6 Cara Menanam Rumput Jepang Supaya Tumbuh Lebat

Cara menanam rumut jepang. Kali ini ilmu tanah akan memberikan sedikit informasi mengenai bagaimana cara menanam rumput jepang dengan baik. Agar bisa tumbuh dengan lebat serta cantik tentunya membutuhkan perawatan serta penanganan dengan tepat.

Rumput jepang sering digunakan untuk mempercantik serta membuat sejuk halaman rumah atau taman. Berbeda dengan rumput liar yang dapat tumbuh meninggi, rumput jepang justru tumbuh dengan pendek  serta memiliki tekstur kasar tak seperti rumput liar.

Selain bermanfaat dapat mempercantik serta membuat sejuk halam atau taman anda, ruput jepang juga sangat baik dalam menyerap air. Rumput jepang juga banyak disebut dengan rumput jarum karena bentuknya yang meruncing.

Cara Menanam Rumput Jepang di Taman

Cara menanam rumput jepang sendiri terbilang cukup mudah dibandingkan dengan cara menanam pisang. Berikut ulasan bagaimana cara menanam rumput jepang dengan benar :

1. Pemilihan Bibit yang Berkualitas

Sama seperti menanam kunyit langkah pertama dalam menanam rumput jepang yaitu memilih bibit yang berkualitas. Bibit jepang umumnya dijual dengan satuan meter dan bongkahan, untuk menanamnya dipisah-pisang terlebih dahulu. Berikut ciri-ciri bibit rumput jepang dengan kualitas unggul :

  • Bibit berkualitas umumnya memiliki warna hijau segar
  • Tidak terserang hama dan penyakit
  • Pisah dengan ukuran kecil dengan hati-hati agar akar bibit tidak terpupus
  • Bibit dengan tekstur kaku atau tidak layu

2. Pengolahan lahan

Sama halnya dengan menanam anggur, setelah anda mengetahui bibit berkualitas langkah selanjutnya dalam menanam rumput jepang yaitu dengan pengolahan lahan yang baik. Simak ulasan dibawah ini :

  • Gemburkan media tanam menggunakan cangkul kemudian ratakan serta bersihkan dari rumput liar dan bebatuan. Anda bisa menggunakan garpu taman untuk mempermudah penggemburan setelah tanah dicangkul.
  • Berikan pupuk kandang sebanyak 2,5 kg/ meter.
  • Setelah pemberian pupuk merata siram menggunakan air agar pupuk dapat terserap dengan baik kedalam tanah
  • Setelah media tanam gembur, rata serta pemberian pupuk selesai diamkan tanah selama 1 minggu sebelum penanaman.

3. Proses Menanam Rumput Jepang

Setelah mendapatkan bibit serta pemisahan bibit anda lakukan tahap selanjutnya yaitu penanaman bibit. Buat lubang sedalam 10 cm dengan jarak tanam 10×10 cm. Masukan bibit kedalam lubang kemudian tutup kembali menggunakan tanah sambil dipadatkan sampi pangkal tanaman.

Waktu yang baik untuk menanam rumput jepang yaitu pada sore hari, Hal itu bertujuan untuk memberikan waktu pada tanaman untuk beradaptasi pada media baru.

Setelah proses penanaman selesai siram menggunakan air sampai merata untuk menjaga kelembaban tanah.

4. Perawatan serta pemeliharaan

Agar tanaman rumput jepang dapat tumbuh dengan baik tentunya membutuhkan perawatan yang intens. Berikut cara perawatan serta pemeliharaan rumput jepang dengan baik.

  • Penyiraman

Penyiraman yang rutin dua kali sehari dapat membantu pertumbuhan akar menjadi lebih baik. Penyiraman sendiri dapat anda lakukan dengan menggunakan selang atau gayung.

  • Pemupukan

samahalnya dengan menanam bayam pemupukan juga perlu anda lakukan dalam proses menanam rumput jepang. Karena pemupukan yang baik dapat merangsang pertumbuhan rumput jepang lebih sehat serta subur.

Pemupukan dilakukan setelah usia tanaman 2 minggu. Baik menggunakan pupuk kandang sebanyak 2 kg/m atau dengan menggunakan pupuk TSP dengan dosis yang sama. Pemupukan dilakukan secara rutin setiap 1,5 bualan sampai 2 bulan sekali.

  • Penyiangan

Penyiangan bertujuan supaya kandungan unsur hara atau vitamin yang terkandung di dalam tanah terserap sempurna oleh tanaman utama.

Penyiangan dilakukan sseminggu setelah tanam dan dilakukan setiap dua minggu sekali. Hal itu dikarenakan pertumbuhan tanaman gulma yang begitu cepat.

  • Pemangkasan

Pemangkasan dalam proses menanam rumput jepang dilakukan setelah usia tanaman 3 bulan. Pemangkasan sendiri bertujuan untuk menjaga kesehatan tanaman rumput jepang agar tetap hijau dan segar.

Menjaga tampilan rumput jepang

Saat memasuki usai 5 bulan rumput jepang tentu sudah tumbuh dengan subur serta lebat. Dengan pertumbuhan yang baik itu tentunya taman atau halaman rumah yang anda tanami akan semakin terlihat sejuk nan indah. Untuk tetap menjaga kesuburan serta kesehatan tanaman tentunya perawatan serta pemeliharaan terus dilakukan.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam rumput jepang dengan baik supaya dapat tumbuh dengan lebat serta sehat.

Semoga bermanfaat serta memberikan informasi serta wawasan yang positif buat anda.

Salam sejahtera buat anda dan keluarga anda.

 

 

Leave a Comment