4+Cara Menanam Anggrek di Pot dengan Mudah

4+Cara Menanam Anggrek di Pot dengan Mudah

Cara menanam anggrek, Kali ini mbah tani akan memberikan informasi cara menanam anggrek dengan benar. Banyak orang yang masih bingung mengenai hal ini, Padahal menanam anggrek terbilang cukup mudah asalkan anda mengetahui persis jenis serta sifat tanaman ini. Bagi anda yang suka menanam bunga pasti penasaran sebelum mempunyai sendiri tanaman anggrek di depan rumah anda. sebelum memasuki pokok pembahasan sebagai informasi simak ulasan di bawah ini.

Seperti yang kita tau bahwa bunga anggrek memang terkenal dengan keindahan dan warna bunganya. Tak heran jika hal itu membuat banyak orang ingin sekali membudidayakannya.

Bunga anggrek sendiri sering ditanam di halaman rumah untuk mempercantik serta membuat rumah anda terasa sejuk. Untuk membudidayakan tanaman ini ada dua cara yaitu dengan cara alami atau dengan teknik tertentu.

Bunga anggrek sendiri memiliki berbagai macam jenis atau varietasnya, di Indonesia termasuk negara yang memiliki jenis varietas terbanyak di dunia yaitu berjumlah 3500 varietas bunga anggrek. Dendrobium adalah salah satu jenis terbanyak di negara kita. Hal itulah yang membuat harga dari anggrek ini lebih terjangkau dibanding dengan yang lain.

Cara menanam anggrek dalam pot

4+Cara Menanam Anggrek di Pot dengan Mudah

Pada umumnya bunga anggrek dibagi menjadi dua jenis yaitu, bunga anggrek yang tumbuh di bagian tumbuhan lain atau bisa disebut dengan jenis epiphyt. Sedangkan jenis terrestris adalah jenis anggrek yang tumbuh langsung di tanah yang humus serta subur.

Baca juga :

Untuk itu jika anda ingin menanam bunga anggrek anda harus menentukan pilihan mana yang akan anda tanam. Baik jenis anggrek yang menempel pada tanaman lain ataupun yang langsung menanamnya di tanah.

Menentukan Tempat yang Tepat

Langkah ini tentunya sangat penting untuk diperhatikan supaya dalam menanam anggrek yang anda tanam bisa tumbuh dengan baik. Tempat yang baik untuk menanam bunga anggrek adalah tempat yang terkena sinar matahari cukup. Serta pilihlah jenis anggrek yang sesuai dengan iklim daerah anda agar anggrek dapat tumbuh dengan optimal. Sebagai informasi berikut jenis bunga anggrek berdasarkan intensitas cahayanya.

  • Bunga anggrek Vanda

jenis bunga ini sangat cocok di daerah terbuka

  • Sedangkan jenis anggrek yang dapat hidup dengan baik tanpa tersentuh sinar matahari langsung yaitu jenis Arachnis, renanthera, Ancedium, Dendrobium dan cattleya.
  • Paphiopedilum dan Phalaenopsis

Bunga anggrek jenis ini dapat tumbuh dengan baik tanpa bantuan sinar matahari langsung oleh sebab itu anda harus menyiapkan tempat yang tidak terkena sinar matahari apabila ingin menanam jenis anggrek ini.

Menentukan Ketinggian Media Tanam

Menentukan ketinggian media tanam tidak kalah pentingnya, karena pertumbuhan yang baik dalam menanam anggrek juga dipengaruhi dengan ketinggian di daerah anda. Beriku jenis anggrek yang dapat tumbuh dengan baik menurut ketinggian suatu daerah.

  • cymbidium dan miltonia

Jenis anggrek ini dapat tumbuh baik di daerah dengan ketinggian 1000 MDPL.

  • Dendrobium dan Oncidium

Jenis anggrek diatas sangat cocok untuk daerah dengan ketinggian 500-1000 MDPL.

  • Vanda dan Arachnis

Anggrek ini dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan ketinggian dibawah 500 MDPL.

Cara Memilih Bibit Bunga Anggrek

Tahap ini sangat penting untuk diperhatikan dimana pemilihan bibit yang berkualitas sangat menentukan berhasil tidaknya dalam pembudidayaan baik untuk bisnis anda ataupun hanya sekedar untuk menghias ruangan anda. Bibit anggrek yang berekualitas adalah anggrek memiliki usai minimal 1 th atau sudah memiliki akar sendiri. Setelah anda menemukan bibit anggrek tersebut sebelum memindahkan ke media tanam pertama, siapkan polybag diisi dengan tanah bercampur pupuk organik.

