10 Sayuran yang Tepat untuk Menanam di Musim Hujan

Menanam di musim hujan. Kembali lagi bersama kami ilmutanah.com, pembahasan kali ini tentunya akan bermanfaat. Dimana kita tahu musim hujan Di Indonesia terjadi pada bulan 0ktober-maret. Sebagai petani tentunya menanam di musim hujan perlu pertimbangan khusus agar panen nantinya tetap menguntungkan.

Dimana kita tau, meskipun tumbuhan atau tanaman sangat membutuhkan air. Akan tetapi apabila kandungan air berlebih justru akan menyebabkan tanaman mati. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui sayur daun dan sayur buah yang cocok di tanam pada musim hujan :

Menanam di Musim hujan Jenis Sayur Daun

Berikut beberapa sayuran yang cocok untuk di tanam pada musim hujan, diantaranya :

1. Sayuran Genjer

Pertama, sayuran genjer. Sayuran ini pasti akan sangat cocok jika menanamnya di musim hujan. Karena  habitat awal tanaman genjer berada di air, tentunya akan sangat mudah beradaptasi pada musim hujan.

2. Sayuran Kangkung

Sayuran kangkung dapat tumbuh baik pada dataran rendah dan memiliki kandungan kelembaban cukup tinggi. Bahkan beberapa vaireatas tanaman kangkung dapat bertahan hidup di perairan.

3. Sawi Putih

menanam sayuran di musim hujan selanjutnya adalah menanam sawi. Mekipun pada dasarnya budidaya sawi di tanah kering, akan tetapi sayuran ini mampu bertahan di musim hujan. Keuntunungan lainnya sayuran ini mudah untuk di tanam baik dalam perawatan dan pembibitan.

4. Selada

Selada sangat baik beradaptasi dalam musim hujan, tentunya itu memberikan keuntungan buat kita. Disamping harganya cukup tinggi, selada juga dapat di tanam sepanjang taun.

5. Daun Bawang

Demi pertumbuhan maksimal, menanam daun bawang membutuhkan pasokan air banyak. Membudidayakan sayuran ini pada musim hujan tentunya akan sangat cocok.

6. Sayur Bayam

Budidaya sayur bayam di musim hujan akan sangat baik dalam proses pertumbuhan, selain itu akan mudah dalam pengontrolan terutama kebutuhan air.

Menanam di Musim Hujan Jenis Sayur Buah

Setelah mengetahui beberapa sayuran yang cocok di musim hujan, pembahasan selanjutnya yaitu membudidayakan sayur buah yang cocok di musim hujan :

1. Buncis

Menanam buncis dalam kelembaban tinggi justru akan meningkatkan presentase pertumbuhan lebih tinggi. Dengan begitu budidaya buncis di musim hujan akan sangat cocok.

2. Pare

Banyaknya kandungan air pada suatu daerah sangat membantu dalam proses pertumbuhan tanaman pare. Sayur buah pare menjadi salah satu pilihan tepat saat musim penghujang datang.

3. Kara

Meskipun tidak setenar tanaman lain, namun menanam sayur buah kara akan sangat cocok ditanam pada musim hujan.

4. Kacang Panjang

10 Sayuran yang Tepat untuk Menanam di Musim Hujan

Menanam kacang panjang juga sangat baik ditanam pada saat awal musim penghujan, bahkan budidaya pada waktu tersebut lebih baik dibandingkan musim kemarau.

Itulah ulasan dari kami mengenai jenis sayuran yang coco untuk di tanam pada musim hujan tiba. Semoga ulasan kali ini memberikan informasi bermanfaat.

Salam tani Indonesia

 

 

 

 

Leave a Comment