Sungguh Mudah !!! 4 Tahapan Menanam Bunga Dahlia

Menanam Bunga Dahlia. Bagi anda pecinta tanaman tenaman hias, nama bunga dahlia tentunya tidak asing lagi di telinga. Jenis bunga ini adalah dari sekian banyak tanaman hias yang mudah beradaptasi dengan lingkunga. Selain itu membudidayakan bunga dahlia tidak terlalu rumit, itulah sebabnya bunga ini menjadi favorit bagi pecinta hias selain karena kecantikannya.

Pengenalan

Sebelum memasuki inti pembahasan tentang panduan lengkap menanam bunga dahlia, panduan awal yang harus anda ketahui adalah sifat dari bunga dahlia itu sendiri. Salah satu kunci keberhasilan dalam budidaya bunga dahlia adalah media tanam terbuka. Tujuannya adalah untuk mencukupi kebutuhan akan paparan sinar matahari.

Syarat lain yaitu media tanam dengan aliran air yang lancar, karena genangan pada media tanam dapat menyebabkan pembusukan pada akar tanaman. Dalam tahap pembibitan bunga ini juga tergolong mudah, seperti yang sudah kami singgung diatas tanaman hias ini adalah salah satu yang dapat beradaptasi dengan bsik pada lingkungan.

Menanam Bunga Dahlia Dalam Pot

Setelah anda sedikit mengenal tentang bunga dahlia, untuk mempersingkat waktu berikut panduan lengkap membudidayakan bunga dahlia.

1. Persiapan Media Tanam

Langkah pertama yaitu dengan menyiapkan media tanam. Seperti tanaman bunga lainnya anda bisa menggunakan media tanam utama pot atau polybag, meski saya sendiri menyarankan menggunakan media pot. Tentunya cara ini akan sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki lahan luas atau halaman rumah cukup.

Menanam bunga dahlia dalam pot sendiri memiliki keuntungan tersendiri, baik dari pengeluaran anggaran dan mempermudah pengontrolan saat anda melakukan perawatan. Siapkan pot berukuran sedang, di isi dengan media tanam, pasir, arang sekam dan pupuk kandang. Untuk perbandingan bahan pokok tersebut tergantung pada jenis mana yang akan anda tanam.

2. Persiapan Bibit

Untuk mendapatkan bibit berkualitas, ada beberapa cara, yaitu dengan menggunakan biji, batang, dan umbi (akar). Apabila anda ingin menggunakan biji sebagai bibit, maka anda harus melalui proses penyemaian terlebih dahulu seperti saat anda menanam bunga matahari.

Apabila ingin tidak ingin ribet, anda bisa membeli bibit jadi di toko tanaman hias terdekat. Pastikan bibit dalam keadaan segar dan tidak terserang hama dan penyakit. Jangan khawatir harga bibit bunga dahlia terbilang relatif murah ko, tentunya akan terbayar dengan keindahan serta kecantikan saat bunga dahlia mulai mekar.

3. Proses Penanaman

Setelah bibit bunga dahlia dan media tanam utama siap, langkah selanjutnya dalam menanam bunga dahlia adalah dengan memindahkan bibit. Buang plastik polybag apabila bibit yang anda beli menggunakan plastik polybag, cabut secara hati-hati agar akar tidak rusak apabila menggunakan pot kecil sebagai media semai.

Baca juga :

Buat lubang tanam dengan ukuran sesuai bibit yang kamu miliki, tutup kemabli sambil dipadatkan untuk menjaga tanaman tidak roboh baik karena angin maupun saat dilakukan penyiraman. Setelah pemindahan bibit selesai percikan air untuk menjaga kelembaban tanah. Manfaat lainnya guna mencukupi kebutuhan bibit baru anda beli.

4. Perawatan Dalam Menanam Bunga Dahlia

Perawatan tentunya dapat merangsang pertumbuhan serta pembungaan menjadi lebih maksimal. Perawatan meliputi :

  • Penyiramaan

Penyiraman dilakukan untuk menjaga supaya tanah tidak kering. Kontrol secara rutin tanah dalam pot, apabila terlalu kering sesegera mungkin percikan air secukupnya. Karena apabila media tanam terlalu basah maka dapat menyebabkan pembusukan pada bagian akar.

  • Pemupukan Susulan

Sebenarnya pemupukan ini dilakukan hanya apabila tanaman kekurangan nutrisi, biasanya apabila menggunakan media pot pemupukan susulan dapat anda lakukan setiap 1-2 bulan sekali. Apabila anda mendapati tanaman kurang subur anda bisa memberikan pupuk kandang sesuai dosis disekitar tanaman.

  • Pemangkasan

Pemangkasan bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan lebih maksimal. Pangkas beberapa daun saat bunga mulai tumbuh. Tahap ini bertujuan supaya nutrisi terfokus pada pertumbuhan bunga. Pemangkasan lainnya untuk mencegah serangan hama menyebar ke bagian lain, potong daun atau batang yang tidak produktif guna merangsang pertumbuhan cabang lebih banyak.

Manfaat Bunga Dahlia Untuk kesehatan

Selain digunakan sebagai tanaman hias bunga dahlia juga memiliki manfaat untuk kesehata. Tanpa basa basi berikut khasiat bunga dahlia bagi kesehatan.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan insulin pada bunga dahlia dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan begitu tubuh anda akab kebal dari berbagai penyakit baik disebabkan bakteri, maupun virus.

2. Menurunkan Tenakan Darah

Kandungan vitmain pada bunga dahlia dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dengan turunnya tekanan darah tentunya dapat terhindar dari penyakit hipertensi yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti stroke.

3. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Kandungan insulin pada bunga dahlia dapat mencegah pengeroposan baik pada gigi dan tulang, dengan gigi dan tulang kuat tentunya dapat mencegah berbagai penyakit dari kedua organ tersebut. Mengejutkan bukan, ternyata bunga dahlia juga bermanfaat bagi kesehatan kita, Untuk mengetahui manfaat lengkap bunga dahlia bisa anda klik disini

Sangat mudah bukan ?? Itulah ulasan dari kami mengenai cara menanam bunga dahlia serta beberapa manfaat bunga dahlia bagi kesehatan. Semoga ulasan diatas memberikan pengalaman baru dalam hidup anda.

Salam Hias Indonesia

 

Tinggalkan komentar