7 Trik jitu Membuat Toge agar Hasil Berlimpah

Membuat toge. Pada kesempatan kali ini ilmutanah.com akan mengulas tentang bagaimana cara membuat toge dengan hasil berlimpah. Tentunya sayuran yang berasal dari biji-bijian ini tidak asing lagi di telinga kita. Sayuran toge sering kita temui dalam hidangan baso dan ketoprak atau sayur lainnya.

Disamping itu toge juga sangat bermanfaat bagi kesehatan, Hal itu pula yang membuat toge sangat populer di masyarakat. Proses membuat toge juga terbilang mudah anda hanya perlu melakukan beberapa tahap dan tentunya tidak membutuhkan lahan yang luas jika anda hanya ingin membuat toge hanya untuk konsumtif saja.

Cara Membuat Toge Gemuk

Cara membuat toge yang baik bukanlah dengan cara perandaman sampai toge berkecambah. Langkah itu tentunya kesalahan yang sering terjadi bagi pembudidaya toge pemula. Untuk itulah kami akan menjelaskan secara rinci tentang cara membuat toge gemuk yang benar, berikut ulasannya :

1. Persiapan Alat dan Bahan

Cara pertama membudidayakan toge yaitu dengan mempersiapkan alat dan bahan. Berikut hal-hal yang wajib anda sipakan sebelum melakukan proses penyemaian.

  • Kacang Hijau
  • Wadah plastik
  • Air dingin
  • Plastik warna hitam
  • Ember
  • Kain Lap

2. Proses Pembuatan toge

Setelah alat dan bahan pokok telah selesai anda siapkan langkah selanjutnya yaitu proses penyemaian. Berikut ulasannya :

  • Pertama masukan biji kacang hijau kedalam ember yang sudah di isi dengan air, rendam  kacang hijau selama 12 jam.
  • Buatlah media semai dengan menggunakan ember di isi air, letakan kawat sebagi tempat kecambah supaya tidak menyentuh air agar tidak terjadi pembusukan.
  • Tambahkan alas di atas kawat kemudian tutup kembali dengan kain strimin, anda juga bisa menggunakan kain saringa sebagai penutup.
  • Taburkan kacang hijau yang sudah anda rendam selama 12 jam, tutup kembali dengan kain saringan. Tahap ini bisa anda mengulang sebanyak 4-7 lapis, tentunya tergantung pada banyak tidaknya bibit yang anda siapkan.
  • Pada lapisan paling atas anda bisa menutupnya dengan menggunakan kain selanjutnya tutup dengan plastik hitam.

Simpan penyemain di tempat yang lembab, serta kontrol biji secara berkala untuk memastikan kesehatannya, anda bisa memercikan air pada proses penyemaian apabila anda mendapati tanaman kurang subur. Setelah pada hari 4-7 proses perkecambahan tanaman toge siap dipanen, cuci terlebih dahulu sebelum anda mengkonsumsi atau menjualnya.

Manfaat Toge Bagi Kesehatan

7 Trik jitu Membuat Toge agar Hasil Berlimpah

Setelah kita mengetahi cara membuat toge dengan mudah dan simpel. Dengan banyaknya peminat sayuran toge tentunya ada alasan tersendiri, salah satunya yaitu karena khasiat toge yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat toge bagi kesehatan :

  • Dapat membantu melancarkan sistem pencernaan

Kandungan enzim yang tinggi dapat membantu meningkatkan berbagai metabolisme dalam tubuh terutama pada sistem pencernaan.

  • Dapat Meningkatkan Sirkulasi Darah

Anemia adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat besi,  kemudian di ikuti dengan menurunnya kandungan sel darah merah. Dengan mengkonsumsi toge secara rutin dapat meningkatkan zat besi serta kandungan sel darah merah dalam tubuh.

  • Menurunkan Berat Badan

Salah satu resep diet sehat yang baik adalah dengan memakan toge secara rutin, dengan kandungan nutri tinggi serta rendah kalori tentunya sangat pas buat anda yang sedang menjalankan program diet sehat.

  • Dapat meningkatkan Metabolisme Dalam Tubuh

Kandungan vitamin C pada toge juga dapat meningkatkan stimualan dalam tubuh, dengan meningkatkan kandungan sel darah putih dapat mencegah terjadinya iveksi. Selain vitamin C, kandungan vitamin A pada toge juga memiliki sifat antioksidan yang dapat meningkatakn sistem kekebalan dalam tubuh

Baca juga :

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara membuat toge gemuk dengan mudah, serta beberapa manfaat toge bagi kesehatan. Semoga ulasan dari kami ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Salam hangat untuk anda dan keluarga.

 

Leave a Comment