5 Tahapan Menanam Jagung Manis dengan Benar

Menanam jagung manis. Jika kemarin mbah tani mengulas bagai mana cara menanam jagung hibrida kali ini ilmu tanah akan mengulas jenis lain dari jagung. Menanam jagung manis sendiri terbilang cukup mudah asalkan anda melalui tahapan tahapan yang benar.

Bereda dengan jagung biasa yang dipanen saat tua, proses pemanenan jagung manis paling baik adalah saat muda. Hal itu disebabkan jagung manis yang sudah tua akan mengurangi rasa manis.

Jenis jagung manis sendiri tergolong jenis jagung yang banyak desukai oleh masyrakat, baik itu di rebus maupun dibakar. Karena itulah yang mendorong harga jagung manis lebih tinggi dibanding jenis lain.

Langkah-langkah Menanam Jagung Manis

5 Tahapan Menanam Jagung Manis dengan Benar

Menanam jagung manis dapat anda lakukan di daerah dataran rendah mapun tinggi kurang lebih 1500 MdPL dan 3000 MDPL. Sedangkan untuk suhu yang baik menanam jagung manis yaitu kurang lebih 27º C serta keasaman tanah kurang lebih memiliki ph 5-8.

Berikut langkah membudidayakan jagung manis :

1.Pemilihan Bibit Berkualitas

Agar jagung manis dapat tumbuh dengan baik serta berbuah dengan bagus tentunya menggunakan bibit berkualitas pula. Bibit berkualitas bisa anda dapatkan do toko pertanian terdekat.

2.Pengolahan lahan menanam jagung manis

Agar tanaman jagung manis dapat tumbuh baik, sebaiknya tanah digemburkan terlebih dahulu menggunakan cangkul atau bisa juga menggunakan alat bajak untuk mempermudah anda.

Setelah tanah gembur buatlah bedengan dengan tinggi kurang lebih 30-50 cm dengan lebar 1 m serta panjang menyesuaikan lahan anda. Dan buatlah jarak antar bedengan kurang lebih 30 cm untuk mempermudah drainase.

Baca juga :

Setelah semua anda lewati dengan baik, buatlah larikan diatas bedengan sebagi tempat bibit jagung ditanam. Anda juga bisa menaburkan pupuk kandang berupa kotoran kambing ataupun sapi sebagai pupuk dasar. Diamkan lahan tanaman selama 1 minggu sebelum ditanami bibit jangung manis.

3. Proses Penanaman Jagung Manis

Langkah ketiga yaitu dengan menanam bibit jagung manis yang berkualitas. Buat lubang diatas larikan dengan kedalaman 5-10 cm kemudian tutup tipis menggunakan tanah bercampur pupuk.

Setelah penanaman selesai siram menggunakan air secara merata untuk menjaga kelembaban tanah.

4. Perawatan jagung manis

Perawatan yang baik akan merangsang pertumbuhan dan pembuahan menjadi lebih baik. Sama seperti menanam jagung hibrida perawatan dalam menanam jagung manis dengan tepat sebagai berikut :

  • Penyiraman

Penyiraman tanaman jagung manis dilakukan sebanyak dua kali sehari pada musim kemarau. Waktu terbaik untuk melakukan penyiraman yaitu pada pagi dan sore hari. pada musim hujan anda tidak perlu melakukan penyiraman,hal yang perlu diperhatikan ialah pengairan berjalan dengan baik. Karena genangan air dapat mengganggu pertumbuhan tanaman jagung.

  • Pemupukan susulan

pemupukan susulan bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan serta pembuahan pada tanaman jagung manis. Jenis pupuk susulan bisa menggunakan pupuk kandang ataupun pupuk buatan. Waktu pemupukan susulan yaitu sekitar usia tanaman 2 bulan setelah tanam.

  • penyiangan gulma

Penyiangan dilakukan agar kandungan yang ada didalam tanah terserap sempurna oleh tanaman utama. Manfaat lain dari penyiangan yaitu mencegah adanya sarang tikus pada rumput gulma.

Penyiangan dilakukan saat usia tanam 1 minggu dan dilakukan setiap dua minggu sekali atau jika anda melihat rumput gulma mulai tumbuh.

  • Penyulaman

Penyulaman dilakukan apabila terdapat bibit jagung manis yang tidah tumbuh atau terdapat tanaman yang kurang sehat. Penyulaman dilakukan saat usia tanam memasuki usia 1 minggu.

Pengendalian Hama dan Penyakit Jagung Manis

Agar tanaman terhindar dari hama dan penyakit tentunya butuh pencegahan secara intens agar pertumbuhan jagung menjadi optimal. Berikut hama serta penyakit yang sering terjadi saat menanam jagung manis.

  • Lalat bibit

Tanaman jagung manis yang terserang lalat bibit umumnya memiliki ciri-ciri menguningnya daun, serta bagian yang terserang menjadi kering kemudian layu dan mengakibatkan pembusukan.

Pengendalian jenis hama ini bisa dengan cara alami yaitu pencabutan tanaman atau daun yang terserang supaya tidak menyebar. Anda bisa menyemprotkan dengan pestona.

  • Ulat pemotong

Ulat pemotong biasanya menyerang batang pohon, ulat pemotong dapat menyebabkan tanaman jagung manis mudah roboh serta mati.

Pengendalian hama ini besa dengan membuang ulat pada tanaman atau dengan menyemprotkan pestona, virexi, dan vitura.

  • Penyakit karatan

penyakit karatan biasanya timbul dengan ciri-ciri terdapat bintik pada daun berwarna coklat serta terdapat serbuk berwarna kuning. Cara pengendalian jenis penyakit ini yaitu dengan memilih bibit berkualitas yang tahan terhadap penyakit karat.

  • Gosong serta bengkak

Penyakit ini umumnya menyerang daging pada buah jagung yang menyebabkan pembengkakan pada jagung serta dapat mengeluarkan lendir.

Pengendalian penyakit ini dapat anda lakukan dengan cara benih dicampur dengan glio.

Pemanenan jagung manis

Pemanenan jagung manis dapat anda lakukan setelah usia tanaman kurang lebih 65-75 hari setelah tanam. Cara memanen jagung sendiri sangat mudah yaitu dengan memutar tongkol untuk memisahkan dari tangkai buahnya.

Untuk pemanenan jagung manis dilakukan sebelum buah jagung terlalu tua, karena umumnya jagung manis sangat laku dipasaran ketika masih muda.

Manfaat jagung Manis Buat Kesehatan

Selain rasanya memiliki rasa yang manis ternyata dengan memakan jagung manis secara rutin ternyata sangat baik untuk kesehatn. Berikut manfaat jagung manis untuk kesehatan :

  • Mencegah kanker

Kandungan asam fenolik dan ferulik yang terdapat pada jagung manis dipercaya dapat mencegah timbulnya kanker, baik kanker payudara maupun kanker hati.

  • Sumber serat

Buah jagung manis banyak mengandung kaya akan serat yang dapat mencegah penyakit sembelit, dan dapat mencegah terserang penyakit kanker usus.

  • Sumber protein

Jagung mengandung banyak protein yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sel dalam tubuh.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam jagung manis yang baik dan benar, dengan memakan jagung manis secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat serta memberikan informasi serta wawasan buat anda.

Salam sejahtera untuk anda dan keluarga anda.

 

 

 

 

Leave a Comment