6 Cara Mudah Menanam Jengkol dengan Benar agar Hasil Melimpah

Menanam jengkol.  Hampir Semua orang pasti tahu dengan pohon satu ini ???? pohon jengkol atau tanaman jengkol memiliki buah dengan aroma yang khas. Buang jengkol memiliki aroma menyengat seperti buah pete, akan tetapi bentuk buah lebih besar dari pete.

Semakin berkembangnya waktu buah jengkol semakin langka, itulah salah satu penyebab buah ini memiliki harga relatif lebih mahal dibanding sayur lain. Pohon jengkol sendiri tergolong tumbuhan yang dapat bertahan lama hingga pupulah tahun. selain dapat dikonsumsi sendiri, buah ini juga memiliki nilai ekonomi cukup lumayan. Tentunya melihat kondisi itu memberi kesempatan untuk kita membudidayakan jengkol sebagai ladang bisnis.

Menanam Jengkol Di Lahan

Seperti yang sudah kami singgung diatas, budidaya jengkol di lahan akan sangat cocok buat anda memiliki lahan luas. Dari pada menanam tanaman lain yang kurang produktif dalam nilai ekonomi, menurut kami tidak ada salahnya mencoba menanam jengkol di lahan anda. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, berikut panduan lengkap budidaya jengkol dengan benar.

1. Pemilihan bibit

Pemilihan bibit jengkol sendiri dapat anda lakukan dengan membeli jengkol yang sudah benar-benar tua di pasar. pastikan pula jengkol yang anda beli tidak terserang hama dan penyakit.

2. Penyemaian Bibit Jengkol

Setelah anda mempunyai bibit berkualitas berikut cara penyemaian bibit jengkol :

  • Siapkan polybag berukuran sedang
  • Isi media tersebut menggunakan tanah gembur bercampur pupuk kandang maupun kompos dengan perbandingan 1;1
  • Masukan biji jengkol kedalam media semai beberapa cm
  • Taburkan campuran tanah dan pupuk untuk menutupnya
  • Bila perlu tambahkan sungkup diatas media semai untuk menghindari bibit terkena air hujan langsung
  • Perawatan dengan melakukan penyiraman sebanyak 2 kali dalam sehari
  • Biasanya bibit akan mulai tumbuh tunas saat usia semai memasuki 2 minggu

Sebernarnya untuk mempersingkat waktu anda, atau jika anda tidak mau ribet dan memiliki uang lebih anda bisa membeli bibit jengkol di toko penjualan bibit. Akan tetapi sebelum membeli berikut ciri-ciri bibit berkualitas

  • Pastikan bibit berwaran segar
  • Tidak terserang hama dan penyakit
  • Memiliki batang utama lurus
  • Tidak memiliki banyak tunas

2. Proses Penaman Jengkol

Langkah kedua dalam menanam jengkol yaitu memindahkan bibit dari media semai ke media tanam utama. Sebelum proses pemindahan anda lakukan, buatlah lubang tanam seminggu sebelum proses penanaman. Buat lubang tanam dengan ukuran 40x40x40 dan jarak antar tanaman 6 m.

Bersihkan juga lahan disekitar media tanam dari rumput pengganggu.Tutup kembali dengan campuran tanah dan pupuk kandang lubang yang sudah anda buat sebagai pupuk dasar. Siram setelah proses tersebut selesai kamu lakukan untuk menjaga agar tanah tidak kering.

Baca jug : Cara menanam pepaya kalifornia

Setelah media siap, proses pemindahan bibit dapat anda lakukan, buat lubang tanam dengan ukuran menyesuaikan besarnya bibit. Buang terlebih dahulu plastik polybag bibit kemudian masukan pada lubang tanam. Tutup kembali dengan tanah sambil dipadatkan supaya bibit tidak mudah roboh.

Waktu penanaman bibit jengkol terbaik adalah pada waktu sore hari guna menghindari terik matahari siang. Siram setelah penanaman selesai anda lakukan untuk menjaga kelembaban tanah.

3. Perawatan Menanam Jengkol

Samahalnya dengan tanaman lain, untuk memaksimalkan pertumbuhan serta pembuahan saat anda menanam jengkol di lahan adalah dengan perawatan terbaik. Perawatan paling utama adalah penyiangan rumput gulma disekitar tanaman. Lakukan pembersihan setiap dua minggu sekali, anda juga bisa memberikan pupuk susulan setelah usia tanam 6 bulan menggunkan pupuk kandang.

Pengendalian hama juga tidak kalah pentingnya saat membudidayakan jengkol. Salah satu jenis hama yang sering menyerang tanaman jengkol yaitu semut hitam dan kerangrang. Kenali tanda-tandanya, apabila anda mendapati daun jengkol yang menggulung segeralah potong agar hama tidak mengganggu pertumbuhan.

4. Pemanenan Jengkol

Proses pemanenan jengkol dapat anda lakukan setelah usia tanam memasuki 5 thn. Proses pemanenan jengkol memang terbilang cukup lama, itulah yang menjadi sebab semakin langkanya para pembudidaya pohon tersebut. Sebenarnya ada cara lain untuk mempercepat proses pertumbuhan, seperti :

  • Pemilihan metode stek cangkok dan sambung
  • Membeli bibit jadi berkualitas
  • Menanam pada awal musim penghujan

Ketiga cara tersebut bisa mempercepat pertumbuhan tanaman jengkol, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Itulah ulasan dari saya mengenai cara menanam jengkol dengan benar, semoga ulasan ini memberikan manfaat serta pengalaman positif buat anda.

Leave a Comment