5+ Cara Menanam Anggur Merah yang Benar

5+ Cara Menanam Anggur Merah yang Benar

Menanam anggur. Salam sejahtera semoga selalu dalam kedamaian. Kali ini mbah tani akan membahas bagai mana cara menanam anggur dengan benar. Buah yang memiliki bentuk kecil ini memiliki rasa yang manis. Disamping rasanya yang enak buah anggur juga sangat baik untuk kesehatan kita, dengan kandungan vitamin yang berlimpah di dalamnya.

Anggur bisa anda nikmati dengan cara dibikin jus, jelly atau bisa juga dengan dimakan langsung. Karena kelezatan buah ini serta banyaknya peminat di pasaran membuat harga buah anggur relatif lebih mahal dibandingkan buah lain.

Syarat tumbuh tanaman anggur

Sebelum masuk ke inti pembahasan berikut syarat tumbuh untuk menanam anggur merah yah baik

  • Menanam anggur dapat tumbuh dengan baik pada daerah dataran rendah dengan musim kemarau kurang lebih 7 bulan.
  • Daerah dengan curah hujan 800 mm/ th salah satu daerah yang bagus untuk menanam anggur.
  • Lahan yang baik untuk menanam anggur yaitu lahan yang terkena sinar matahari kering cukup, supaya pertumbuhan dengan cara vegetatif tumbuh dengan baik.
  • Daerah yang baik untuk menanam anggur yaitu dengan suhu 31º pada siang hari serta 23º pada malam hari dan kelembaban udara kurang lebih 70-80%.
  • Tanah yang baik untuk membudidayakan anggur yaitu lahan yang subur serta mudah menyerap air.
  • Kandungan ph tanah kurang lebih 6,5-7,3 serta tanah

Setelah anda mendapatkan lahan yang tepat untuk membudidayakan anggur berikut tahapan-tahapannya :

Cara Menanam Anggur Merah dengan Mudah

Untuk mendapatkan hasil yang optimal tentunya anda harus menyiapkan bibit yang berkualitas, pengolahan yang baik dan perawatan yang optimal, Simak ulasan menanam anggur dibawah ini.

Cara Memilih Bibit yang Berkualitas

Untuk memaksimalkan hasil panen tentunya langkah awal menanam anggur dengan memilih bibit yang unggul. Anda bisa mendapatkan bibit yang bagus dengan metode stek batang dari bibit yang sudah memiliki jaminan kualitasnya. Berikut ciri-ciri bibit anggur dengan kualitas unggul:

  • Batang stek memiliki panjang kurang lebih 25-30 cm dengan memiliki ruas sebanyak 3 ruas.
  • Batang stek berbentuk bulat serta memiliki diameter 1 cm
  • Kulit batang berwarna coklat serta memiliki kadungan air.
  • Tunas tumbuh dengan sehat serta segar.

Penyemaian Bibit Anggur

5+ Cara Menanam Anggur Merah yang Benar

Langkah kedua menanam anggur yaitu dengan penyemaian setelah anda mendapatkan bibit dengan kualitas unggul. Hal itu bertujuan agar mudah terkontrol terutama dalam hal perawatan bibit.

  • Siapkan media semai berupa pot atau polybag
  • isi dengan campuran tanah,pupuk kompos serta pasir dengan perbandingan 1:1:1
  • Pindah bibit kemedia semai dengan menanam sedalam kurang lebih 5 cm kemudian tutup kembali dengan menggunakan tanah bercampur pupuk
  • Siram bibit dua kalo sehari setiap pagi dan sore
  • Bibit akan memiliki tunas baru setelah berusia 2 bulan setelah pemindahan bibit kemedia semai.

Persiapan Lahan 

Persiapan lahan yaitu dengan cara penggemburan tanah menggunakan cangkul atau bisa juga dibajak untuk mempermudah anda. Langkah selanjutnya yaitu dengan membuat bedengan dengan tinggi 50 cm dan leban 150 cm jarak antar bedengan 100 cm untuk mempermudah drainase pada musim hujan. Panjang bedengan bisa menyesuaikan dengan lahan yang anda miliki. Buat lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x50 cm.

