Sangat Mudah !!! 4 Cara Menanam Bunga Lavender

Menanam Bunga Lavender. Pada kesempatan ini ilmutanah.com akan mengulas panduan lengkap budidaya bunga levender dengan mudah dan benar. Warna bunga cerah nan cantik serta memiliki aroma wangi khas membuatnya banyak orang ingin membudidayakannya.

Untuk membudidayakan bunga ini terbilang mudah apabila anda menjalankan tahapan yang akan kami jelaskan. Selain sebagai pengharum ruangan karena wanginya, bunga ini juga berfungsi untuk mengurangi nyamuk karena nyamuk tidak suka dengan aroma ini.

Bunga lavender berasal dari bagian selatan laut tengah sampai afrika, dan bunga ini sangat cocok ditanam pada iklim tropis, sebab itulah jenis bunga ini sangat cocok ditanam di negara kita.

Jenis-jenis Bunga Lavender

Sebelum kita memasuki pokok pemabahasan menanam bunga lavender, berikut beberapa jenis lavender sebagai pertimbangan anda untuk membudidayakannya.

1. Lavandula Angustifolia

Bunga levender jenis ini berasal dari Italia, Spain, kroasia atau kawasan mediterania lainnya. Jenis ini memiliki ciri-ciri daun lebar sesuai dengan namanya, dengan warna hijau berukuran panjang 3-6 cm serta lebar, 5-8 mm.

Bunga lavender ini memiliki waran ungu pucat dan tangkai sepanjang 20-50 cm. tanaman jenis diatas biasanya berbunga pada bulan juni hingga september, tentunya waktu berbunga tergantung cuaca pada daerah anda.

2. Lavandula Lanuta

Bunga berasal daris spanyol bagian selatan ini memiliki warna ungu tua serta terdapat bulu halus atau rambut pada tangkai hingga ujung bunga. Bunga ini memiliki warna terlihat seperti perak karena bulu pada tangkai hingga ujung bunga tersebut.

3. Lavandula Dentata

Lavandula aromatik adala jenis bunga lavender ini dan berasal dari negara spanyol bagian timur, maroko dan aljazair.Tanaman ini dapat tumbuh tinggi sekitar 60 cm, daun berbentuk tombak dengan tepi bergerigi dan tekstur ringan seperti wol. Bunga lavender jenis ini memiliki warna ungu dan pada bagian ujung bunga berwarna ungu pucat.

4. Lavandula Stoechas

Bunga ini memiliki ciri, dapat tumbuh antara 30-100 cm, bahkan beberapa jenis ini dapat tumbuh hingga 2 m, daun memiliki ukuran 1-4 cm dan berwarna keabu-abuan.

Panjang tangkai bunga sekitar 10-30 cm, bunga ini selain memiliki warna ungu ada juga warna merah muda. Keunikan bunga ini bertambah dengan bagian ujung dapat mekar seperti bunga pda umumnya.

Menanam Bunga Lavender dalam Pot

Setelah kita mengetahui beberapa jenis dari bunga lavender, untuk mempersingkat waktu anda berikut panduan lengkap budidaya bunga lavender dengan benar.

1. Pemilihan Bibit Lavender

Sebelum anda memilih bibit sebaiknya anda cari tau kelebihan serta kelemahan pada bibit yang anda beli. Karena bunga lavender memiliki keunikan disetiap jenis bunga berbeda.

Pastikan juga anda memilih bibit berkualitas, tidak terdapat hama maupun jamur, serta belum memasuki masa expired. Semakin lama masa expired bibit maka semakin baik dan memiliki peluang tumbuh lebih besar.

2. Penyemaian Benih

Langkah kedua menanam bunga lavender adalah dengan melakukan proses penyemaian. Proses ini termasuk proses terpenting dalam budidaya, kebanyakan orang gagal dalam budidaya pada tahap proses penyemaian. Untuk menunjang keberhasilan simak penjelasan ini lebih seksama.

Media penyemaian bisa menggunakan polybag maupun pot berukuran kecil. Media tersebut diisi dengan campuran tanah, pupuk kompos maupun kandang (sekam padi) dan pasir. Perbandingannya bisa menggunakan 1:1:1. Masukan benih pada media semai, dan rawatlah dengan baik salah satunya menjaga kelembaban tanah agar tidak kering. Benih akan mulai tumbuh kecambah setidaknya setelah usia semai 1 bulan.

