6 Cara Menanam Semangka Agar Hasil Melimpah

6 Cara menanam semangka agar hasil melimpahCara menanam semangka yang baik dan benar. Mungkin artikel selanjutnya dari saya sangat cocok buat anda yang sedang belajar atau sedang mencari informasi tentang bagaimaa cara menanam semangka dengan baik dan benar. Jenis buah ini tak asing lagi di telinga kita bukan, buah dengan ciri-ciri bulat atau lonjong yang memiliki rasa manis dan segar. Semangka yang memiliki banyak kandungan air sering kali dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menghilangka rasa dahaga. Buah ini juga sering kita temui untuk hidangan buka puasa.

Dengan melihat banyaknya peminat dan penggemar buah semangka, bagi sebagian orang yang melihat peluang tersebut memanfaatkannya untuk lahan bisnis mereka. Secara umum menanam buah semangka tidaklah sulit tinggal bagaimana anda mau belajar bagimana cara menanam semangka dengan serius.

Sebagi informasi semangka dengan nama latin citrullus lanatus tergolong tumbuhan yang merambat, semangka banyak ditemukan di daerah dengan iklim tropis dan subtropis. Berikut ulasan bagaimana cara menanam buah semangka agar menghasilkan panen yang melimpah.

Langkah-Langkah Cara Menanam Semangka

Tingginya permintaan pasar dari buah semangka membuka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari pembudidayaan tersebut. Hal itu tentunya menuntut untuk anda wajib tau bagaimana cara menanam semangka yang baik dan benar agar mendapkan hasil panen sesuai harapan simak ulasan berikut dengan seksama.

1. Pemilihan Lahan untuk Menanam Semangka

Tanaman semangka sangat cocok di lahan dengan curah hujan 40-50 mm /bulannya, serta memeiliki suhu 25 ° pada saat siang hari.  Lahan yang kering serta miskin dengan uap air akan cocok sebagai media tanam semangka. Syarat lain supaya membudidya semangka dengan baik yaitu lahan yang terbuka, hal ini bertujuan untuk memaksimalkan proses perumbuhan, karena pada saat proses pertumbuhan tanaman semangka membutuhkan cahaya sinar matahari langsung.

Baca juga : Cara lengkap menanam buah naga

Selain itu kekurangan sinar matahari dapat menghambat buah matang secara keseluruhan. yang terakhir lahan yang cocok untuk menanam semangka yaitu lahan dengan spesifikasi ph tinggi yaitu kisaran 6-6,8. Tambahkan kapur untuk menambah kandungan ph jika lahan yang anda pilih memiliki kandungan ph dibawahnya.

2. Pengolahan Lahan Tanaman.

Gemburkan lahan menggunakan cangkul bisa juga dibajak, bersihkan lahan dari tanaman gulma serta dari batu-batuan jika lahan anda mengandung banyak batu. Karena tanaman sumangka tidak suka dengan media yang basah, buatlah bedengan agar lebih mudah dalam mengontrol kelembaban tanah serta mempermudah dalam pengairan. Tanaman semangka membutuh unsur hara yang berbeda dengan tanaman lain, untuk itu anda bisa mencampurkan pupuk kandang atau pupuk organik lain untuk menambah kandungan unsur hara pada media tanam.

Setelah pengolahan lahan gembur serta kandungan unsur hara dirasa cukup sesuai anjuran diatas, langkah selanjutnya yaitu membuat lubang pada bedengan dengan ukuran 30 x 3 0 x30 cm dengan kedalaman 8-10 cm. Pembuatan lubang pada bedengan dilakukan seminggu sebelum bibit tanaman semangka ditanam. Tambahkan pupuk 4kg, pupuk DS 28 gram, ZK 20 gram, dan ZA 15 gram, supaya tanaman semangka tumbuh dengan baik.

3. Persiapan Benih Semangka

Tahapan cara menanam buah semangka yang baik dan benar yaitu dengan memilih bibit berkualitas. Untuk jenis bibit semangka yang berkualitas salah satunya bibit semangka hibrida impor. Hibrida imbor sendiri memiliki dua jenis bibit yaitu :

  • Bibit semangka tripoid

Bibit semangka dengan ciri-ciri cangkang yang keras.

  • Bibit semangka haploid

Bibit semangka jenis ini lebih mudah untuk di budidaya karena memiliki cangkang biji yang tidak terlalu keras semperti bibit semangka jenis tripoid.

