5 Panduan Menanam Bunga Aster Agar Cepat Berbunga Lebat

Menanam bunga aster. Pada kesempatan ini ilmutanah.com akan mengulas bagaimana tata cara budidaya bunga aster agar cepat berbunga dengan menggunakan media pot dan disimpan dihalaman rumah anda. Asteraceace sering disebut juga bunga seruni, atau daisy serta masih tergolong dalam bunga matahari.

Pada umumnya jenis tanaman diatas tergolong tanaman rumput, meskipun beberapa ada berupa semak, pohon dan rambat. Budidaya bunga aster juga tergolong mudah apabila melewati tahapan-tahapan dengan benar. Baik dari pemilihan bibit hingga perawatan tepat.

Pengenalan Bunga Aster

Bagi anda yang kurang tahu akan bunga aster, mungkin ulasan ini akan sangat bermanfaat. Bunga aster memiliki kemudahan tersendiri dalam membudidayakannya, disamping warnanya cantik, bunga aster juga sangat mudah untuk beradaptasi pada lingkungan.

Baca juga :

Tanaman bunga ini juga dapat bertahan hidup cukup lama yaitu sekitar 1-2 tahun, disamping itu bunga ini dapat dibudidayakan baik pada dataran tinggi hingga rendah.

Menanam Bunga Aster dalam Pot

Ulasan dari kami adalah budidaya bunga aster dalam pot. Tentunya cara ini memberikan beberapa keuntunga diantaranya, mempercantik halaman rumah, serta menjadi tambahan koleksi tanaman hias anda. Berikut penduan lengkap menanam bunga aster dalam pot :

1. Persiapan Alat dan Bahan

Bahan dan alat pokok saat budidaya aster sebagai berikut :

  • Bibit aster anda bisa membelinya di toko tanaman hiasan atau pertanian
  • Siapkan media tanam berupa tanah humus
  • Sekop, emrat dan air
  • Media semai Berupa pot kecil atau polybag

2. Penyemaian Benih Aster

setelah bahan diatas telah anda siapkan, langkah selanjutnya adalah proses penyemaian, berikut ulasannya :

  • Siapkan pot atau polybag
  • Masukan media semai berupa campuran tanah, pasir dan pupuk perbandingan ketiganya yaitu 1:1:1
  • Masukan media semai diatas kedalam polybag setelah tercampur merata
  • Percikan air untuk membasahi media tanam
  • Masukan benih aster sedalam 1-3 cm kedalam media semai, taburkan tanah secara tipis untuk menutup benih

Simpan media semai dalam ruangan sejuk dan mendapatkan sinar matahari cukup. Lakukan pembasahan semai secara rutin untuk menjaga kelembabannya. Setelah benih tumbuh dengan tinggi beberapa cm atau bibit memiliki 3-4 helai daun maka bisa anda pindahkan pada media tanam utama.

3. Proses Pemindahan Bibit

Sebelum bibit dipindahkan, tentunya kita mempersiapkan terlebih dahulu media tanam utamanya. Siapkan pot berukuran sedang, pastikan terdapat lubang dibagian bawah. Isi dengan menggunakan media yang sama saat penyemaian. Siram media tanam utama agar tekstur tanah tidak kering.

Langkah selanjutnya setelah media tanam utama siap, pindahkan bibit dengan cara mencabutnya. Penyiraman media semai sebelum pencabutan sangat direkomendasikan, agar mempermudah proses pencabutan. Manfaat lainnya untuk menghindari kerusakan pada akar bibit.

4. Perawatan

Perawatan tepat dalam menanam bunga aster tentunya dapat merangsang pertumbuhan bunga. Berikut cara perawatan dengan benar.

  • Penyiraman

Meskipun anda wajib melakukan penyiraman secara rutin, hal penting harus kami tekankan adalah untuk selalu menjaga tanah supaya tidak terlalu basah. Untuk menghindari pembusukan pada akar tanaman.

  • Pemasangan ajir

Pemansangan ajir bisa menggunakan bilahan bambu atau kayu, tancapkan secara miring kemudian ikatkan batang tanaman tapi agar tidak terlalu kencang. Tujuan pemberian ajir adalah untuk menjaga tanaman tidak roboh terkena air hujan dan angin.

  • Pemangkasan

Pangkas batang secara rutin sepanjang 2-3 cm untuk merangsang pertumbuhan tunas baru. Pemotongan juga perlu dilakukan apabila terdapat batang tanaman terserang penyakit. Tujuannya supaya penyakit tidak menyerang kebagian lain.

5. Pembungaan

Langkah terahir budidaya bunga aster adalah membantu proses pembungaan agar dapat maksimal serta bunga berkualitas. Beberapa proses perlu anda lakukan saat tanaman mulai berbunga yaitu.

  • Pemangkasan

Lakukan pemangkasan beberapa daun agar nutrisi terfokus pada pertumbuhan perkembangan bunga.

  • Pemupukan

Untuk meningkatkan kualias bunga anda bisa menambahkan pupuk dengan kandungan fosfor guna memabantu proses pertumbuhan bunga dan pupuk Kalium guna memperkuat bunga agar tidak mudah rontok.

Cara Perbanyak Tunas Dengan Stek Batang

Setelah mengetahui cara menanam bunga aster dari biji, sebagai tambahan informasi buat anda yaitu cara memperbanyak tunas dengan stek batang. Memperbanyak tunas dengan stek batang memiliki keuntungan tersendiri, disamping mudah untuk dilakukan, proses pertumbuhan juga lebih cepat. Berikut cara stek batang :

  • Pilih indukan berkualitas serta tidak terserang hama dan penyakit
  • Setelah menemukanya potong batang tunas, dan sisakan sekitar 3 cm dari batang induk
  • Semprotkan cairan fungisida dan bakterisida untuk menghindari adanya bakal penyakit
  • Masukan bagian pangkal stek kedalam air bercampur ZPT penumbuh akar
  • Tanam bibit stek pada media semai yang sudah anda siapkan.

Itulah cara memperbanyak tunas dengan cara stek batang. Demikian ulasan dari kami mengenai cara menanam bunga aster dalam pot agar cepat berbunga. Semoga ulasan ini memberikan informasi bermanfaat untuk anda.

Salam Hias Indonesia

 

Tinggalkan komentar