5 Panduan Lengkap Menanam Gaharu dengan Benar

Menanam Gaharu. Kesempatan ini ilmutanah.com akan mengulas tentang tata cara membudidayakan pohon gaharu dengan benar. Mungkin tidak banyak yang tahu jenis pohon ini. Pohon gaharu sering diganakan sebagai bahan dasar parfum karena dapat menghasilkan minyak astiri dan resin.

Nilai ekonomi pohon ini juga terbilang cukup tinggi mengingat besarnya permintaan pasar serta sedikit yang membudidayakannya. Gaharu adalah salah satu pohon yang dapat tumbuh tinggi mencapai 40m serta lebat dan memiliki diamter mencapai 60cm.

Dengan berkembangnya zaman serta banyaknya kebutuhan parfum membuat permintaan gaharu terus meningkat. Melihat peluang itu tentunya kita dapat memanfaatkannya dengan cara menanam gaharu sebagai ladang investasi masa depan kita. Sebelum kita memasuki pokok pembahasan berkut ciri-ciri pohon gaharu yang wajib anda tahu.

Ciri-ciri Pohon Gaharu Super

  • Memiliki aroma dan wangi yang kuat, serta semua bagian kayu berwarna hitam
  • Gaharu super A dan B memiliki warna agak kecoklatan serta cukup wangi dan aroma menyengat
  • Gaharu gabah super memiliki warna kecoklatan tetapi tidak secoklat di atas, dan lumayan wangi serta aroma lumayan kuat
  • Gubal gaharu kelas C adalah kualitas paling rendah dan berwarna hitam akan tetapi terdapat garis-garis putih serta lebih rapuh

Itulah beberapa ciri-ciri kayu gaharu menurut kelasnya, berikut panduan lengkap menanam gaharu dengan benar.

1. Pemilihan Bibit Berkualitas

Dengan menggunakan bibit berkualitas tentunya dapat menghasilkan gaharu unggul, diikuti juga harga semakin tinggi. Untuk memilih bibit berkualitas terdapat beberapa ciri-ciri diantaranya.

  • Bibit subur dan segar tidak terserang hama dan penyakit
  • Batang bibit tegak lurus, dan tidak terlalu banyak tumbuh tunas
  • Akar bibit gaharu tidak menembus polybag
  • Bibit terlihat segar dan tidak layu
  • Memiliki tinggi 20-30 cm dan diameter 1 cm

2. Persiapan Lahan Tanam

Mengingat gaharu dapat tumbuh besar dan tinggi, sebaiknya dalam 1 hektar lahan anda cukum menanam gaharu sebanyak 1,111 pohon. Berikut cara pengolahan lahan yang baik :

  • Bersihkan lahan terlebih dahulu dari rumput gulma
  • Buatlah lubang dengan ukuran 30x30x30 cm
  • Tambahkan pupuk dasar organik sekitar 3-5 kg/ lubang. Anda bisa menambahkan pupuk NPK sebanyak 20 gram/ lubang
  • Tambahkan dolomit pada lubang tanam apabila kandungan ph tanah dibawah 5.
  • Jarak tanam antar lubang sekitar 3×3 m
  • Diamkan media tanam selama 1 minggu, untuk memberikan masa nutrisi terserap sempurna kedalam tanah.

3. Penanaman Bibit Gaharu

Panduan selanjutnya menanam gaharu adalah penanaman bibit gaharu. Sebelum proses penanaman buang terlebih dahulu plastik polybag dengan hati-hati agar tidak merusak akar. Masukan bibit persis ditengah lubang tanam, tutup dan padatkan tanah sampai pangkal pohon.

Waktu penanaman terbaik sama seperti saat anda menanam mangga, yaitu pada sore hari dan dilakukan pada awal musim hujan. Untuk menjaga kelembaban tanah, setelah proses penanaman diharapkan untuk melakukan penyiraman. Pemasangan ajir juga perlu dilakukan untuk menjaga tanaman gaharu masih muda agar tidak mudah roboh baik karena angin maupun air hujan.

4. Perawatan dan Pememliharaan Budidaya Gaharu

Perawatan serta pememilharaan saat menanam gaharu sebernarnya tidak jauh berbeda dengan tanaman lain. Tapi supaya pertumbuhan dapat maksimal dan kayu gaharu memiliki kualitas, beberapa hal penting harus dilakukan. Simak penjelasan selanjutnya untuk mengetahuinya :

  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan setiap sekali dalam sehari pada musim kemarau. Lakukan pembasahan lahan disekitar tanaman, untuk menjaga agar tanah tidak kering serta memenuhi kebutuhan air pada tanaman.

Saat musim hujan tiba, anda tidak perlu melakukan penyiraman. Hal penting harus diperhatikan adalah supaya tidak terjadi genangan pada media tanam dan tidak terjadi pembususkan akar akibat genangan.

