Panduan Lengkap Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Menanam Bunga Wijaya Kusuma. Bunga ini memliki keunikan tersendiri, dimana bunga ini hanya mekar pada waktu malam hari. Tidak heran apabila bunga wijaya kusuma mendapatkan julukan sang ratu malam. Selain karena keunikannya bunga ini juga memiliki aroma yang khas membuat orang penasaran ingin membudidayakannya.

Jenis Bunga Wijaya Kusuma

Sebelum memasuki inti pembahasan menanam bunga wijaya kusuma, dengan mengetahui jenis bunga diatas tentunya dapat mempermudah anda dalam menentukan pilihan bunga jenis mana yang akan anda tanam. Berikut ulasannya :

1. Epiphyllum Pumilum

Bunga wijaya satu ini memiliki cir-ciri waran putih agak kekuning-kuningan, mempunyai batang dengan bentuk silinder, dapat tumbuh sekitar 80-150 cm dan memiliki diameter 10-15 cm.

2. Ephyiphyllum Crenatum

Dengan daun berwarna hijau keabu-abuan, bunga berwarna putih dengan panjang sekitar 18-29 cm serta memiliki diameter 15-20 cm, dan memiliki aroma harum itulah ciri-ciri bunga wijaya kusuma jenis ini.

3. Epiphyllum Laui

Bunga ini memiliki diamter 14-16 cm, dapat tumbuh mencapai 30-50 cm serta memiliki panjang sekitar 15 cm, bunga ini berasal dari meksiko. Jenis bunga ini memiliki keunikan tersendiri dimana daunnya berliku tetapi tidak tanam, memiliki panjang 6-7 cm.

Menanam Bunga Wijaya Kusuma dalam Pot

Setelah mengetahui beberapa jenis bunga wijaya kusuma, berikut tahapan serta panduang lengkap budidaya bunga wijaya kusuma.

1. Pembibitan

Proses awal budidya bunga wijaya kusuma adalah dengan pemilihan bibit, cara pertama adalah dengan metode pemisahan rumpun bibit dari rumpun akar. Pisahkan bibit dengan memilih dari tanaman induk berkualitas.

Supaya indukan dapat berkembang biak, indukan berkualitas bisa anda lihat dari bentuk indukan yang subur serta memiliki tinggi cukup atau anda bisa membelinya dengan klik disini

2. Persiapan Media Tanam

Panduan menanam bunga wijaya kusuma kedua adalah dengan memilih media tanam yang tepat. Salah satunya yaitu dengan menyiapkan pot berdiameter 15-30 cm (berukuran sedang ). Isi media tanam tersebut dengan menggunakan tanah, arang sekam, dan pupuk orgnaik, perbandingan ketiganya yaitu 1:1:1.

Campur hingga merata 3 komponen utama tersbut, setelah itu masukan kedalam pot yang sudah anda siapkan. Diamkan media tanam utama selama 24 jam, percikan air terlebih dahulu untuk menjaga kelemaban tanah agar tidak terlalu kering.

3. Proses Penanaman Bibit

Setelah anda menembukan bibit bunga wijaya kusuma yang berkualitas serta media tanam utama siap, langkah selanjutnya adalah proses penanaman. Buat lubang tanam persis ditengah pot sedalam 5 cm atau menyesuaikan besarnya bibit.

Tutup kembali dengan campuran tanah, sambil dipadatkan agar tanaman tidak mudah roboh saat anda melakukan penyiraman dalam proses perawatan. Siram menggunakan air bersih untuk menjaga tanah tidak terlalu kering.

4. Perawatan Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Dengan perawatan tepat dapat merangsang pertumbuhan serta pembungaan menjadi lebih berkualitas. Berikut panduan lengkap perawatan dalam budidaya bunga wijaya kusuma :

  • Penyiraman

Penyiraman disini berbeda saat budidaya bunga anggrek, penyiraman dilakukan hanya saat tanah terlihat kering dan pengecekan rutin harus selalu anda lakukan.

  • Pemupukan Susulan

Pemupukan bisa dengan menggunakan pupuk kandang maupun pupuk kompos, selain itu anda juga memberikan pupuk NPK untuk merangsang pembungaan menjadi lebih baik. Pemupukan susulan sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 2 bulan sekali.

Menaman Bunga Wijaya Kusuma dengn Stek

Setelah kita mengetahui teknik budidaya bunga wijaya kusuma dengan teknik seperti umunya, menanam bunga wijaya kusuma juga dapat anda lakukan dengan menggunakan metode stek batang. Berikut Panduannya.

 Pemilihan Bibit Hingga Penanaman

Pilihlah daun wijaya kusuma yang sehat, segar, berwarna hijau terang dan terhindar dari hama dan penyakit. Setelah menemukan indukan dengan kriteria tersebut potong menggunakan gunting atau pisau steril. Proses pemotongan dilakukan secara rata (lurus) berukuran sebesar 5 cm.

Setelah itu oleskan hormon penumbuh akar, pada pangkal daun yang anda potong. Simpan ditempat teduh selama 7-10 hari agar daun kaku tetapi tidak kering.

Selanjutnya siapkan media tanam berupa pot berukuran sedang. Isi media pot dengan campuran tanah, pasir, humus dan pupuk kandang. Perbandingan ketinganya yaitu 3:2:1:1, masukan bibit daun yang sudah anda simpan selama 7 hari sedalam 5 cm dan sisakan sedikit daunnya diatas permuakaan media tanam utama.

Untuk teknik perawatan baik penyiraman dan pemupukan bisa anda baca pada ulasan pertama. Itulah ulasan dari saya mengenai panduan lengkap menanam bunga wijaya kusuma dengan benar agar cepat berbunga dengan lebat.

 

 

 

Tinggalkan komentar