Inilah 6 Cara Menanam Singkong Agar Hasil Melimpah

Menanam singkong. Kembali lagi dengan ilmu tanah, kali ini kita akan mengulas bagaimana cara menanam singkong. Singkong atau dengan nama yang sering kita dengar sebagai ketela pohon ini merupakan salah satu umbi dengan kandungan karbohidrat tinggi.

Singkong dengan nama latin manihot utilissima adalah salah satu jenis umbi yang dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 2 meter. Umbi pohon jenis ini juga termasuk besar karena bisa mencapai panjang 50-80 cm.

Syarat Tumbuh Tanaman Singkong

Sebelum kita lanjut ke pokok pembahasan utama cara menanam singkong, alangkah baiknya anda mengetahui syarat tumbuh menanam singkong di bawah ini.

  • Curah hujan terbaik untuk membudidayakan singkong yaitu 1500-2500 mm /th.
  • Daerah dengan suhu diatas 10 º C
  • Keasaman atau ph tanah kurang lebih 6,5-7,5
  • Daerah dengan kelembaban udara 60-65 %.
  • Lahan tebuka dengan paparan sinar matahari langsung
  • Tanah dengan tekstur gembur serta subur.

Itulah beberapa syarat tumbuh untuk menanam singkong supaya tanaman dapat tumbuh dengan maksimal.

Cara Menanam Singkong di Lahan

Inilah 6 Cara Menanam singkong Agar Hasil Melimpah

Menanam singkong di lahan luas tentunya sangat cocok bagi anda dengan tujuan menjadikan bisnis utama anda. Singkong sendiri dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai makanan pokok dan ringan. Berikut langkah-langkah menanam singkong dengan tepat.

1. Pengolahan lahan

Sama saat anda menanam merica, Mengolah lahan tentunya sangat penting dalam menanam singkong. Karena singkong dapat tumbuh optimal pada lahan dengan tekstur gembur serta subur.

Pengolahan lahan bisa anda lakukan dengan mencangkul atau dengan dibajak. Dalam penggemburan untuk mempersingkat waktu anda sebaiknya bersihkan juga lahan dari tanaman gulma.

Buatlah bedengan dengan tinggi kurang lebih 30-50 cm, dan tambahkan domolit apabila keasaman lahan anda dibawah 6. Langkah selanjutnya yaitu penaburan pupuk kandang agar tanah semakin subur. Setelah pengolahan lahan selesai anda lakukan, diamkan lahan selama 10 hari sebelum media tanam digunakan.

2. Pemilihan Bibit Unggul

Pada umumnya bibit umbi batang jenis ini menggunakan sistem stek batang. Berikut tahapan membuat bibit dengan metode stek batang.

  • Pilihlah bibit yang sudah benar-benar tua dengan usia kurang lebih 10-12 bulan.
  • Bibit utama tidak terserang penyakit, serta memiliki batang yang besar
  • Batang terbaik untuk dijadikan bibit yaitu pada bagia tengah, kira-kira 30 cm dari bawah dan 30cm dari pangkal daun paling bawah.
  • Potong batang secara miring dengan panjang kurang lebih 20 cm.

3. Proses Penanaman Singkong

Setelah anda memiliki bibit berkualitas serta lahan siap untuk ditanam langkah selanjutnya yaitu menanam singkong. Buatlah lubang sedalam 5-10 cm, masukan batang bibit kedalam lubang kurang lebih 1/3 dari batang. Pastikan dalam proses penanaman mata tunas menghadap keatas (tidak terbalik).

Tutup kembali dengan menggunakan tanah bercampur pupuk setelah batang singkong di tanam. Setelah selesai proses menanam singkong siram dengan menggunakan air guna menjaga kelembaban tanah.

4. Perawatan Tanaman Singkong

Guna menunjang hasil panen berlimpah dan perkualitas tentunya tak lepas dari perawatan yang tepat sama saat anda menanam tomat. Berikut cara perawatan dengan tepat :

  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan dua kali sehari pada waktu awal menanam sampai dengan usia 5 bulan. Penyiraman tersebut untuk merangsang pertumbuhan tanaman singkong menjadi lebih baik.

  • Penyulaman

Penyulaman dilakukan apabila terdapat bibit singkong yang mati atau gagal tumbuh. Penyulaman bisa anda lakukan setelah usia tanam memasuki 1 minggu.

  • Penyiangan gulma

Seperti saat anda menanam jagung hibrida, penyulaman juga perlu anda lakukan saat menanam singkong. Penyulaman bermanfaat untuk membantu pertumbuhan menjadi lebih optimal. Manfaat lain dari penyulaman yaitu agar kandungan vitamin pada tanah dapat terserap sempurna oleh tanaman utama.

Penyiangan pertama anda lakukan saat usia tanam berumur 1 minggu dan dilakukan setiap 2 minggu sekali. Atau saat anda meilihat tanaman gulma mulai tumbuh. Mengingat tanaman gulma termasuk rumput pengganggu dengan siklus tumbuh cepat.

  • Pembubunan

Pembubunan atau penggemburan kembali disekitar tanaman bermanfaat agar umbi yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas.

  • Penyetekan

Penempelan tunas dapat anda lakukan ketika mata tunas memiliki panjang kurang lebih 30 cm. Yaitu dengan cara menempelkan antara tanaman singkong dengan mata tunas.

5. Cara Pemupukan singkong

Pempukan singkong dilakukan saat usia tanam memasuki 2 bulan. Pemupukan bisa dengan menggunakan pupuk organik dengan jarak 10 cm dari batang pohon.

6. Pemanenan Singkong

Waktu terbaik untuk pemanenan singkong yaitu pada saat usia tanam kurang lebih 6-12 bulan. Ciri fisik tanaman singkong yang siap panen yaitu banyak daun bagian bawah menguning serta rontok.

Cara pemanenannya sendiri yaitu dengan mencabut langsung pohon sampai umbinya, apabila terdapat umbi yang tertinggal bisa diambil menggunakan garpu maupun cangkul.

Kumpulkan umbi yang sudah dipanen di tempat rata, kemudian sortir singkong menurut ukuran serta kualitas.

Manfaat Singkong Bagi kesehatan

Setelah kita mengetahui tips menanam singkong dengan benar. Sebagai tambahan informasi berikut manfaat singkong bagi kesehatan tubuh kita. Akar singkong pada sebagian orang dapat dijadikan obat alami. Akan tetapi manfaat singkong buat kesehatan masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Namun singkong selama ini dipercaya dapat mengatasi dehidrasi diare, menginduksi persalinan dan sepsis. Manfaat lain dari singkong diantaranya, dapat menjaga sistem kekebalan tubuh berkat adanya vitamin C di dalamnya. Kandungan beta-karoten pada singkong juga bermanfaat untuk antioksidan yang dapat mencegah beberapa jenis kanker serta, terbakar akibat sinar matahari.

Itulah ulasan dari saya mengenai cara menanam singkong serta manfaat singkong buat kesehatan tubuh. Semoga memberikan informasi serta wawasan buat anda.

Salam hangat buat anda dan keluarga anda.

 

 

 

 

Leave a Comment