5 Tips Menanam Bengkuang dengan Hasil Melimpah

Menanam bengkuang. Pada pembahasan kali ini ilmu tanah akan mengulas tata cara menanam bengkuang dengan benar. Bengkuang sendiri sering digunakan sebagai obat herbal terutama untuk kaum hawa.

Bengkuang termasuk pada jenis tanaman umbi yang memiliki tinggi akan kandungan air di dalamnya. Menanam bengkuang sendiri tidaklah sulit apabila anda melewati tahapan-tahapan dengan benar. Baik dari sisi perawatan, pemilihan bibit serta pengolahan lahan. Untuk mengetahui semua ulasan tersebut simak dengan seksama penjelasan kami di bawah ini tentang cara menanam bengkuang dengan benar.

Menanam Bengkuang di Kebun

Dengan banyaknya manfaat dari buah bengkuang bagi kesehatan serta kecantikan, banyak para petani memanfaatkan peluang tersebut untuk membudidayakan bengkuang. Berikut ulasan selengkapnya :

1. Pengolahan Lahan

Waktu pengolahan ideal yaitu pada bulan september hingga november dimusim kemarau. Untuk mempercepat waktu anda bisa menggunakan mesin bajak untuk menggemburkan lahan. Apabila anda ingin memakai cara manual bisa menggunakan cangkul.

Buatlah bedengan dengan tinggi 30 cm dan lebar 80-100 cm dengan panjang menyesuaikan lahan anda. Lakukan pembersihan tanah dari tanaman gulma bersamaan proses pengolahan lahan. Jarak antar bedengan tersebut kurang lebih 40-50 cm untuk mempermudah drainase pada musim hujan.

Taburkan pupuk kandang sebagai pupuk dasar kemudian siram media tanam yang sudah gembur supaya proses penyerapan nutrisi menjadi lebih cepat.

2. Pemilihan Bibit Berkualitas

a. Cara pertama Pemilihan bibit berkualitas anda bisa mendapatkannya dengan membeli di toko pertaian, pastikan terdapat label dari dinas pertanian setempat. Bungkus atau kemasan bibit tidak rusak serta belum memasuki masa expliyed jika ada.

b. Cara kedua yaitu dengan membuat sendiri bibit bengkuang

Pilihlah indukan yang sehat serta subur dan tidak terserang penyakit maupun hama. Perawatan tentunya terus anda lakukan sampai bunga berubah menjadi polong dan agak tua. Anda bisa memetiknya langsung dengan manual kemudian simpan ditempat sejuk.

2. Penyemaian Bibit

Langkah ke dua membudidayakan bengkuang yaitu dengan menyemai bibit bengkuah. Sebelum menyemai keluarkan biji bengkuang pada polong, rendam dengan air selama 12 jam pada media baskom atau lainnya. Dalam proses perendaman anda bisa menyiapkan media semai berupa polybag atau tray .

Isi media semai dengan tanah bercampur pupuk kandang halus, buatlah lubang sedalam 5 cm menggunakan jari telunjuk. Masukan biji yang sudah anda rendam kedalam lubang, tutup dengan tanah secara tipis. Semprotkan air setelah penyemaian selesai anda lakukan, tunggu sampai bibit tumbuh kurang lebih memiliki tinggi 5 cm.

3. Pemindahan Bibit Bengkuang

setelah media tanam sudah siap untuk digunakan, tahap selanjutnya yaitu memindahlan benih ke tempat menanam bengkuang utama. Masukan bibit kedalam lubang tanam di atas bedengan, tutup kembali sambil dipadatkan. Setelah proses penanaman selesai, untuk menjaga tanah tidak kering anda bisa melakukan penyiraman. Jarak tanam bengkuang idealnya 5-7 cm dan di tanam pada waktu sore hari.

4. Perawatan Menanam Bengkuang

Tahap perawatan membeudidayakan bengkuang cukuplah mudah jika dibandingkan dengan saat anda menanam cabe merah keriting. Perawatan optimal tentunya dapat menambah hasil panen berlimpah serta berkualitas. Berikut cara pemeliharaan tanaman bengkuang.

  • Penyiraman

Penyiraman sebaik dilakukan dua kali sehari pada musim kemarau, pada musim hujan hal yang perlu anda perhatikan adalah tidak terjadi genangan pada media tanam.

  • Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan bertujuan untuk menjaga tanaman agar tetap berada pada posisi terbaik, baik dalam pertumbuhan serta pembuahan. Gunakan pupuk kompos ataupun pupuk kandang setelah usia tanam 4 minggu dan dilakukan secara rutin setiap dua minggu sekali.

