6 Tips Menanam Daun Bawang Hidroponik dengan Benar

Menanam daun bawang. Selamat datang di situs kami semgoga kesehatan dan kesejahteraan selalu ada dalam keluarga anda. Kali ini ilmu tanah akan memberikan informasi tentang tips menanam daun bawah dengan baik.

Menanam daun bawang sendiri dapat dilakukan pada media pot polybag atau dengan cara terkini yaitu dengan cara hidroponik. Semua bisa anda lakukan jika anda mau mempelajrinya dengan baik.

Daun bawang sendiri merupakan jenis bumbu dapur utama disetiap makanan. Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui lebih jelas bagaimana cara menanam daun bawang dengan baik.

Cara menanam Daun Bawang Hidroponik

6 Tips Menanam Daun Bawang Hidroponik dengan Benar

Menanam daun bawang hidroponik tentunya pilihan terbaik buat anda yang tidak memiliki lahan yang luas. Dimana anda bisa menanamnya di sekitar halaman anda. Baik bertujuan untuk bisnis kecil anda ataupun sebagai penyejuk halaman rumah anda dengan tanaman.

Disamping efisien lahan, menanam daun bawang hidroponik tentunya akan mempermudah anda dalam hal pencegahan atau pengendalian hama serta penyakit. nilai tambahan membudidayakan daun bawang hidroponik yaitu hasil tanaman yang lebih segar serta lebih higienis.

Berikut ulasan tips menanam daun bawang dengan hidroponik :

1.Media hidroponik

Langkah pertama tentunya menentukan media tanam, sesuai namanya menanam hidroponik berarti kita tidak menggunakan tanah melainkan dengan menggunakan arang sekam, serbuk kayu, pasir dan air.

Kemudian bahan yang perlu anda siapkan antaralain, air jernih, kerikil, serta gelas dan pasir. Setelah bahan selesai anda siapkan. langkah selanjutnya yaitu masukan air sebanyak 1/5 gelas, kemudian masukan kerikil terlebih dahulu dan pasir diatasnya sampai 1/8 gelas.

Anda bisa menggunakan botol bekas minuman atau benda yang terdapat dirumah anda. Penggunaan gelas bertujuan untuk mempercantik tampilan jika anda bertujuan untuk menjadikan tanaman hias.

2.Menyiap bibit daun bawang

Langkah kedua menanam daun bawang hidroponik yaitu dengan memilih bibit berkualitas. Hal itu bertujuan untuk menunjang pertumbuhan tanaman lebih baik dan optimal. Anda bisa mendapatkan bibit berualitas di toko biasa anda membeli sayuran. Asalkan daun bawang memiliki warna yang segar serta terbebas dari serangan penyakit atau hama.

Bibit daun bawang yang baik juga memiliki akar, karena dapat mempermudah proses pertumbuhan dibandingkan dengan daun bawang yang sedikit memiliki akar.

Setelah anda mendapatkan daun bawang yang berkualitas, siram menggunakan air untuk menjaga kelembaban daun bawang. selanjutnya potong  bagian atas kurang lebih bibit berukuran 12-15 cm.

3.Pemberian nutrisi

Pemberian nutrisi tentunya memikiki tujuan agar tanaman dapar tumbuh dengan baik serta subur. Pemberian nutri yang baik pada metode hidroponik yaitu menggunakan pupuk organi seperti ZPT dan pupuk organik cair. Disamping praktis pupuk tersebut tidak akan membuat air tanaman menjadi keruh.

Pemberian nutiri dengan benar yaitu :

  • Sipakan pupuk ZPT auxin dan pupuk organik cair
  • Campurakan ZPT auxin 1 tetes/gelas dan 2-3 cc /gelas
  • Aduk sampai merata dengan hati-hati agar pasir tidak menyebar.

4.Cara menanam daun bawang hidroponik

Proses penanaman daun bawang hidroponik dengan media gelas sangatlah mudah. Anda tinggal memasukannya bibit yang sudah disiapkan sebelumnya kedalam gelas. Pastikan air yang terdapat pada media tanam tidak tumpah.

Batas penanaman daun bawang putih dengan hidroponik yaitu sampai pangkal daun bawang yang berwarna putih. Setelah itu simpan tanaman pada tempat yang terkena sinar matahari langsung untuk memperlancar pertumbuhan.

5.Perawatan Menanam Daun Bawang

Seperti kita menanam jagung manis, menanam daun bawang juga memerlukan perawatan yang baik agar tanaman dapat tumbuh dengan sehat serta subur. Berikut cara perawatan tanaman daun bawang dengan metode hidroponik :

  • Pemupukan

Pemupukan dilakukan setiap satu minggu sekali menggunakan ZPT auxin dan pupuk cair sama seperti saat membuat nutrisi pada media tanaman. Hal itu bertujuan untuk menjaga pertumbuhan tanaman agar tetap sehat.

  • Pemangkasan

Sama seperti menanam sawi pemangkasan tanaman daun bawang juga diperlukan supaya saat daun bawang terkena penyakit tidak menyebar ke tanaman lain.

  • Penanggulangan hama dan penyakit

Keunggulan menanam daun bawang hidroponik salah satunya tidak mudah terkena serangan hama, tidak seperti saat anda menanam di lahan yang luas. Anda cukup melakukanya secara manual yaitu dengan mengusir hama. Atau dengan sedikit menyemprotkan pestisida sesuai dosis.

Apabila tanaman terkena jamur serta bakteri anda bisa melakukan pencegahan dini dengan mencampurkan cairan fungisida pada media tanam sesuai aturan.

6.Pemanenan daun bawang

Pemanenan daun bawang bisa anda lakukan setelah usia tanam 2 bulan. Dalam pemanenan ini anda bisa memanfaatkan akarnya untuk dijadikan bibit kembali, dengan memotong kurang lebih 15 cm dari akar.

Tips Sukses Budidaya Daun Bawang

  • Gunakan selalu air bersih untuk media tanam
  • Jika anda memiliki modal lebih untuk menaman daun bawang hidroponik berkapasitas besar tidak usah memkai pasir ataupun kerikil.
  • Disarankan tidak menggunakan pupuk NPK, ZA dan SP karna terlalu banyak mengandung bahan kimia. Hal itu dapat mempengaruhi warna serta daun bawang.

Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

Setelah kita mengetahui cara menanam daun bawang hidroponik, selain bermanfaat untuk menyedapkan makanan daun bawang juga memiliki manfaat buat kesehatan.

  • Sumber zat besi

Kandungan zat besi yang terkandung pada daun bawang bermanfaat meningkatkan jaringan tubuh, meningkatkan kesehatan hemoglobin dan untuk menjaga kesehata sel sel darah merah.

  • Tinggi kalium

Daun bawang merupakan salah satu bumbu masak yang memiliki kandungan kalium tinggi. Kalium berfungsi untuk mengurangi masalah jantung, mencegah kram otot serta mengatur kadar cairan dalam tubuh.

  • Menjegah inveksi

Manfaat daun bawang selanjutnya yaitu mencegah terjadinya infeksi. Hal itu dikarenakan daun bawang memiliki sifat anti bakteri, anti jamur dan anti virus.

  • Mencegah diabetes

Kandungan rendah kalori yang terdapat pada daun bawang dapat mencegah dari penyakit diabetes.

 

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam daun bawang secara hidroponik. Semoga memberikan tambahan informasi buat anda.

Salam sejahtera untuk anda dan keluarga anda.

 

 

 

 

 

Leave a Comment