6 Tips Menanam Daun Binahong Bagi Pemula dengan Mudah

Menanam daun binahong dengan mudah. Pada kesempatan ini ilmu tanah akan mengulas bagaimana cara menanam daun binahong dengan benar. Daun binahong adalah jenis tanaman yang merambat, dan sering dimanfaatkan sebagai obat alami sejak dulu.

Hampir semua bagian tanaman binahong dapat dimanfaatkan, baik akar, daun dan batang. Hasil dari extrakan tanaman binahong juga banyak dijual di apotek. Dengan manfaat luar biasa pada daun binahong membuat harga jenis tanaman ini relatif tinggi.

Syatat Tumbuh Daun Binahong

Sebelum kita memasuki inti pembahasan mengenai cara menanam daun binahong hal penting yang harus anda ketahui yaitu syarat tumbuh membudidayakan daun binahong.

  • Dekat dengan air untuk mempermudah penyiraman
  • Tanah gembur serta banyak mengandung unsur hara ( subur )
  • Intensitas cahaya matahari sekitar 5 jam / hari
  • Keasaman tanah atau kandungan ph tanah kurang lebih 5,5-7

Itulah ciri-ciri lahan atau tempat yang baik untuk menanam daun binahong, dengan tempat seperti spesifiasi di atas tentunya dapat menunjang pertumbuhan menjadi lebih baik.

Cara Menanam Daun Binahong Dalam Pot

Menanam daun binahong dalam pot tentunya memiliki keuntungan tersendiri. Baik dari biaya perawatan dan dapat menjadikan halaman rumah anda terlihat sejuk. Selain itu dapat menjaga kesehatan keluarga anda dari berbagai penyakit dengan mengkonsumsi daun binahong. Berikut tahapan-tahapan menanam daun binahong di halaman rumah :

1. Pemilihan Bibit Binahong

Langkah pertama menanam daun binahong yaitu dengan memilih bibit berkualitas, dalam tahap ini terdapat dua cara yaitu dengan generatif ( dari biji) dan vegetatif ( stek batang ). Berikut ulasan dari ke dua cara tersebut :

  • Pemilihan Bibit dari Biji

Pemilihan biji berkualitas tentunya dapat anda beli di toko pertanian terdekat rumah anda. Atau anda bisa mengambil biji dari tanaman yang sudah anda miliki sebelumnya. Buah binahong yang terbaik untuk dijadikan bibit yaitu dengan biji berwarna hitam ( sudah tua ).

Setelah anda mendapatkannya rendam biji dengan menggunakan air hangat selama satu malam. Tambahkan juga tumbukan bawang merah halus kedalam media rendam sebagai zat pengatur tumbuh alami. Setelah perendaman selesai anda lakukan, tiriskan sampai biji benar benar kering. Langkah selanjutnya yaitu penyemaian. Berikut tahapan penyemaian bibit.

  1. Untuk media semai bisa anda menggunakan kertas tisu yang sudah dibasahi.
  2. Letakan biji binahong di atasnya kemudia tutup kembali menggunakan tisu.
  3. Penrcikan air pada media semai kemudian masukan pada box plastik kemudian tutup rapat.
  4. Pindahkan bibit ke media semai polybag dengan isi tanah dan pupuk dengan perbandingan 2:1.
  • Pemilihan Bibit dengan Stek Batang

Pada metode ini hal yang paling penting adalah stek berasal dari indukan sehat serta tidak terserang penyakit. Setelah anda menemukan bibit unggul, potong beberapa batang pohon daun binahong kemudian tancamkan pada media semai polybag seperti diatas.

2. Persiapan media tanam

Tahap kedua menanam daun binahong dalam pot yaitu menyiapkan media tanam. Beli pot dengan ukuran selera anda. Pastikan bagian bawah pot memiliki lubang agar tidak terjadi genangan saat melakukan penyiraman. Isi media pot dengan tanah bercampur kompos atau pupuk kandang halus dengan perbandingan 2:1.

Setelah media tanam siap buatlah lubang dengan kedalaman 5-7 cm atau dengan menyesuaikan besarnya bibit yang anda miliki. Jika anda menanam bibit dari biji pindahkan bibit yang sudah memiliki 3-4 tangkai daun, cabut dengan hati-hati agar akar tidak rusak.

Apabila anda menggunakan stek batang anda bisa memindahkan bibit apabila terdapat beberapa tunas yang mulai tumbuh. Buang terlebih dahulu plastik polybag kemudian tanam dan tutup kembali dengan tanah sambil dipadatkan baik dari biji maupun stek batang.

3. Pemberian Ajir

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, tanaman binahong adalah jenis tanaman merambat yang tentunya membutuhkan media perambat. Anda bisa membuat atapan dari bambu yang di ikat saling terhubung menggunakan tali rafia. Pastikan media rambatan atau penempatan tidak tertutup oleh tanaman lain.

4. Perawatan Tanaman Daun Binahong

Agar proses pertumbuhan berjalan sempurna dan optimal tentunya butuh perawatan intens, berikut cara perawatan saat anda menanam daun binahong.

  • Penyiraman

Penyiraman bisa anda lakukan setiap seminggu sekali atau saat anda melihat media tanah terlalu kering. Pastikan pula saat penyiraman tidak terlalu basah untuk menjaga terjadinya pembusukan pada akar.

  • Penyulaman

Lakukan langkah ini tuju hari setelah tanam, apabila terdapat bibit terjadi penghambatan dalam proses pertumbuhan atau bahkan mati.

  • Pemupukan susulan

Keuntungan menanam daun binahong dalam pot salah satunya yaitu dalam proses pemupukan susulan yang lebih hemat serta anda cukup memberikan pupuk kompos atau pupuk kandang.

sebagai informasi tidak salahnya apabila anda menanam dalam jumlah besar anda bisa memberikan NPK 15-15-15 dengan dosis 1 gelas untuk 40 liter air, berikan pupuk tersbut dengan jarak 10 cm dari batang utama. Pemberian pupuk susulan sebaiknya saat tanaman mulai merambat.

5. Penanggulangan Hama dan Penyakit

Keuntungan lain menanam daun binahong yaitu lebih tahan terhadap serangan jamur. Hama yang sering menyerang daun binahong antara lain, ulat, kutu daun dan ulat akar. Untuk pengdalian hama pada tanaman binahong sebaiknya tidak menggunakan bahan kimia.

Baca juga :

Apabila serangan hama terlalu parah atau berlebihan anda bisa menggunakan cara alami yaitu dengan menggunakan perasan air tembakau. Manfaat pengendalian hama secara alami tentu akan menjadikan daun binahong lebih sehat jika akan digunakan sebagai obat.

6. Pemanenan Daun Binahong

Pemanenan daun binahong dapat anda lakukan setelah usia tanam memasuki sekitar 6 bulan setelah tanam. Petik daun binahong yang berukuran sedang dan tidak pula terlalu tua, setelah itu tinggal proses pengeringan dengan menjemur di bawah terik matahari. Kemas daun binahong dengan rapi untuk mempermudah dalam penjualan. Biasanya dalam satu kilo gram daun binahong dihargai kurang lebih 30 ribu rupiah.

Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

6 Tips Menanam Daun Binahong Bagi Pemula dengan Mudah

Setelah kita mengetahui bagaimana cara menanam daun bianahong dengan mudah. Berikut manfaat yang akan kita dapatkan apabila rutin mengkonsumsi daun binahong pada kesehatan tubuh kita :

1. Dapat Mengatasi Diabetes

Diabetes umumnya disebabkan karena terjadi masalah kadar gula dalam darah. Jenis penyakit ini sering menjadi momok bagi masyrakat karena sering menyebabkan kematian walaupun presentasinya masih sedikit. Dengan mengkonsumsi daun binahong dapat membantu mengontrol gula darah.

2. Dapat Mengatasi Kolesterol Tinggi

Kandungan alkali pada daun binahong dapat membantu mengatasi kolesterol tinggi pada tubuh, makanlah daun binahong secara rutin untuk mendapatkan manfaat tersebut.

3. Dapat Mengatasi Asma dan Sesak Nafas

Kandungan aktif pada daun binahong dapat membantu membersihkan kotoran pada saluran pernafasan yang dapat menyebabkan sesak nafas atau biasa disebut dengan penyakit asma. Manfaat lain dari daun ini yaitu dapat mengatasi infeksi pada saluran pernapasan.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam daun binahong serta beberapa  manfaat daun binahong bagi kesehatan. Semoga ulasan kali ini memberikan manfaat serta informasi buat anda.

Salam hangat buat anda dan keluarga anda.

 

 

 

 

 

Leave a Comment