2 Cara Menanam Tomat Dengan Singkat dan Jelas

Salam hangat buat pembaca yang budiman. kali ini mbah tani akan membahas bagaimana cara menanam tomat baik dengan cara hidroponik maupun menanannya di rumah. Tomat dengan nama lain solanum lycopersicum, tanaman ini dapat tumbuh dimana saja baik di dataran rendah, sedang maupun tinggi. Cara menanam tomat dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu bisa dengan metode hidroponik, di lahan luas, halam rumah atau dengan pot.

Tomat merupakan tanaman dengan waktu tumbuh tergolong singkat yaitu sekitar 4 bulan. Selain di gunakan segai lalaban atau campuran sambal tomat, juga sering dimasukan dalam sup dan lainya. Dengan kandungan vitamin yang begitu banyak tomat juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi sebelum membahas manfaat tomat bagi kesehatan mari kita bahas bagaimana cara menanam tomat.

Cara Menanam Tomat Dengan Hidroponik

2 Cara Menanam Tomat Dengan Singkat dan Jelas 2 Cara Menanam Tomat Dengan Singkat dan Jelas

Berikut tahapan cara menanam tomat dengan hidroponik sistem wick.

1. Persiapan Alat dan Bahan

siapkan alat seperti, tanadom, nutrisi, pot, solusi serta media tanam. Untuk nutrisi yang digunakan yaitu ABmix khusus tomat ataupun untuk buah pada umumnya. Untuk tandon menggunakan ember dengan ukuran 5 L. Netpot bisa menggunakan gelas plastik ( gelas yang biasa digunakan untuk jus dan cendol). Media tanam bisa dengan arang sekam dan sumbu menggunakan kain flanel yang memiliki daya serap yang tinggi.

2. Persiapan Benih Tomat

Untuk biji anda bisa membelinya di toko pertanian, apabila anda ingin membuat bibit tomat sendiri anda bisa menggunakan tomat yang sudah tua kemudian ambil biji. Jemur biji tersebut kemudian di semai, bisa juga langsung di semai.

3. Penyemaian Bibit Tomat

Setelah anda mendapatkan bibit yang berkualitas, semai bibit tomat bisa menggunakan polybag dengan media semai arang sekam. Setelah berumur 20-25 hari bibit bisa dipindahkan ke media tanam.

4. Menanam bibit tomat

Langkah keempat yaitu memindahkan bibit ke media tanam, buang polybag bibit dengan hati-hati agar arang sekam tidak rusak. Setelah itu pindahkan bibit ke dalam tandon yang sudah berisi nutrisi.

5. Dosis Nutrisi untuk Tanaman Tomat

untuk dosis nutrisi cara menanam tomat hidroponik berbeda-beda disesuaikan dengan umur tanaman. Berikut ulasan lengkap dosis nutrisi tanaman tomat menggunakan ABmix.

  • Pada usia 0-7 hari, dosis nutrisi 500 ppm (2,5 ml nutrisi A dan 2,5 ml nutrisi b)
  • Usia 8-14 hari setelah tanam 600 ppm ( 3 ml A dan 3 ml B )
  • 15-21 hari 800 ppm ( 4 ml A dan 4 ml B )
  • Umur 22-28 hari 1000 ppm ( 5 ml A dan 5 ml B )
  • Umur 29-35 hari setelah tanam dinaikan menjadi 1200 ppm
  • Umur 36-42 hari setelah tanaman di naikan lagi menjadi 1500 ppm
  • Usia 43-48 tambah lagi dengan 1750 ppm
  • 49-57 hari setelah tanam membutuhkan nutrisi 2000 ppm.
  • 58-64 hari setelah tanam nutrisi hidroponik tanaman tomat membutuhkan  2800 ppm

6. Cara Pemeliharaan Tanaman Tomat

Berikut hal penting dalam perawatan tanaman tomat hidroponik

  • Cek secara rutin ph air nutrisi pada tandon, normalnya ukuran berada di kisaran 5,5-6,5 Ph
  • Tambahkan nutrisi yang ada pada tandon apabila berkurang dari ukuran. Apalagi saat tumbuhan mulai tumbuh dewasa karena semakin besar tanaman semakin banyak menyerap nutrisi.
  •  Menggunakan pupuk mikro setiap 7-10 hari sekali
  • Tandon yang berisi nutrisi diusahakan tidak terkena sinar matahari langsung demi menjaga kestabilan suhu.
  • Semprotkan insektisida sesuai dengan kadar, hal ini bertujuan untuk mencegah hama.

Itulah cara menanam tomat hidroponik.

apabila cara diatas menyulitkan anda baik dari bahan ataupun nutrisi yang susah untuk dicari, anda tetap bisa menanam tomat di rumah anda. simak ulasan berikut.

Cara Menanam Tomat di Rumah

2 Cara Menanam Tomat Dengan Singkat dan Jelas

Cara ini sangat cocok bagi anda yang suka tanaman hias depan rumah. Disamping bermanfaat untuk membuat rumah anda sejuk tanaman tomat juga bisa dimanfaatkan buahnya untuk tambahan menu dapur.