Baca juga :

Pindahkan bibit kedalam media polybag yang sudah anda siapkan tadi, Siram setiap pagi dan sore untuk menjaga kelembaban tanah. Tanaman anggrek siap dipindahkan ke media utama setelah berusia 3 bulan.

Cara Memindahkan Bunga Anggrek

Tahap menanam anggrek selanjutnya yaitu dengan memindahkan tanaman anggrek di polybag ke media tanam utama yaitu pot. Dalam proses ini diharapkan penuh dengan kehati-hatian supaya akar tidak rusak ataupun terputus. Sebelum dipindahkan siapkan pot ukuran sedang atau pot dengan selera anda. Kemudian pot di isi dengan tanah dengan campuran pupuk organik atau dengan media tanam yang sesuai dengan varietasnya masing-masing. Buat lubang di sesuaikan dengan tinggi tanaman anggrek yang ada pada polybag.

Pindahkan anggrek ke media tanam utama, anda bisa membawa tanahnya langsung akan tetapi sebelum itu buang terlebih dahulu plastiknya. Atau dengan mencabut dengan hati-hati agar akar tidak rusak atau terputus. Anda bisa menyiram terlebih dahulu polybag menggunakan air bertujuan untuk mempermudah serta mengurangi resiko dalam pencabutan.

Langkah selanjutnya menanam anggrek yaitu dengan memindahkan ke lubang yang sudah anda buat tadi kemudian tutup dengan tanah campuran pupuk organik. Anda juga bisa menghiasi pot dengan batu apung untuk  mempercantik pot sebagai hiasan ruangan atau halaman rumah anda.

Anda bisa menambahkan tiang penyangga untuk memperkuat tanaman anggrek supaya tidak mudah roboh saat tanaman anggrek mulai meninggi. Simpan tanaman anggrek pada suhu 14-36º agar buanga anggrek memiliki bunga dengan warna yang indah.

Cara Perawatan Tanaman Anggrek

Perawatan yang baik dalam menanam anggrek dapat bermanfaat untuk menjaga kesuburan serta kesehatan tanaman. Disamping itu perawatan yang baik dapat merangsang tanaman anggrek dapat berbunga banyak. Lihatlah warna daun pada tanaman anggrek, apabila warna daun anggrek berwarna hijau cerah tanaman anggrek anda mendapat cukup intensitas cahaya matahari. Apa bila daun berwarna hijau tua berarti terlalu berlebih, sedangkan apabila warna daun berwarna coklat itu berarti terlalu banyak terkena sinar matahari atau terbakar. Berikut cara perawatan bunga anggrek.

  • Penyiraman Bunga anggrek

Penyiraman tanaman anggrek harus tepat, apabila pada musim kemarau anda bisa menyiram 2-3 kali dalam sehari. Dalam penyiraman gunakanlah air bersih untuk menjaga kesehatan tanaman. Walaupun tanaman anggrek menyukai tempat yang kering akan tetapi anda harus menjaga kelembaban tanaman anggrek untuk menjaga kesehatan tanaman anggrek. Hal yang perlu anda perhatikan dalam penyiraman agar tidak terlalu banyak menggunakan air untuk mengurangi pembusukan dalam proses menanam anggrek.

  • Mengatur nutrisi

Pemupukan yang rutin akan membuat tanaman tumbuh dengan subur serta dapat berbunga dengan rajin. Pupuk yang digunakan sebaiknya mengandung kalsium, phospor, serta kalium. Pemberian pupuk tersebut dilakukan sebanyak 2 minggu sekali dengan menyemprotkan menggunakan spray atau dengan langsung pengocoran.

  • Menanggulangi hama dan penyakit

Untuk mencegah tanaman anggrek terserang hama tau penyakit anda bisa menyemprotkan insektisida serta fungisida secara rutin setiap sminggu sekali pada waktu sore hari.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam bunga anggrek yang baik agar dapat tumbuh dengan subur serta berbunga dengan rajin. Semoga bermanfaat serta memberikan wawasan dan informasi buat anda.

Salam hangat buat anda dan keluarga anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar