8. Rahasia Menanam Apel dengan Mudah

Menanam apel malang. Pada ulasan kali ini mungkin akan sangat cocok bagi anda yang sedang mencari informasi serta belajar membudidayakan apel malang. Semua orang sudah pasti tau jenis dari buah ini, apel memiliki rasa yang manis serta renyah. Buah apel sendiri termasuk dalam jenis buah yang paling sering di konsumsi oleh masyarakat.

Dengan banyaknya peminat menjadikan harga buah ini semakin meningkat setiap tahunnya. Maka tidak heran jika banyak para pegiat budidaya mencoba peruntungannya menanam apel sebagai ladang bisnis.

Menanam Apel Malang Dari Biji di Halaman Rumah

Pada pembahasan pertama kami akan mengulas tentang menanam apel malang dari biji di halaman rumah anda. Tentunya dengan membudidayakan buah apel pada halaman rumah anda memiliki keuntungan tersendiri. Baik dalam pengeluaran modal maupun kesehatan rumah anda karena dapat membuat lingkungan menjadi lebih sehat. Berikut ulasan membudidayakan buah apel dari biji :

1. Pemilihan Bibit Berkualitas

Dalam tahap ini sangat penting untuk anda lakukan, dengan bibit unggul tentunya dapat menghasilkan tanaman berkualitas pula. Anda bisa membeli di toko pertanian terdekat rumah anda. Cara lain yaitu dengan membeli buah apel yang super bagus, kemudian ambil bijinya.

2. Penyemaian Bibit

Setelah anda mendapatkan biji unggul langkah selanjutnya yaitu menyemai biji apel supaya tumbuh kecambah.  Berikut tapan penyemaian biji apel :

  • Sebelum bibit disemai keringkan kulit biji terlebih dahulu, anda bisa menggunakan alasan berupa kertas maupun kain.
  • Langkah kedua setelah kulit kering yaitu dengan membungkus biji pada tisu basah kemudian simpan pada tempat yang rapat, bisa dengan tupperware, atau box lainnya.
  • Anda juga bisa menggunakan tisu basah dimasukan kedalam mangkuk sebagai alas, kemudian tutup dengan plastik buah dengan rapat.
  • Simpan di lemari es dengan suhu 4,4-10º C. Pada usia semai memasuki 8 minggu biasanya bibit mulai bertunas dan sudah siap untuk dipindahkan.

3. Pemindahan Bibit

Langkah ke tiga membudidayakan apel yaitu pemindahan biji kemedia pot. sebelum biji dikeluarkan siapkan pot atau dengan polybag berukuran kecil. Masukan tanah gambut dengan ph netral serta campurkan kompos dengan perbandingan 1:2.

Ambil biji dalam kulkas kemudian pindahkan bibit dengan hati-hati karena akar mudah terputus, tutup bagian akar kemudian simpan ditempat yang memiliki suhu 18-24º C akan tetapi terkena sinar matahari. Siram secara rutin karena bibit sangat memerlukan pasokan air sampai usia 4 minggu.

4. Pemindahan Bibit Pada Lahan Utama

Setelah Bibit memiliki sekitar 3-4 tangkai daun pindahkan bibit kehalaman rumah, tetapi sebelum memindahkan bibit gemburkan terlebih dahulu dan berikan pupuk kompos sebagai pupuk dasar.

Baca juga :

Tanam bibit dampai pangkal pohon kemdudian siram kembali supaya tanah tidak terlalu kering. Anda bisa melindungi bibit dengan menggunakan bambu memutar untuk mencegah serangan hewan atau anak kecil.

Menanam Apel India Dengan Metode Cangkok

Pembahasan kedua yaitu menanam apel india dengan sistem cangkok, tentunya cara ini lebih cepat dalam pertumbuhan. Berikut tahapan menanam apel dengan metode cangkok.

1. Menyiapkan Indukan Berkualitas

Langkah pertama membudidayakan apel india dengan metode cangkok tentunya menyiapkan indukan berkualitas. Dengan memilih indukan berkualitas dapat merangsang pertumbuhan serta pembuahan lebih makasimal. Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui ciri-ciri indukan berkualitas :

  • Memiliki kualitas saat indukan berbuah, dengan ukuran serta rasa yang  bagus.
  • Pastikan Indukan dapat berbuah dengan baik.
  • Tanaman tumbuh dengan subur serta segar tidak terserang penyakit maupun hama
  • Berikan pupuk sebelum anda memulai pencakokan, hal itu bertujuan untuk meningkatkan peluang berhasil dalam proses pencangkokan.

2. Menyiapkan Alat dan Bahan

Berikut alat dan bahan pokok yang perlu anda siapkan sebelum melakukan proses pencangkokan pada bibit indukan berkualitas.