Baca juga :

Berikut cara menanam tomat dirumah :

1. Persiapan Benih yang Berkualitas

Berikut ciri-ciri tomat yang bagus untuk dijadikan benih jika anda tidak mau membeli di toko pertanian.

  • Tomat sudah benar-benar matang dengan ciri berwarna merah serta berkulit tipis
  • Tidak ada bekas serangan hama atau tidak terdapat ulat
  • Jika di belah tomat yang bagus untuk pembibitan memiliki biji yang padat
  • Memiliki ukuran yang lebih besar dibanding tomat lain
  • Setelah mendapatkan biji rendam biji satu malam dan buang biji yang terapung.

2. Penyemaian Biji Tomat

2 Cara Menanam Tomat Dengan Singkat dan Jelas

  • Rendam biji dengan air dengan campuran fungisida bertujuan untuk membunuh kandungan  hama yang terdapat pada biji tomat
  • Setelah direndam masukan biji ke dalam media penyemaian berupa campuran tanah kompos dan pupuk dengan rasio perbandingan 1:1. Media semai bisa berupa pot, polybag dan baki. Buat lubang menggunakan jari telunjuk pada media semai sedalam 5-10 cm. Masukan biji kedalam lubang yang sudah di buat kemudian tutup dengan tanah dengan campuran media semai. Letakan media semai ditempat yang teduh cukup sekali pagi hari saja untuk terkena sinar matahari.
  • Lakukan penyiraman setiap hari pagi dan sore, biji tomat akan tumbuh kecambah saat usia 7-10 hari, dan pidahkan bibit dari penyemaian ke media tanam setelah 15-20 hari

3. Persiapan pot sebagai media tanam

Langkah selanjutnya cara menanam tomat di rumah yaitu menyiapkan pot atau bisa juga dengan baarng bekas lainya seperti kaleng kue, polybag serta media lain. jika anda memilih media pot alangkah baiknya pot yang terbuat dari bahan tanah supaya mempermudah sirkulasi air dan udara.

Campurkan tanah lempung, pasir dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1. pupuk kompos sebelum dicampur saring terlebih dahulu agar pupuk yang dicampur adalah pupuk halus. Setelah proses pencampuran tanah masukan kedalam pot kemudian siram dengan air untuk menjaga kelembaban tanah. Pastikan juga bagian bawah pot memiliki lubang agar saat penyiramaan air tidak tergenang di dalam pot yang mengakibatkan pembusukan.

4. Pemindahan Bibit Tomat

Setelah bibit berusia 20 hari setelah penyemaian, pindahkan bibit ke media tanam. Buatlah lubang dengan kedalaman kurang lebih 10 cm. Cabut dengan hati-hati dan pastikan akar tanaman tidak ada yang rusak ataupun patah.

5. Perawatan Tanaman Tomat

Tahapan ini memiliki peranan penting untuk menjaga pertumbuhan serta kesuburan tanaman tomat yang anda buat. Pastikan tanaman terkena sinar matahari saat waktu pagi hari saja. atau anda bisa menutup tempat dengan tutup yang transparan hal ini bertujuan agar tanaman terkena sinar matahari pada pagi hari tetapi tidak terkena air hujan langsung. Anda bisa menambah tiang penyangga ke media tanam untuk memperkuat tanaman tomat saat tumbuh dewasa dan berbuah lebat. Pemberian pupuk kandang dilakukan sekali dalam sebulan

Baca juga :

Untuk mengantisipasi adanya hama atau ulat yang menyerang tanaman tomat, anda bisa menyemprot dengan insektisida asalkan sesuai dengan ukuran. Lakukan penyiangan terhadap daun tomat yang telah menguning atau terkena ulat agar tidak menyerang daun lain.

Pemanenan tanaman tomat biasanya saat usia tanaman 60-90 hari setelah pemindahan bibit ke media tanam. Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam tomat hidroponik dan dirumah. Karena buah tomat matang dengan cara tidak serentak pilihlah buah tomat yang sudah benar-benar matang dengan ciri-ciri warna merah mengkilat.

Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan

Disamping kita belajar bagaimana cara menanam tomat tidak salahnya kita mempelajari manfaat tomat bagi kesehatan tubuh kita. Dimana kita tahu kesehatan adalah hal yang paling berharga di dunia ini. Berikut manfaat tomat bagi kesehatn tubuh.

  1. Cocok untuk diet pada penderita diabetes
  2. Menurunkan kolesterol
  3. Meminimalisir terkena kanker prostat
  4. Menurunkan tekanan darah
  5. Menurunkan resiko terkena setrok
  6. Sangat baik untuk kesehatan kulit

Itulah beberapa manfaat buah tomat bagi kesehatan. Disamping mudah murah meriah kita bisa mendapatkan segudang manfaat untuk kesehatan kita.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam tomat hidroponik dan dirumah.Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa untuk mengikuti situs ini supaya bisa selalu update informasi tentang pembudidayaan,pertanian serta peternakan lainya.

Salam hangat dari mbah tani untuk anda dan keluarga anda.

 

 

 

 

Leave a Comment