Disamping itu dalam menanam pisang kepok yang dibungkus akan memiliki kualitas lebih baik dibandung dengan pisang kepok tanpa pembungkusan. Serta pisang kepok yang dibungkus akan lebih mahal harganya dibanding pisang kepok yang dibiarkan begitu saja.

  • Pemasangan tiang penyangga

Pemasangkan dalam menanam pisang ini bertujuan agar pohon tidak roboh baik karena buah yang terlalu besar atau karena tertiup angin. Pemasangan tiang penyangga bisa anda lakukan menggunakan bambu utuh atau menggunakan kayu yang kuat untuk menyangga pohon pisang kepok.

  • Pemanenan

Panen yang anda tunggu-tunggu dalam menanam pisang kepok dapat anda lakukan setelah 90-100 hari setelah penanaman pisang kepok. Panen bisa anda lakukan saat pertumbuhan buah sudah maksimal (tua). Selain itu bisa anda lihat daun pisang yang sudah mulai mengering dapat anda panen.

Manfaat Pisang Kepok untuk Kesehatan

Sebagai tambahan imformasi buat anda disamping memberikan informasi cara menanam pisang yang baik, berikut beberapa manfaat pisang kepok untuk kesehatan :

  • memberikan suntikan energi

Kandungan gula yang terdapat pada pisang dapat memberikan suntikan energi pada anda. Tak heran jika kita sering melihat atlet atau pemain sepakbola yang rutin mengkonsumsi pisang.

  • Mencegah sakit maag

kandungan antasida pada pisang dapat mencegah anda dari penyakit maag.

  • Mengeluarkan racun

kandungan pektin pada buah pisang dapat mengeluarkan racun secara alami yaitu dengan cara detoksifikasi dalam tubuh.

  • Meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Kandunga potasium dalam pisang yang dapat membantu proses produksi sel-sel darah merah, darah putih dimana sistem kekebalan tubuh bergantung dari keseimbangan darah kita baik sel darah putih dan merah.

  • Melancarkan sistem percernaan

Makanlah buah pisang untuk membantu sistem pencernaan anda supaya tidak terkena sembelit. Sebaiknya dengan memakan pisang langsung tanpa digoreng.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam pisang kepok yang baik agar mendapatkan hasil buah yang berkualitas. Semoga memberikan informasi dan wawasan buat anda.

Salam hangat daris saya untuk anda dan keluarga anda.

 

 

Tinggalkan komentar