  • Siapkan alat untuk mengupas kulit batang bisa menggunakan pisau atau cuter tajam serta steril.
  • Anda juga bisa menambah ZPT untuk merangsang pertumbuhan akar.
  • Siapkan media cangkok berupa tanah serta kompos dengan perbandingan 1:1
  • Plastik untuk menutup cangkok atau dengan serabut kelapa serta tali rafia untuk mengikat.

3. Tahapan Mencangkok Tanaman Apel

Setelah bahan-bahan telah anda lakukan berikut cara mencangkok pohon apel dengan benar :

  • Batang yang baik yaitu dengan posisi tidak terlalu bawah dekat dengan permukaan tanah
  • Batang tidak terlalu tua dan muda
  • Batang terlihat segar dan sehat
  • Kupas kulit batang dengan alat yang sudah anda siapkan dengan ukuran 3-5 cm
  • Setelah itu siram dengan air bercampur ZPT saat setelah getah pada batang mengering
  • Tempelkan tanah dan kompos yang sudah tercampur secara merata
  • Balut dengan plastik ataupun serabut kelapa pastikan plastik dilubangi terlebih dahulu untuk penguapan serta agar tidak terjadi genangan saat melakukan penyiraman dan tempat menjulurnya akar.
  • Ikat setiap ujung menggunakan tali rafia
  • Siram secara rutin pada musim kemarau agar media tidak kering

4. Pemindahan Bibit

Pemindahan bibit dapat anda lakukan dengan memotong bagian bawah cangkok saat akar sudah tumbuh, pindahkan pada media polybag terlebih dahulu atau menggunakan pot setelah itu lakukan penanaman seperti cara di atas. Dan jangan lupa dalam pemindahan penutup media cangkong dibuang terlebih dahulu.

Perawatan Menanam Apel

Untuk mempersingkat ulasan perawatan menanam apel, baik metode biji dan cangkok kami akan ulas sekali saja. Perawatan ini juga dapat anda lakukan saat pencangkokan hingga pemindahan bibit. Berikut cara perawatan yang baik saat anda membudidayakan apel malang dan india :

1. Penyiraman

Untuk merangsang pertumbuhan lebih maksimal saat anda belajar menanam apel, penyiraman dilakukan 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari. Pastikan dalam proses ini tidak berlebihan yang dapat menyebabkan media tanam terlalu basah. Apabila media tanam terlalu basah dapat menimbulkan kebusukan baik akar maupun batang pohon apel.

2. Pembersihan Tanaman Gulma

Meskipun anda menanam apel di halaman rumah tidak menutup kemungkinan tanaman pengganggu akan tumbuh. Oleh sebab itu penyiangan tetap perlu anda lakukan supaya kandungan nutrisi pada tanah terserap sempurna oleh tanaman apel.

3. Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan bertujuan untuk menjaga pertumbuhan tetap sehat serta dapat merangsang pembuahan pada tanaman apel. Untuk pemupukan apel malang anda bisa menggunakan urea atau kompos dan pupuk kandang.

Sedangkan untuk apel india dapat menggunakan NPK 25 gram /batang, sebenarnya untuk menjaga kesuburan tanaman apel india juga dapat diberikan pupuk seperti apel malang.

4. Penanggulangan Hama dan Penyakit

Saat anda menanam apel malang dan india tidak menutup kemungkinan terjadi serangan hama maupun penyakit. Untuk pencegahannya anda bisa menyemprotkan cairan pestisida sesuai dosis pada label.

Cara Pemanenan Apel Malang Dan India

Apel malang dapat anda panen setelah usia 4 bulan setelah tanaman apel berbunga mekar, sedangkan apel india dapat anda panen setelah usai 4-5 tahun setelah penanaman. Pastikan buah yang anda panen benar-benar matang dengan ciri-ciri ukuran buah maksimal serta memiliki warna yang cerah serta segar. Anda bisa langsung memetik tangkai buah menggunakan tangan.

Manfaat Apel Bagi Kesehatan

8. Rahasia Menanam Apel dengan Mudah

selain mengulas tata cara menanam apel kami akan memberikan sedikit informasi mengenai manfaat mengejutkan dari buah apel bagi kesehatan :

  • Dapat mengurangi resiko gangguan pernapasan
  • Bisa memperkuat tulang serta mengurangi terjadinya pengeroposan pada tulang
  • Mampu mengontrol gula darah
  • Bisa mengobati serta mencegah penyakit kanker
  • Baik utuk kesehatan otak
  • Mampu menurunkan kolesterol
  • Baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan
  • Mampu mengatasi diare dan sembelit

Itulah ulasan dari kami mengenai bagaimana cara menanam apel dengan benar, baik dengan metode generaif maupun vegetatif. Semoga pembahasan kali ini memberikan manfaat serta informasi buat anda

Salam hangat buat anda dan keluarga

 

 

 

Tinggalkan komentar