3 Panduan Menanam Bunga Mawar agar Cepat Berbunga Lebat

Menanam bunga mawar. Ulasan kali ini mungkin akan sesuai buat anda yang sedang mencari informasi cara budidaya bunga mawar yang baik.

Bunga mawar yang memiliki  kesan keromantisan dimana bunga ini sering digunakan kaum muda untuk simbol kasih sayang mereka. Dengan keindahan warna serta harum bunga mawar membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakannya.

Secara ilmiah bunga mawar merupakan salah satu jenis tumbuhan semak dari genus rosa. Bunga mawar di indonesia mudah sekali untuk kita jumpai dan kurang lebih ada 100 jenis bunga mawar mulai dari warna , ukuran bentuk dari bunga mawar itu sendiri .

Bunga ini kebanyakan berasal dari belanda yaitu jenis hybrid tea dan mdium. nah pasti semakin penasaran kan, cara untuk menanam bunga mawar. Simak penjelasan dibawah ini.

Menanam Bunga Mawar Dalam Pot

Budidaya bunga mawar dalam pot tentunya akan memudahkan anda dalam tahap pengontrolan dan perawatan. Manfaat lain tentunya semakin mempercantik dan tambah sejuk halaman atau ruangan anda. Demi mempersingkat waktu berikut tahapan menanam bunga mawar dalam pot dengan benar.

1. Proses Persiapan Bibit dan Penyemaian

Langkah pertama yaitu memilih bibit bunga mawar unggul, untuk mempersingkat waktu,kamu bisa membeli bibit berkualitas di toko tanaman hias. ciri-ciri bibit bunga mawar unggul sebagai berikut.

  • Bibit tidak layu dan terlihat segar
  • Tidak terserang hama dan penyakit
  • Ukuran bibit tidak terlalu tua

Cara kedua mendapatkan bibit mawar adalah dengan metode stek batang, simak penjelasan selanjutnya tentang bagaimana cara stek batang mawar.

Persiapan Alat dan Bahan :

  • Siapkan pisau tajam dan steril
  • Siapkan pot atau polybag
  • Media semai berupa campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1:2

Setelah persiapan alat dan bahan siap, potong batang tanaman mawar sehat sepanjang 10 cm menggunakan pisau. Tanam pada media semai dengan membuat lubang persis ditengah sedalam 3-4 cm. Pastikan media semai telah anda siapkan 15 hari sebelum digunakan.

Tutup dan sambil padatkan batang stek yang sudah anda tanam, percikan air untuk menjaga tanah tidak kering.Simpan pada tempat teduh, tidak terkena air hujan dan terik matahari. Anda bisa mencelupkan kedalam air bercampur zat penumbuh akar sebelum bibit anda tanam pada media semai guna merangsang pertumbuhan akar.

2 Proses Pemindahan Bibit

Langkah kedua menanam bunga mawar adalah pemindahan bibit dari media semai kemedia tanam utama. Sebelum langkah tersebut kamu lakukan, pastikan anda menyiapkan media tanam utama berupa pot berukuran sedang. Isi dasar media pot menggunakan pecahan genteng demi memperlancar drainase.

Tahap selanjutnya isi media tanam berupa tanah, pasir dan pupuk kandang, diatas pecahan genteng sampai setengah pot. Pindahkan bibit yang sudah tumbuh dengan cara mencabutnya hati-hati agar akar tanaman tidak rusak. Masukan pas ditengah media tanam utama, kemudian tambahkan lagi campuran tanah diatas sampai pot terisi penuh. Tekan untuk memadatkan campuran tanah agar tanaman tidak mudah roboh, simpan pada tempat terkena sinar matahari selama 1 minggu. Setelah itu anda bisa memindahkan pada tempat terkena sinar matahari penuh.

3. Perawatan Budidaya Bunga Mawar

Perawatan yang baik tentunya akan memaksimalkan pertumbuhan serta merangsang tumbuh bunga menjadi lebat. Berikut cara perawatan yang baik saat anda menanam bunga mawar.

  • Penyiraman

Pengecekan tanaman terhadap kelembaban media tanam harus rutin anda lakukan, siram tanaman apabila tanah terlalu kering secukupnya. Pada musim hujan tiba pastikan drainase media tanam berlancar agar tidak terjadi genangan air yang dapat menyebabkan terjadi pembusukan pada akar tanaman.

  • Pemupukan susulan

Pemupukan susulan untuk merangsang pertumbuhan serta pembungaan lebih optimal. Berikan pupuk kandang tatkala anda mendapati tanaman kurang subur. Kamu bisa menaburkan pupuk kandang disekitar batang mawar.

Pupuk lainnya dapat anda lakukan dengan menggunkan NPK dengan dosis 1 sendok makan dicampur air sebanyak 35 liter air, kocorkan panda media tanam utama setiap 15-20 hari sekali.

  • Pemangkasan

Pangkaslah beberapa daun saat tanaman mulai berbunga, hal itu bertujuan untuk memaksimalkan perkembangan bunga menjadi lebih berkualitas. Pemangkasan juga dilakukan apabila terdapat ranting terkena penyakit supaya tidak menyebar ke tanaman lain. Terahir potong batang tidak produktif dengan menyisakan 3-5 cm dari pangkal ranting bertujuan untuk merangsang serta memperbanyak tunas.

Baca juga :

Selain sebagai tanaman hias, bunga mawar juga memiliki nilai ekonomi, setelah bunga mawar mekar sempurna anda bisa memanennya dengan memetik bunga mawar kemudian anda jual dipasar. Beberapa tahun belakang saya mendapati bunga mawar yang dikemas dalam plastik 1kg dihargai 20-25 ribu rupiah, tentunya nilai tersebut lumayan untuk membeli bahan bumbu dapur.

itulah ulasan dari kami tentang panduan lengkap menanam bunga mawar agar berbunga dengan lebat. Semoga ulasan diatas memberikan informasi bermanfaat untuk anda.

Salam Hias Indonesia

Leave a Comment