5 Tips Menanam Bunga Melati Dalam Pot dengan Benar

Menanam Bunga Melati. Pada pemabahasan kali ini ilmutanah.com akan mengulas tentang bagaimana cara membudidayakan bunga melati dengan benar. Berkat keindahan serta wangi bunga melati, banyak masyarakat pecinta tanaman hias membudidayakannya. Selain di gunakan sebagai tanaman hias, bunga melati juga sering di manfaatkan untuk campuran teh supaya lebih harum. Tidak jarang pula jenis bunga ini di olah menajadi bahan dasar minyak wangi.

Jenis-Jenis Bunga Melati

Sebelum kita memasuki pokok inti pembahasan menanam bunga melati, alangkah baiknya anda mengetahui Varietas bunga melati sebagai pilihan melati mana yang akan kita budidayakan. Berikut jenis-jenis kembang melati sebagai pedoman sebelum anda membudidyakannya :

  • Jasimun Elongatum

Bunga melati ini biasanya dapat tumbuh hingga 1-7 m, memiliki ciri-ciri bunga berbentuk oval. Bunga ini tersusun berpasangan di setiap tangkainya. Ciri lain dari varietas ini adalah memiliki kelopak bunga sekitar 6-8.

  • Melati Primrose

Jenis bunga melati ini memiliki warna kunig yang cantik serta wangi, tanaman ini dapat tumbuh mencapai 3 m.

  • Jasminum Multiflorum

Bunga ini sering disebut dengan melati berbulu lebat, di negara india varietas tersebut sering digunakan pada acara penting seperti pernikahan.

  • Jasminum Rex

Bunga melati jenis ini biasanya tumbuh pada musim semi dan dingin dan memiliki ciri daun yang lebar, bunga ini berasal dari negara Thailand.

Menanam Bunga Melati Dalam Pot

Membudidayakan bunga melati dapat juga menggunakan skala kecil, salah satunya yaitu dalam pot. Menanam bunga melati dalam pot tentunya dapat mempermudah serta menghemat biaya yang akan kita keluarkan. Berikut langkah-langkahnya :

1. Pemilihan Bibit dengan Stek Batang

Langkah pertama dalam menanam bunga melati yaitu pilihlah indukan bunga melati sehat serta tidak terserang hama dan penyakit. Pilihlah batang berukuran sedang, Potong batang dengan ukuran 10-15 cm.

2. Persiapan media semai

Setelah anda memiliki bibit berkualitas, langkah selanjutnya adalah menyiapkan media semai menggunakan polybag atau pot berukuran kecil. Isi media semai menggunakan campuran tanah pupuk dan pasir, perbandingan ketiganya kurang lebih 2:1:1. Apabila media semai sudah siap, tanam bibit stek kemudian, Rawatlah media semai sampai bibit stek mulai tumbuh tunas sebelum dipindahkan ke media utama.

3. Pemindahan Bibit Bunga Melati

Langkah ketiga yaitu memindahkan bibit ke media pot apabila sudah tumbuh tunas. Sebelum itu siapkan pot berukuran sedang, masukan campuran tanah, pupuk organik dan pasir. Dosis ketiganya sama seperti langkah penyemaian. percikan air untuk menjaga kelembaban tanah agar tidak kering.

Baca juga :

Tahap selanjutnya yaitu memindahkan bibit dengan cara mencabutnya langsung. Dalam proses pencabutan diharapkan anda lakukan dengan hati-hati supaya akar tidak putus. Siram menggunakan air terlebih dahulu untuk mempermudah proses tersebut.

Masukan bibit bunga melati dengan kedalaman sekitar 5-7 cm, kemudian tutup dan padatkan tanah supaya tidak mudah roboh. Percikan air kembali supaya kandungan tanah tetap lembab.

5. Cara Perawatan Bunga Melati

Perawatan yang baik saat menanam bunga melati tentunya dapat merangsang pertumbuhan tunas dan bunga lebih banyak. Lakukan Penyiraman setiap pagi dan sore hari secara rutin. Selain itu berikan pupuk susulan setiap 1 bulan sekali untuk merangsang pertumbuhan tunas dan bunga lebih cepat.

Selain pemupukan susulan, pemangkasan juga bermanfaat untuk memperbanyak tunas serta bunga. Pangkas tunas yang kurang produk dalam pembungaan dan terdapat penyakit pada tanaman.

Tips Menanam Bunga Melati

Sebagai tambahan informasi buat anda, berikut tips membudidayakan bunga melati :

  • Tanaman kembang melati dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan curah hujan 112-119 mm/bulan.
  • Daerah terbaik untuk menanam bunga melati adalah tempat yang memiliki suhu 28-36º C waktu siang dan 24-30º C saat malam hari.
  • Tempat dengan kelembaban udara kurang lebih 50-80 %.
  • Tempat dengan pencahayaan sinar matahari cukup setiap harinya.
  • Media tanam memiliki keasaman atau kandungan PH tanah sekitar 5-7.
  • bunga melati dapat tumbuh maksimal pada daerah dengan ketinggian sekitar 10-1600 MDPL.

Itulah ulasan dari kami tentang bagaimana cara menanam bunga melati dengan mudah. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi yang positif buat anda.

Salam Hias buat anda dan keluarga anda.

Leave a Comment