7+Tips Lengkap Cara Menanam Seledri Dengan Hasil Melimpah

Cara menanam seledri yang baik dan benar. Pada artikel kali ini mungkin akan sesuai dengan apa yang anda cari yaitu bagaimana tips cara menanam seledri yang baik supaya menghasilkan panen berlimpah. Tanaman selederi dengan nama lain apium graveolens sering disebut juga dengan daun sop merupakam jenis sayuran daun dan juga sering digunakan seabagai obat. Seledri juga sering digunakan untuk tambahan bumbu pada makanan seperti, soto, baso serta bubur ayam. Seledri juga dapat dijadikan hiasan makanan untuk mempercantik makanan seperti pada nasi goreng ataupun mie goreng.

Pada dasarnya tanaman seledri bisa tumbuh pada dataran rendah, namun akan lebih baik tanaman seledri ditanam pada dataran tinggi yaitu sekitar 1000-1500 meter dibawah permukaan laut. Cara menanam seledri akan tumbuh dengan baik dan subur yaitu dengan tekstur tanah yang gembur serta tanah dengan kandungan ph 6-7. Apabila anda ingin menanam seledri pada skala luas atau di lahan yang luas, maka menanam seledri akan lebih baik menggunakan cara generatif (menggunakan bibit dari biji). Berikut ulasan bagaimana cara menanam seledri pada lahan yang luas.

Cara Menanam Seledri yang Baik

7+Tips Lengkap Cara Menanam Seledri Dengan Hasil Melimpah

cara menanam seledri yang pertama kita bahas yaitu dengan menggunakan lahan yang luas dengan melalui berbagai tahapan dibawah ini.

1. Persiapan lahan

Cara menanam seledri pada lahan tentunya harus diolah terlebih dahulu atau digemburkan dengan menggunakan cangkul bisa juga dengan dibajak, sebelum melakukan penanaman. Setelah proses penggemburan selesai buatlah bedengan dengan tinggi 30 cm dan lebar 80-100 cm serta jarak antar bedengan 10-20 cm. Anda bisa menaburkan dolomit jika lahan yang menjadi media tanam memiliki ph dibawah 6. Setelah itu taburkan pupuk kandang atau kompos sebanyak 10-20 ton/ha ukuran itu dapat anda sesuaikan dengan tingkat kesuburan lahan anda. Setelah ketiga langkah diatas sudah dikerjakan dengan baik, tutup bedengan dengan menggunakan mulsa plastik. buat lubang pada mulsa plastik dengan ukuran 20×20 cm.

2. Pemilihan bibit serta penyemaian benih

Langkah kedua cara menanam seledri yaitu dengan memilih bibit yang berkualitas dengan anda membelinya di toko. Karena pembudidayaan ini menggunakan skala yang besar seperti yang dijelaskan diatas sebaiknya menggunakan bibit dari biji agar lebih maksimal pertumbuhannya. Berikut langkah-langkah penyemaian bibit seledri :

  1. Buatlah bedengan untuk media semai dengan campuran pupuk kandang/kompos dengan takaran 2kg/m².
  2. Rendam bibit dengan air hangat kurang lebih 1 jam.
  3. Buat larikan untuk benih agar tidak terhimpit.
  4. Sebar bibit dengan merata akan tetapi tidak terlalu rapat.
  5. Tutup tipis dengan menggunakan tanah lembut setelah diayak.
  6. semprot dengan spray untuk menjaga kelembaban tanah.
  7. Bibit siap dipindahkan setelah usia semai 1 bulan atau bibit seledri memiliki 4 helai daun.

3. Penanaman bibit seledri

cara nenanam seledri yang baik yaitu, Sebelum anda mencabut bibit seledri siram terlebih dahulu media semai yang bertujuan supaya dalam mencabut tidak terlalu keras untuk menjaga agar akar tidak terputus atau rusak. Tanam bibit pada lubang yang sudah anda buat kemudia tutup kembali dengan tanah sambil dipadatkan sampai pangkal bibit seledri. Setelah proses penanaman seledri selesai siram tanaman seledri agar kelembaban tanah tetap terjaga. Waktu yang baik proses penanaman seledri yaitu pada sore hari.

4. Perawatan serta pemeliharaan tanaman seledri

Perawatan sangat penting dilakukan supaya bisa menghasilkan panen sesuai dengan harapan perawatan serta pemeliharaan diantaranya dengan melakukan penyulaman pada tanaman yang mati setelah usia tanam 1 minggu. Penyiangan juga tak kalah pentingnya agar tanaman seledri tumbuh dengan sempurna tanpa ada yang mengganggu seperti tanaman gulma.