  • Penyiangan

Sama halnya saat anda menanam sawi penyiangan perlu dilakukan untuk memaksimalkan proses pertumbuhan. Dengan media semai yang sesak tentunya dapat mengganggu tahap tersebut. Manfaat lainnya supaya nutrisi pada tanah terserap sempurna oleh tanaman utama.

  • Pemangkasan

Pemangkasan bertujuan supaya tanaman bengkuang dapat berbuah dengan maksimal yaitu dengan cara memotong bunga yang berjumlah berlebih pada setiam tanaman bengkuang.

5. Pemanenan Bengkuang

Proses ini dapat anda lakukan setelah usia tanam memasuki usia 4 bulan setelah tanam. Cabut secara manual dengan hati-hati agar tidak rusal. Pemanenan dapat anda lakukan menggunakan garpu seperti saaat anda menanam kentang kemudian digali dengan pelan-pelan untuk menjaga agar buah tidak rusak.

Menanam Bengkuang Dalam Pot

Selain dengan media luas menanam bengkuang juga dapat anda lakukan dengan skala kecil salah satunya yitu dengan menggunakan media pot. Media pot sendiri dapata anda letakan di halaman rumah anda, selain sebagai penyejuk halaman, bengkuang juga dapat dimanfaatkan untuk obat herbal atau dengan dimakan langsung. Tahapan yang akan kami bahas yaitu pemindahan bibit serta persiapan media, untuk perawatan, pemilihan bibit dan penyemaian anda bisa membacanya kembali pada penjelasan di atas.

1. Persiapan Media Tanam

Dalam tahap ini, siapkan pot berukuran sedang atau selera anda masukan tanah bercampur pupuk kandang ataupun kompos kedalam pot dengan perbandingan 2:1. Siram media tanam sebelum digunakan, kemudian bauatlah lubang sedalam 5-7 cm.

2. Pemindahan Bibit

Masukan bibit yang sudah disiapkan seperti penjelasan di atas, kemudian tutup kembali dengan tanah sambil dipadatkan. Penyiraman perlu dilakukan untuk menjaga kelembaban tanah.

Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan

5 Tips Menanam Bengkuang dengan Hasil Melimpah

Setelah kita mengetahui tata cara menanam bengkuang dengan benar, berikut manfaat bengkuang bagi kesehatan.

  • Dapat Memperlancar pencernaan

Kadar air serta salah satu unsur penyusun karbohidrat yang terkandung pada buah bengkuang dapat membantu memperlancar pencernaan.

  • Sebagai salah satu sumber vitamin C

Meskipun buah bengkuang tidak memiliki rasa asam akan tetapi termasuk salah satu buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Sekitar 20 mg vitamin C setiap 100 gram buah bengkuang.

  • Dapat mengobati demam

Salah satu kandungan yang terdapat pada buah bengkuang dapat membantu menurunkan demam, dengan mengkonsumsi langsung maupun dibikin jus.

  • Dapat membantu kolesterol

Kandungan vitamin C dapat berfungsi sebagai antiosidan dalam tubuh yang membantu menurunkan kolesterol, untuk mendapatkan manfaat tersbut sangat mudah. Anda cukup mengkonsumsi bengkuang secara rutin.

  • Dapat membantu mengobati wasir

Salah satu manfaat serat yang terkandung pada buah bengkuang yaitu dapat membantu mengobati wasir. Minumlah jus bengkuang setiap bangun pada pagi hari untuk mendapat khasiat benngkuang untuk membantu mengobati penyakit wasir.

  • Bermanfaat untuk kecantikan

Kandungan nutrisi pada buang bengkuang juga sering digunakan untuk merawat kulit wajah maupun bagian lain. Buatlah masker dari bengkuas kemudian oleskan pada wajah secara rutin.

Beberapa manfaat masker bengkuang yaitu, dapat mencerahkan kulit wajah, melindungi dari terik matahari, membantu menghilangkan bintik hitam serta jerawat. Setelah masker wajah dipakai beberapa menit bilas dengan air dan rasakan manfaatnya.

Itulah ulasan dari saya mengenai tips rahasia menanam bengkuang bagi pemula agar hasil panen berlimpah serta beberapa manfaat bengkuang bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga ulasan kali ini memberikan manfaat dan informasi buat anda.

Salam sejahtera untuk anda dan keluarga

 

Tinggalkan komentar