6 Cara Menanam Buah Pir Di Indonesia agar Cepat Berbuah Serta Lebat

Menanam buah pir. Pada kesempatan kali ini ilmu tanah akan mengulas bagaimana cara menanam pir di Indonesi agar cepat berbuah dengan lebat. Buah yang tergolong pada jenis genus pyrus banyak terdapat di Asia timur, Eropa dan Afrika selatan. Akan tetapi menanam buah pir juga dapat anda lakukan di indonesia.

Buah dengan kandungan tinggi air ini memiliki rasa yang enak dan segar. Tidak heran buah pir termasuk buah yang sangat digemari sebagian masyarakat kita. Dengan melihat peluang itu tidak sedikit petani kita membudidayakan pir sebagai pemasukan tambahan mereka.

a. Syarat Tumbuh Menanam Buah Pir

Sebelum kita membahas lebih jauh, mengetahui syarat tumbuh membudidayakan pir tentunya dapat meningkatkan keberhasilan anda.

  • Tanaman buah pir sangat baik dalam pertumbuhannya pada daerah dengan ketinggian sekitar 1000 MDPL
  • Lahan terbuka dengan intensitas cahaya matahari penuh.
  • Tanah subur serta bersih dari rumput gulma.
  • Pohon buah pir dapat tumbuh dengan baik pada tanah dengan tingkat keasaman tanah atau ph tanah sekitar 5-7.
  • Daerah dengan suhu 16-20º C.

b. Varietas Buah Pir

Berikut beberapa jenis buah pir sebagai pilihan buat anda sebelum menanamnya :

  • Pir yang memiliki ciri-ciri leher yang panjang adalah jenis Pir Bosc
  • Pir seckel, Buah pir ini sangat cocok untuk usia anak-anak karena memiliki ukuran buah yang kecil serta memiliki rasa yang manis.
  • Pir forelle, Buah pir ini memiliki leher yang pendek hampir mirip seperti lonceng.
  • Pir comice, Buah pir ini memiliki warna hijau dan memiliki rasa yang enak dibandingkan dengan jenis pir lainnya.
  • Pir red anjou, Buah pir ini memiliki warna merah maroon dan buah pir ini salah satu jenis paling mudah dibedakan karena memiliki bentuk seperti telur.

Cara Menanam Buah Pir dari Biji Di Indonesia

6 Cara Menanam Buah Pir Di Indonesia agar Cepat Berbuah Serta Lebat

Setelah kita mengetahui syarat tumbuh membudidayakan buah pir dan jenis-jenisnya, tentunya kita dapat menentukan lahan mana yang cocok serta varietas mana yang akan kita tanam. Berikut tata cara menanam buah pir dari biji :

1. Pemilihan Bibit Berkualitas

Pemilihan bibit berkualitas dapat anda dapatkan di toko pertanian terdekat. Jika anda ingin membuat bibit sendiri, bisa anda lakukan dengan cara mengeluarkan biji dari buah pir yang anda beli. Pastikan pula biji berasal dari buah pir berkualitas.

Setelah anda mendapatkan biji berkualitas, keringkan biji dengan menyimapan di tempat yang memiliki suhu hangat. Setelah biji kering langkah selanjutnya yaitu meletakan biji kedalam gelas yang sudah terisi air, simpan di lemari es untuk menjaga biji pir dengan suhu dingin tetap stabil.

2. Penyemaian Bibit

Langkah kedua menanam buah pir yaitu dengan melakukan penyemaian seperti saat anda membudidayakan apel. Siapkan polybag dan campuran tanah dengan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. kemudian masukan campuran tanah yang sudah merata ke dalam polybag.Setelah media semai siap, ambil biji yang ada pada lemari es setelah 4-5 hari penyimpanan, buang biji yang mengapung.

biji mengambang adalah suatu tanda bahwa bibit tersbut tidak layak tanam. Buat lubang sedalam 5 cm masukan biji buah pir kedalamnya, taburkan tanah secara tipis. Setelah penyemaian anda lakukan percikan air bersih untuk menjaga kebasahan media semai. Siram setiap dua kali sehari dalam proses penyemaian. Biasanya bibit siap di pindahkan setelah usia semai memasuki 2-3 minggu.

3. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan ini bertujuan agar lahan terbebas dari jamur yang menguap bersamaan dengan proses penggemburan tanah. Gunakanlah alat penggembur tanah seperti cangkul atau bisa menggunakan alat bajak untuk mempercepat.

Pastikan pula dalam tahap ini bersamaan dengan pembersihan tempat tanam utama dari rumput pengganggu dan bebatuan (bila ada). Buatlah bedengan dengan tinggi 40-50 cm dan lebar 80-100 cm jarak antar bedengan sebagai drainase sekitar 50-60 cm.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran kurang lebih 50x50x50 cm dengan jarak antar lubang 5-6 m. Taburkan pupuk kandang dan arang sekam secara merata pada lubang sebagai pupuk dasar. Siram menggunakan air untuk menjaga tanah tidak kering.

4. Penanaman Bibit Buah Pir

Langkah ke empat menanam buah pir yaitu pemindahan bibit. Pindahkan bibit setelah bibit memiliki ketinggian 20-30 cm. Sebelum bibit dimasukan buang plastik media semai kemudian tanam bibit dan tutup kembali dengan tanah sambil dipadatkan agar tidak roboh tertiup angin maupun hujan. Siram setelah proses penanaman selesai.

5. Perawatan membudidayakan Buah Pir

Buah pir dapat tumbuh dan berbuah dengan cepat apabila perawatan yang anda lakukan dengan benar dan intens. Berikut cara perawatan saat menanam buah pir :

  • Penyiraman

Lakukan penyiraman secara berkala dan rutin setiap pagi atau sore hari untuk membantu dan mempercepat proses pertumbuhan.

  • Pemupukan Susulan

Untuk mempercepat pertumbuhan buah dan batang menjadi lebih cepat anda bisa memberikan pupuk NPK dan pupuk buatan seperti pupuk mutiara sebagai pupuk susulan.  Lakukan tahap ini secara berkala dan sesuai dengan dosis.

  • Penyiangan

Sama seperti anda menanam duku, penyiangan bermanfaat untuk mencegah tanaman mudah terserang hama dan penyakit. Manfaat lain supaya tanaman buah pir tidak berebut nutrisi yang terkandung di dalam tanah dengan rumput pengganggu. Lakukan langkah ini secara rutin saat anda menanam buah pir, mengingat pertumbuhan gulma yang sangat cepat.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Kontrol tanaman pir secara rutin bisa setiap dua atau tiga minggu sekali untuk memastikan tanaman anda terbebas dari hama dan penyakit. Untuk mencegahnya anda bisa menyemprotkan pestisida dengan dosis sesui yang tertera pada label.

6. Pemanenan Buah Pir

Pemanenan saat menanam buah pir dapat anda nikmati setelah buah matang dengan ciri-ciri memudarnya warna buah, pemanenan dapat anda lakukan dengan memetik langsung pada buah pir yang sudah benar-benar matang.

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

6 Cara Menanam Buah Pir Di Indonesia agar Cepat Berbuah Serta Lebat

Setelah kita mengetahui cara menanam buah pir dengan benar, selain memiliki rasa yang manis dan segar buah pir juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.  Diantaranya :

1. Dapat Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan kaya Vitamin C pada buah pir dapat mencegah terjadinya infeksi pada tubuh serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat tersebut makanlah buat pir secara rutin baik memakan langsung maupun di buat jus buah pir.

2. Dapat Mengurangi Peradangan

Kandungan antioksidan dan flavonoid yang terdapat pada buah pir dapat mengurangi peradangan. Konsumsi buah ini secara berkala untuk mendapatkan manfaat tersebut.

3. Dapat Menambah Stamina

Memakan buah pir dapat menambah stamina saat anda melakukan aktifitas berkat kandungan glukosa yang tinggi pada buah pir.

4. Bisa mencegah Penuan Dini

Kandungan vitamin K, C dan tembaga pada buah pir dapat mencegah kerusakan sel-sel pada kulit tubuh baik disebabkan oleh radikal bebas ataupun lainnya.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam buah pir di Indonesia agar cepat berbuah dengan lebat. Semoga ulasan kali ini memberikan manfaat dan informasi yang positif buat anda.

Salam sejahtera buat anda dan keluarga.

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar