5 Tata Cara Menanam Duku Dengan Tepat agar Cepat Berbuah

Menanam duku. Ulasan ini mungkin akan sangat cocok buat anda yang sedang mencari atau belajar menanam duku. Membudidayakan duku juga tidak terlalu rumit jika anda melewati tahapan dengan benar. Sebelum anda memulai langkah-langahnya tentunya anda telah memiliki tujuan menanam duku baik sebagai bisnis maupun hanya untuk konsumtif.

Syarat Tumbuh Menanam Duku

Hal penting yang perlu anda ketahui adalah syarat tumbuh menanam duku. Meskipun tanaman dukuh sangat mudah beradaptasi untuk memaksimalkan hasil panen, berikut syarat tumbuh menanam duku :

  • Tanaman duku dapat tumbuh baik pada dataran rendah hingga sedang yaitu dengan ketinggian sekitar 600 MDPL.
  • Tipe tanah untuk menanam duku yaitu tanah berjenis podsolik kuning dan latosol.
  • Tanah yang tidak mengandung pasir serta tanah yang subur dapat merangsang pertumbuhan yang lebih baik.

Cara Menanam Duku Palembang

Duku palembang adalah salah satu varietas unggul dari buah duku. Dimana buahnya yang manis dan jarang terdapat biji pada buahnya. Jenis duku ini juga sangat cocok bagi anda yang berniat membudidayakan duku dengan tujuan sebagai bisnis anda. Berikut tahapan memebudidayakan dukuh palembang.

1. Pemilihan Bibit Berkualitas

Pemilihan bibit berkualitas tentunya dapat mebantu proses pertumbuhan yang lebih baik. Belilah bibit unggul di toko penjualan bibit hasil cangkok. Kenapa saya sarankan menggunakan bibit cangkok??? Karena menggunakan bibit cangkok dapat meningkatkan presentase pertumbuhan, serta proses pembuahan juga lebih cepat. Ciri-ciri bibit duku berkualitas :

  • Memiliki batang pohon tegak lurus
  • Tidak terlalu banyak tumbuh tunas
  • Warna yang segar tidak layu
  • Bebas dari gangguan hama dan penyakit

2. Pengolahan Lahan Duku

Sama seperti saat anda menanam durian, Membudidayakan dukuh kedua yaitu dengan pengolahan lahan. Sebelum membuat lubang tanam bersihkan lahan dari tanaman penganggu, kemudian buat lubang dengan kedalaman 60-90 cm. Besarnya lubang tanam tentunya menyesuaikan bibit yang anda miliki.

Setelah pembuatan lubang selesai anda lakukan, masukan pupuk organik 2/3 lubang sebagai pupuk dasar. Siram media tanam menggunakan air bersih demi menjaga kelembaban tanah. Mengingat pohon duku dapat tumbuh tinggi dan besar buatlah jarak tanam kurang lebih 6-8 m.

3. Penanaman Bibit Duku

Langkah ke 3 membudidayakan duku yaitu proses penanaman bibit. Langkah ini anda lakukan tentunya setelah bibit serta lahan sudah siap anda gunakan. Sebelum di tanam buang plastik polybag pada bibit kemudian masukan dan tutup kembali dengan tanah sambil dipadatkan sampai pangkal pohon.

Waktu penanaman duku yaitu sore hari agar tidak terkena sinar matahari yang terik pada waktu siang hari. Siram setelah proses tersebut selesai untuk menjaga pasokan air tetap terpenuhi.

4. Perawatan Menanam Duku

Seperti saat anda menanam mangga, perawatan yang benar tentunya dapat memaksimalkan pertumbuhan serta pembuahan duku menjadi maksimal. Berikut ulasan di bawah ini  bagaimana cara perawatan yang baik saat membudidayakan duku :

  • Penyiraman

Penyiraman di sini diharapkan dilakukan secara rutin, khususnya saat awal-awal bibit di tanam, demi menjaga kebutuhan air pada bibit.

  • Penyiangan

Penyiangan dilakukan seperti saat anda menanam nanas, penyiangan bertujuan agar tanaman utama dapat tumbuh maksimal. Manfaat lain tentunya dapat mencegah media tanam menjadi sarang hama dan jamur yang dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman utama.

  • Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan dapat anda lakukan setelah usia tanam 1 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan. Dalam tahap ini anda bisa menggunakan pupuk kandang maupun dengan pupuk NPK.

  • Penyulman Bibit duku

Penyulaman bertujuan untuk memaksimalkan lahan anda agar hasil panen sesuai dengan yang diharapkan. Penggantian bibit bisa dilakukan setelah usia tanam 3 minggu atau saat anda mendapati bibit yang gagal tumbuh.

5. Pengendalian Hama dan Penyakit

Setiap tanaman tentunya dapat terserang hama dan penyakit. Begitu pula saat anda menanam duku. Pada umumnya penyakit yang sering menyerang diantaranya antraknosa dan akar busuk. ciri-ciri buah terserang antraknosa biasanya terdapat bintik-bintik hitam pada buah. Jika penyakit itu di diamkan biasanya buah akan berbuguguran lebih awal sebelum panen. Tentunya hal tersebut dapat menyebabkan kerugian pada anda.

Hama pengerak batang pohon ranting dan buah juga sangat umum bagi petani duku. untuk mengendalikan jenis hama dan penyakit tersebut anda bisa menyemprotkan pestisida sesuai dosis secara rutin. anda juga bisa membungkus buah duku di setiap tandan buah agar mengurangi serangan hama dan penyakit. manfaat lain yaitu buah yang dibungkus biasanya lebih berkualitas.

6. Pemanenan Duku

Tahap yang dinantikan para pegiat budidaya duku tentunya proses panen. Panen duku yang sudah benar-benar matang dengan ciri buah berwarna kuning mengkilat. Potong langsung tandan duku menggunakan alat potong. Dalam proses tersebut diharapkan hati-hati agar tidak merusak batang pohon.

Setelah paska panen anda bisa memotong tunas-tunas kecil yang menempel pada tangkai pohon. Biasanya hal itu bertujuan untuk memaksimalkan panen di musim selanjutnya.

Manfaat Duku Bagi Kesehatan

 

Selain membahas tata cara menanam duku dengan tepat, kami akan memberikan sedikit informasi tentang manfaat duku bagi kesehatan tubuh. Untuk mempersingkat waktu anda simak penjelasan di bawah ini :5 Tata Cara Menanam Duku Dengan Tepat agar Cepat Berbuah

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A , B2 dan B1. Vitamin A pada duku terdapat karetoneoid dan retinol. Dimana kareton pada buah duku dapat menangkal radikan bebas yang sangat bebrbahaya bagi tubuh. Dengan memakannya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh,

2. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Salah satu penyebab penuaan dini yaitu disebabkan efek radikal bebas pada tubuh. Kandungan vitamin C pada buah dukuh dapat mencegah penyakit yang di sebabkan oleh radikal bebas salah satunya yaitu penuaan dini. Manfaat lain vitamin C pada buah duku juga dapat menyehatkan gusi.

3. Dapat Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan 

Kandungan serat pada buah duku dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Manfaat lain apabila anda memakan duku secara rutin juga dapat mencegah penyakit kanker usus.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaima menanam duku dengan tepat agar cepat berbuah serta panen berlimpah. Selain bisa untuk menambah pemasukan ekonomi anda ternyata buah duku juga sangat baik buat kesehatan. Semoga ulasan  di atas memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Salam hangat buat anda dan keluarga.

 

 

 

Tinggalkan komentar