  • Pemberian Naungan

Pohon gaharu muda dapat tumbuh lebih baik dan lebih cepat apabila terdapat naungan pada sekitar pohon. Anda bisa menanamnya pohon pepaya atau bisa dengan pelepah kelapa dan daun ilalang.

  • Pemupukan Lanjutan

Proses pemupukan lanjutan anda lakukan setiap 3 bulan sekali. Tujuannya tidak lain untuk mengoptimalkan pertumbuhan. Manfaat lainnya yaitu meningkatkan kualitas gaharu, serta mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman utama. Berikan pupuk NPK setiap 3 bulan sekali dan pupuk kandang atau organik 6 bulan sekali.

  • Pemangkasan

Pemangkasan cabang dilakukan apabila tunas tumbuh secara berlebih. Pemangkasan dilakukan bertujuan untuk memaksimalkan pertumbuan tunas utama. Pemangkasan juga dilakukan setelah tinggi pohon gaharu 2 meter. Potonglah 2-3 cm dari batang ranting dan lakukan setiap 2 minggu sekali.

  • Penyiangan

Seperti saat anda menanam jambu madu, pembersihan tanaman pengganggu perlu anda lakukan demi mengoptimalkan pertumbuhan pohon gaharu. Manfaat lainnya yaitu agar nutrisi dalam tanah dan pupuk yang anda berikan tepat sasaran. Lakukan langkah ini secara rutin mengingat pertumbuhan rumput gulma lumayan cepat.

5. Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit dalam budidaya gaharu sangat penting untuk dilakukan. Serangan hama dapat mengakibatkan berbagai masalah dalam budidaya apapun itu. Apabila itu dibiarkan atau diabaikan tidak sedikit para petani mengalami gagal panen. Lakukan penyemprotan secara rutin menggunakan pestisida sesuai dosis pada label kemasan. Lakukan pemangkasan juga jika serangan penyakit tidak terlalu parah agar tidak menyebar ketanaman lain.

Jenis-Jenis Kayu Gaharu

Sebagai tambahan informasi, setelah kita mengetahui cara menanam gaharu dengan benar, berikut varietas gaharu dari yang termahal hingga termurah.

1. Aquillaria Mallacensis

Jenis gaharu diatas adalah gaharu paling mahal, biasanya pohon gaharu ini banyak diolah menjadi sebuah parfum, gelang, kalung dan tasbih. Penyebaran gaharu ini banyak di negara Thailand, Indonesia dan India.

2. Aquillaria Beccarian

Jenis gaharu ini menempati peringkat kedua kayu gaharu termahal, dan yang paling membagakan jenis gaharu ini hanya tumbuh di negara Indonesia.

3. Aquillaria Cumingiana

Jenis kayu ini juga tidak kalah bagusnya dengan kualitas lainnya, dan kayu gaharu ini banyak tumbuh di Negara Filipina dan Indonesia

4. Aquallia Hilata

Jenis ini juga terdapat di Indonesia selain negara kita, gaharu ini juga tumbuh di negara lain seperti Malaysia.

5. Aquallia microcapa

Jenis ini adalah gaharu paling murah diantara lainnya, pohon tersebut juga terdapat di negara Indonesia, dan Malaysia.

Itulah beberapa jenis gaharu yang tumbuh di negara kita, tentunya dengan mengetahui jenis-jenis gaharu anda bisa memilih sebelum menanam gaharu sebagai investasi masa depan.

Harga Kayu Gaharu

Setelah mengetahu cara MENANAM GAHARU serta beberapa jenis gaharu. Seperti yang sudah kami singgung diatas, kayu gaharu memiliki ciri aroma kayu yang wangi dan umumnya kayu berwarna hitam. Harga kayu gaharu sendiri ditentukan dari padatnya grade resin kayu tersebut, semakin padat resin kayu maka semakin tinggi pula nilai ekonominya.

Kayu gaharu kelas super king biasanya memiliki harga hingga ratusan juta rupiah /kg tentunya harga tersebut sangat fantastis. Akan tetapi super king biasanya didapat dari alam asli, untuk hasil inokulasi biasanya dikelompokan ke kelas sedang atau sering disebut dengan istilah tri chip.

Harga chip gaharu kualitas super biasanya sekitar US$4.000/kg sampai dengan US$10.ooo/ kg. Harga yang begitu fantastis tentunya diikuti pula harga minyak gaharu, dengan tingginya permintaan pasar akan minyak gaharu juga menyebabkan naiknya harga, terahir kami baca dari beberapa sumber harga minyak gaharu kualitas tinggi bisa mencapai US$ 20.000-50.000/liter.

Itulah ulasan dari kami tentang panduan lengkap menanam kayu gaharu. Semoga memberikan manfaat serta informasi positif buat anda.

Salam sejahtera buat anda dan keluarga

 

 

Leave a Comment