Baca juga

5. Pemupukan tanaman seledri

Pemupukan pada tanaman seledri dilakukan setelah usia tanam 2 minggu dengan menggunakan larutan NPK sebanyak 2kg /200 l air, kocorkan pada pangkal tanaman seledri sebanyak 200-250 ml/tanaman. Dalam proses ini usahan tidak terkena daun seledri. Anda juga bisa menggunakan larutan ZA 1 kg/150 l air apabila daun pada tanaman seledri menguning. pemupukan sendiri dapat anda lakukan setiap seminggu sekali menggunakan pupuk kompos.

6. Pengendalian hama dan penyakit tanaman seledri

Hama yang sering menyerang tanaman seledri biasanya ulat tanah,bekicot ulat daun serta tungau, pengendalian jenis hama ini bisa dengan menyemprotkan pestisida. Sedangkan penyakit yang sering menyerang tanaman seledri yaitu bercak daun, layu bakteri, virus aster yellow serta layu fusarium cara pengendalian jenis penyakit ini yaitu dengan menggunakan bibit yang berkualitas atau dengan menyemprotkan fungisida dan bakterisida.

7. Cara panen tanaman seledri

Cara menanam seledri yang terakhir yaitu bagaimana cara memanen seledri yang benar. Pemanenan seledri dapat dilakukan setelah usia tanam 1-3 bulan tergantung dari jenis tanaman seledri yang anda tanam. Varietas seledri jenis florida bisa anda panen setelah 124 HST, 50 HST untuk varietas kinsai, dan 3 minggu HST untuk varietas tall-utah. Panen sendiri dapat dilakukan dengan cara mencabut akarnya langsung atau dengan cara memotong batang tanaman seledri yang siap panen. Panen seledri dapat anda lakukan setiap satu minggu sekali.

Itulah cara menanam seledri pada lahan yang luas. Selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara menanam seledri di pot

Cara Menanam Seledri di Pot

7+Tips Lengkap Cara Menanam Seledri Dengan Hasil Melimpah

Keterbatasan lahan tidak menjadi penghalang buat anda yang ingin menanam seledri, anda bisa memanfaatkan ruang kosong seperti halaman rumah, teras rumah untuk tempat menanam seledri dengan menggunakan media pot. Cara menanam seledri pada pot bisa menjadi alternatif bagi anda yang suka dengan tanaman. Selain bisa mempercantik ruangan atau teras rumah anda menanam seledri dengan media pot akan membuat rumah anda menjadi sejuk. berikut cara menanam seledri di pot.

1. Persiapan menanam seledri dalam pot

Persiapan menanam seledri dalam pot yang pertama ialah pot secukupnya dengan ukuran sedang, Campurkan tanah, arang sekam serta kompos dengan merata serta sama perbandingannya yaitu 1:1:1 untuk media tanam utama seledri. Setelah campuran tanah dimasukan dalam pot buatlah lubang sedalam 10 cm. Anda juga bisa mempercantik tampilan pot dengan menambahkan batu alam serta pasir diatas media tanam pot.

2. Pembibitan tanaman seledri

Untuk proses ini sebenarnya sama dengan yang diatas atau dengan cara media semai lain yaitu dengan menggunakan baki yang sudah diisi dengan campuran tanah serta kompos dengan perbandingan 2:1 kemudian taruh biji seledri yang sudah direndam selama kurang lebih 15-30 menit. Tutup kembali menggunakan tanah, siram 2 kali sehari pagi dan sore. untuk menjaga pertumbuhan bibit sebaiknya anda menutup media semai dengan plastik agar tidak terkena matahari secara langsung.

Baca juga

Setelah usia semai 20-25 hari anda bisa memberikan pupuk daun berupa NPK sebanyak 10 gram/10 liter air kemudian semprotkan pada bibit untuk mempercepat pertumbuhan bibit seledri.

3. Pemindahan tanaman seledri

Pemindahan tanaman seledri bisa anda lakukan setelah usia semai 1 bulan atau bibit telah memiliki 3-4 helai daun. Siram terlebih dahulu menggunakan air untuk mempermudah pencabutan bibit seledri agar akar tidak rusak atau terputus. Tanam bibit seledri pada lubang yang sudah anda buat pada media tanam pot. Siram dengan sedikit air setelah proses penanaman selesai anda lakukan. Anda bisa menanam 3 bibit dalam satu pot tergantung ukuran pot yang anda gunakan.

4. Perawatan tanaman seledri di pot

Perawatan tanaman seledri di pot yaitu lakukan penyiraman secara rutin dilakukan setelah usia tanam 1 minggu. Akan tetapi tetap menjaga kelembaban pada media pot. Siram 3 kali seminggu pada musim kemarau dan siram satu minggu sekali pada musim hujan.

5. Pemanenan tanaman seledri di pot

Waktu pemanenan tanaman seledri di pot apabila usia tanam sudah berusia 3 bulan, anda bisa langsug mencabut tanaman seledri yang sudah siap panen.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam seledri pada pot serta di lahan yang luas. Semoga bermanfaat serta memberikan informasi buat anda

Salam sejahtera untuk anda dan keluarga anda.

Leave a Comment