8 Cara Menanam Jeruk Nipis agar Cepat Berbuah

Menanam jeruk nipis. Pada kesempatan kali ini ilmu tanah akan mengulas bagaimana cara menanam jeruk nipis dengan baik. Jeruk nipis selain digunakan untuk minuman seperti jus, sering pula digunakan untuk penyedap makanan.

Kandungan vitamin yang ada pada jeruk nipis juga sering digunakan sebagai obat alami. Untuk menanam jeruk nipis dapat anda lakukan dengan cara stek batang, cangkong dan dari biji. Meskipun pertumbuhan lebih lama jika anda menanam jeruk nipis dari biji akan tetapi memiliki akar yang lebih kuat.

Cara Menanam Jeruk Nipis Dengan cara Vegtatif

Dalam menanam jeruk nipis agar cepat berbuah tentunya melalui tahapan-tahapan dengan tepat. Seperti pemilihan bibit berkualitas, perawatan yang baik dan pengolahan lahan dengan benar. Untuk mengetahui secara rinci simak ulasan dibawah ini.

1. Pemilihan Bibit Berkualitas

Untuk memilih bibit jeruk nipis berkualitas terdapat dua cara yaitu generatif dan vegetatif. Cara membudidayakan jeruk dengan vegetatif yaitu dengan teknik pencakokan ataupun stek batang. Di bawah ini ciri-ciri indukan jeruk nipis yang baik untuk di cangkok :

  • Berada di lahan yang subur
  • Memiliki buah yang lebat
  • Tidak terkena hama maupun penyakit
  • Memiliki batang halus dengan diameter 3 cm
  • Tanaman jeruk nipis memiliki akar yang kuat

a. Cara Mencangkong Jeruk Nipis

Setelah anda menemukan induk berkualitas seperti cara di atas berikut cara mencangkok jeruk nipis

  • Pilih dahan yang tidak terlalu muda dan tidak pula terlalu tua dengan diameter 3 cm
  • Kupas batang kulit dengan menggunakan pisau tajam dan bersih dengan jarak 10 cm dari dahan dan panjang kupasan kurang lebih 10-15 cm.
  • Percikan air pada batang yang sudah anda kupas kemudian tempelkan tanah bercampur pupuk.
  • Tutup tanah dengan menggunakan plastik kemudian ikat dengan menggunakan tali di kedua ujungnya.
  • Pastikan pula plastik terdapat lubang supaya tidak terjadi genangan saat melakukan penyiraman 2 kali sehari.
  • Setelah beberapa minggu dan setelah akar pada cangkokan tumbuh bisa anda pidahkan ke media tanam.

2. Pengolahan Lahan dengn Benar

Seperti anda menanam pepaya lahan untuk membudidayakan jeruk nipis sebaiknya digemburkan terlebih dahulu. Tujuan penggemburan adalah untuk mempermudah tumbuhnya akar pada tanaman yang masih muda.

Manfaat lain penggemburan adalah untuk membersihkan lahan dari tanaman gulma yang dapat mengganggu proses pertumbuhan jeruk nipis. Setelah penggemburan tanah selesai buatlah bedengan atau galangan supaya mempermudah drainase pada lahan.

Langkah seanjutnya yaitu dengan membuat lubang tanam dengan ukuran menyesuaikan besarnya bibit jeruk nipis. Jarak antar lubang kurang lebih 4 m dikarenakan tanaman jeruk nipis dapat tumbuh lumayan besar.

Baca juga :

Pemupukan lahan dapat anda lakukan dengan meggunakan arang sekam padi atau dengan pupuk kandang. Siram lahan menggunakan air untuk menjaga kelembaban tanah. Sebaiknya proses pengolahan ini anda lakukan 2 minggu sebelum media tanam digunakan.

3. Pemindahan Bibit Jeruk Nipis

Tanam bibit jeruk nipis pada lubang yang sudah anda siapkan, masukan satu bibit setiap lubang. Tutup kembali dengan menggunakan tanah sambil di padatkan sampai pangkal bibit.

Baca juga :

Setelah penanaman lakukan penyiram menggunakan air untuk mejaga tanah tidak kering. Waktu terbaik untuk menanam jeruk nipis yaitu sore hari.

4. Cara Merawat Jeruk Nipis

Perawatan yang baik tentunya dapat merangsang pertumbuhan serta pembuahan tanaman jeruk nipis menjadi lebih baik. Berikut perawatan jeruk nipis yang baik.

  • Penyiraman

Penyiraman jeruk nipis dilakukan dua kali dalam satu minggu pada musim kemarau. jika musim hujan datang penyiraman dihentikan dan pastikan tidak terjadi genangan air pada media tanam.