Baca juga : Cara menanam cabe merah keriting dengan mudah

Setelah anda memilih bibit jenis bibit semangka yang akan anda tanam, selanjutnya renggangkan bibit semangka kemudian rendam dengan air hangat dengan campuran hormon tumbuh, bakterisida dan fungisida selama 30 menit tiriskan sampai kering. Bibit yang sudah direndam serta kering sudah siap untuk di semaikan dan ditanam.

4. Cara Menanam Semangka

Tahapan cara menanam semangka selanjutnya yaitu memindahkan bibit yang sudah di semai ke media tanam. Pemindahan bibit semangka dilakukan seteleah umur semai kurang lebih 4 minggu. Siram media tanam hingga meresap, kemudian tanam bibit semangka pada lubuang yang sudah anda buat. Tutup kembali dengan tanah sampai pangkal bibit. Apa bila anda menggunakan media semai polybag jangan lupa untuk membuang plastik dengan hati-hati agar akar tanaman tidak rusak atau terputus.

5. Pemeliharaan Tanaman Semangka

6 Cara menanam semangka agar hasil melimpah

Cara menanam semangka selanjutnya adalah pemeliharaan. Panen yang baik tentu dihasilkan dari perwatan yang baik pula. Siram tanaman pada waktu pagi dan sore. Tambahkan pupuk dengan jarak 10 cm dari lubang untuk menjaga kandungan unsur hara pada tanah.

Anda juga harus melakukan penyiangan secara rutin bertujuan supaya gulma tidak mengganggu tanaman semangka. Dalam hal ini sebaiknya anda menggunakan mulsa plastik untuk menutup bedengan agar menghambat pertumbuhan gulma yang begitu cepat.

6. Pengendalian Hama

Meskipun pembudidayaan semangka tergolong mudah permasalah hama pada tanaman semangka juga perlu diperhatikan agar mendapat hasil panen yang berlimpah sesuai harapan. berikut jenis hama yang biasanya terdapat pada tenaman semangka.

  1. thrips, Jenis hama ini menyerang bagian daun, bunga serta buah tanaman semangka. Jenis hama ini jga dapat mengakibatkan matinya bunga serta layunya daun. Pengendalian hama thrips dengan cara melakukan sanitasi pada lahan serta melakukan peyemprotan insektisida.
  2. Ulat tanah, jenis ulat ini biasanya menyerang bagian akar serta tunas baru pada tanaman semangka, mengakibatkan layu dan matinya tanaman semangka. Cara pengendalian jenis hama ini bisa dengan penyemprotan pestisida sesuai dosis.
  3. Busuk semai dengan ciri-ciri batang berubah warna menjadi kecoklatan, pengendalian penyakit ini bisa anda lakukan saat perendaman bibit dengan mencampurkan larutan bentale dan difolatan.
  4. layu fusarium, Jenis penyakit ini biasanya mengakibatkan layunya daun pada tanaman buah semangka, cara pengendalian jenis penyakit ini yaitu dengan mencampurkan larutan fungisida saat perendaman serta penyemprotan fungisida secara teratur pada tanaman semangka.

7. Pemanenan Buah Semangka

Pemanenan buah semangka berbeda-beda hal itu tergantung dari cuaca daerah tersebut. ciri-ciri semangka siap panen yaitu :

  • Perubahan warna pada buah semangka
  • Bunyi padat saat ditepuk
  • Keringnya tangkai buah serta layunya daun semangka
  • Pemotongan dilakukan menggunakan gunting dengan jarak 3-5 cm dari pangkal batang buah.

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Setelah menjelaskan secara rinci mengenai bagaimana cara menanam buah semangka yang baik dan benar agar menghasilkan panen yang berlimpah mbah tani akan memberikan sedikit informasi tentang manfaat buah semangka bagi kesehatan. Ternya selain memiliki rasa manis dan segar serta dapat menghilangkan rasa dahaga buah semangka memiliki banyak manfaat buat kesehatan diantaranya :

  • Mencegah asma
  • menurunkan tekanan darah
  • Mencegah kanker
  • Mengatasi sembelit
  • Mencegah dehidrasi
  • Mencegah peradangan
  • Membuat kulit halus dan lembut
  • menghilangkan nyeri pada otot
  • Sumber kolagen alami
  • Memelihara kesehatan jantung serta tulang
  • Memelihara keskehatan mata

Itulah beberapa manfaat dari buah semangka buat kesehatan tubuh kita.

Sekian ulasan dari saya semoga bermanfaat dan menambah wawasan buat anda tentang cara menanam buah semangka dengan baik dan benar agar mendapat hasil panen yang berlimpah, serta manfaat buat kesehatan tubuh.

Salam sejahtera untuk anda dan keluarga.

 

 

 

Leave a Comment