Baca juga :

Tambahkan domolit pada media tanam utama, apabila kandungan ph tanah anda kurang dari 5. Anda bisa menambahkan pupuk dasar berupa pupuk kompos atau kandang. Setelah tercampur merata dan lahan siap digunakan alangkah baiknya media tanam utama di diamkan selama 2 minggu sebelum pemindahan bibit.

Cara Menanam BibitAnggur

Setelah bibit memasuki usia 2 bulan biasa bibit sudah memiliki tunas serta akar. Pidahkan bibit dari media semai ke media tanam utama, tanam bibit pada lubang sudah anda buat. Tutup kembali lubang dengan tanah sambil dipadatkan sampai pangkal pohon anggur.

Setelah Proses tanam selesai, langkah selanjutnya yaitu membuat para-para dengan tinggi 1-2 m sebagai tempat merambat tanaman anggur. Umumnya para-para dibuat dari bilahan bambu atau anda bisa menggunakan bahan yang biasa digunakan di daerah anda untuk merambatkan tanaman.

Perawatan Tanaman Anggur

Untuk membuat atau merangsang tanaman anggur tumbuh dengan subur tentunya membutuhkan perawatan yang optimal supaya bisa menghasilkan buah yang berkualitas serta berlimpah. Berikut perawatan yang baik dalam membudidayakan anggur :

  • Penyiraman

Untuk waktu penyiraman pada musim kemarau dilakukan sekali dalam sehari pada waktu pagi atau sore hari saja. Apabila memasuki musim penghujan anda tidak perlu menyiramnya. Dan pastikan pada musim hujan tidak terjadi genangan pada tanaman anggur.

  • Penyiangan gulma

Penyiangan dilakukan dengan membersihkan lahan tanaman dari rumput gulma. Penyiangan bertujuan agar kandungan unsur hara atau vitamin pada tanah terserap sempurna oleh tanaman utama. Manfaat lain dari penyiangan yaitu dapat merangsang pertumbuhan tanaman anggur menjadi lebih baik.

  • Penjarangan

Penjarangna dilakukan apabila media tanam terlalu sempit karena dapat membuat pertumbuhan tanaman anggur tidak optimal apabila penjarangan tidak dilakukan.

  • Pemupukan

Pemupukan dilakukan setelah usia tanaman 90 hari setelah tanam serta dengan durasi 3 bulan sekali. Atau jika anda melihat tanaman anggur kekurangan vitamin. Anda bisa menggunakan pupuk urea dengan dosis 15 gram setiap tanaman.

Proses Pemanenan Tanaman Anggur

Sebagai petani yang membudidayakan tanaman,buah-buahan ataupun sayuran tentunya proses ini paling dinanti dan diharapkan. Pemanenan anggur dapat anda lakukan setelah buat memiliki tekstur lunak serta warna yang merata. Dalam memanen anggur diharapkan tidak menumpuk anggur karena hal itu dapat merusak buah.

Manfaat Anggur Merah Buat Kesehatan

Selain kita saling belajar bagaimana cara menanam anggur yang baik, sebagai tambahan informasi berikut manfaat anggur buat kedehatan tubuh kita.

  • Mencegah kanker

Buah anggur mengandung antioksidan yang dapat mencegah sel kanker dalam tubuh. Antioksidan yang terkandung pada buah anggur juga dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh. Baik disebabkan oleh polusi, bahan kimia dan asap rokok.

  • Membantu menyeimbangkan kolesterol

kandungan sapoten dalam buah anggur dapat menangkap kolesterol sebelum diserap dalam darah itulah yang membuat kadar kolesterol dalam tubuh dapat seimbang.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam anggur dengan baik dan benar agar memiliki kualitas buah unggul serta berlimpah, serta beberapa manfaat buah anggur bagi kesehatan.

Semoga memberikan informasi serta wawasan buat anda.

Salam hangat buat anda dan keluarga anda.

 

 

Tinggalkan komentar