Setelah bibit tumbuh memiliki tinggi 15 cm anda bisa memindahkannya pada media tanam utama. Apabila kamu tidak ingin ribet, bisa membeli bibit di toko tanaman hias. Akan tetapi tetap memperhatikan kualitas. Beberapa ciri bibit berkualitas adalah, tidak terdapat serangan hama dan penyakit serta bibit terlihat segar dan subur.

3. Proses Pemindahan Bibit

Siapkan media tanam utama berupa pot dengan ukuran sedang, untuk isi media tanam sama seperti penjelasan diatas. Pindakan bibit dengan menyobek polybag apabila anda menggunakan polybag. Cabut dengan hati-hati agar akar bibit tidak rusak atau putus jika menggunakan media semai berupa pot kecil.

Buat lubang tanam ditengah dengan ukuran sesuai dengan besarnya bibit. Tutup sembari dipadatkan untuk menjaga bibit tidak roboh saat melakukan perawatan. Percikan air pada media tanam utama setelah pemindahan bibit selesai dilakukan. Simpan ditempat yang terkena sinar matahari langsung sekitar 6-8 jam setiap harinya.

4. Perawatan Tanaman Lavender

Langkah ke empat MENANAM BUNGA LAVENDER adalah dengan melakukan proses perawatan guna menunjang pertumbuhan serta pembungaan menjadi lebih baik. Perawatan dalam budidaya bunga lavender tidaklah rumit sama seperti merawat bunga mawar.

Penyiraman perlu anda lakukan secara rutin akan tetapi dilakukan secara bijak agar media tanam tidak terlalu basah. Media tanam terlalu basah dapat menyebabkan pembusukan pada akar tanaman.

Pemupukan juga perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman. Gunakan pupuk kandan untuk pemupukan susulan serta anda lakukan setiap sebulan sekali. Apabila anda ingin memetik bunga lavender nantinya gunakanlah pisau atau gunting tajam serta steril

Manfaat Bunga Lavender

Cara menanam Bunga Lavender

Selain membahas tentang panduan lengkap menanam bunga lavender, ilmutanah.com akan memberikan informasi tantang beberpa manfaat buat lavender. Berikut ulasannya :

1. Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat bunga lavender pertama andalah dapat meningkatkan kualitas tidur anda. Tentunya manfaat ini akan sangat cocok bagi yang sering mengalami insomnia atau tubuh sulit rileks yang mengakibatkan susah tidur.

Dengan menyemprotkan minyak esensial dari bunga lavender pada tempat tidur anda, dapat mengatasi permasalahan diatas. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes minyak lavender pada air bersih secukupnya kemudian semprotkan pada kamar anda. Wangi lavender dapat membuat anda rileks serta kualitas tidur makin baik.

2. Pewangi Kamar Mandi

Sering tidak betah di kamar mandi karena bau tak sedap ????  bunga lavender dapat menjadi solusi buat anda yaitu dengan memanfaatkan tetesan minyak lavender pada tisu kamar mandi untuk menghilangkan bau tak sedap.

3. Membuat Pakaian Wangi

Salah satu cara alami membuat pakaian wangi alami lavender adalah dengan meneteskan minyak esensial lavender sebanyak 10-15 tetes pada saat anda mencuci baju.

4. Dapat mengusir serangga

Manfaat lavender selanjutnya adalah dapat menghilangkan gangguan serangga terutama nyamuk, seperti yang sudah kami singgung diatas, nyamuk tidak suka wangi lavender, teteskan beberapa minyak lavender pada air secukupnya kemudian semprotkan pada ruangan kamar terutama tempat tidur untuk mengusir nyamuk.

5. Anti Bakteri

Bakteri seringkali menimbulkan bau tidak sedap baik akibat keringat atau lainnya, semprotkan pada bagian yang sering dunakan bakteri untuk berkumpul seperti sepatu dan beberapa model sandal.

Cara membuatnya yaitu, teteskan minyak lavender dengan air secukupnya kemudian semprotkan pada bagian diatas.

Itulah ulasan dari kami, mengenai panduan lengkap menanam bunga lavender serta beberapa jenis dan manfaat bunga lavender buat kehidupan kita. Semoga ulasan diatas memberikan informasi dan wawasan positif buat anda.

Salam Hias dan sehat untuk anda dan keluarga

 

Leave a Comment