  • Penyiangan gulma

Pembersihan gulma dilakukan supaya kandungan vitamin yang terdapat pada tanah dapat terserap sempurna oleh pohon utama. Manfaat lain dari penyiangan adalah untuk mengurangi resiko tanaman jeruk nipis terserang hama dan penyakit.

  • Pemangkasan

Pemangkasan bertujuan untuk membung tunas jeruk nipis yang tidak produktif serta membuang dahan yang terkena penyakit. Pemotongan ini agar penyakit tidak mudah menyebar ke pohon lain dan tunas utama dapat tumbuh dengan optimal. Pastikan pula kebersihan alat pemotong yang anda gunakan. Anda juga bisa merendam terlebih dahulu menggunakan alcohol untuk mensterilkan alat pemotong.

  • Pemupukan

Sama seperti saat anda menanam anggur pemupukan susulan juga perlu anda lakukan. pemberian pupuk susulan bisa menggunakan pupuk urea, ZPT, dolomit, ZA dan pupuk kandang.

5. Cara Pemanenan Jeruk Nipis

Pemanenan jeruk nipis dapat anda lakukan setelah usia tanaman kurang lebih 30-36 minggu. Gunakanlah alat pemotong buah saat anda melakukan pemanenan, hal ini bertujuan untuk menjaga kerusakan dari ranting buah agar tetap menghasilkan produksi yang maksimal.

Cara Membudidayakan Jeruk Nipis Dalam Pot

8 Cara Menanam Jeruk Nipis agar Cepat Berbuah

Cara menanam jeruk nipis dalam pot tentunya sangat cocok buat anda yang berniat menghiasi halaman rumah anda. Selain menjadi penghias menanam jeruk nipis di halaman rumah dapat membuat rumah anda menjadi sejuk dan segar. Berikut cara membudidayakan jeruk nipis dalam pot.

1. Pemilihan bibit berkualitas

Pemilihan bibit berkualitas sebaiknya anda membeli di toko pertanian terdekat. Perhatikan pula keadaan bibit seperti, kesuburan, dan tidak terserang penyakit dan hama.

2. Media Tanam

Siapkan pot berukuran diameter kurang lebih 20-40 cm, jika bibit berukuran besar bisa menggunakan pot dengan ukuran 50-60 cm. Masukan tanah bercampur pupuk kandang dan serbuk gergaji dengan perbandingan 2:1:1.

3. Penanaman Bibit Jeruk Nipis

Setelah anda menyiapkan bibit berkualitas dan media tanam sudah siap tanam bibit pada media tanam, setelah itu tutup sambil dipadatkan sampai pangkal bibit. Setelah penanaman selesai siram menggunakan air untuk menjaga kelembaban tanah.

Baca juga :

Untuk perawatan serta pemanenan jeruk nipis tidak akan kami bahas, karena perawatan serta pemanenan jeruk nipis baik pada media lahan dan dalam pot sama.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Setelah kita mengulas bagaimana cara menanam jeruk nipis dengan benar, sebagai informasi berikut manfaat tak terduga dari jeruk nipis.

  • Dapat meningkatkan sistem imunitas

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. caranya yaitu dengan membuat jus jeruk nipis secara rutin.

  • Dapat menyeimbangkan PH

Vitamin yang terkandung dalam jeruk nipis dapan membantu menyeimbangkan asam dan basa dalam tubuh. Keseimbangan asam dan basa dalam tubuh bermanfaat untuk menjaga tubuh anda tetap sehat.

  • Bisa Mencegah kanker

jeruk nipis dapat dijadikan penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan leukimia, kanker usus besar dan kanker lambung berkat kandungan liminoid yang ada pada buah jeruk.

  • Bisa Menghilangkan Asam Urat

Dengan meminum perasan jeruk nipis setiap pagi dapat melarutkan asam urat dalam tubuh berkat kandungan asam sitrat pada jeruk nipis.

  • Dapat Mengobati Sakit Gigi

Dengan meminum perasan jeruk nipis secara rutin dapat membunuh bakteri dan kuman yang dapat menimbulkan sakit gigi berkat kandungan anti bakteri pada buah jeruk. Cara lain memanfaatkanya yaitu dengan memeras 2 buah jeruk nipis di campur dengan air hangat kemudian digunakan untuk berkumur.

Baca juga :

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam jeruk nipis serta manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Semoga memberikan manfaat serta informasi dan wawasan buat anda.

Salam sejahtera untuk anda dan keluarga anda.

 

Leave a Comment