5+Tips Mudah Menanam Kacang Panjang agar Hasil Berkualitas

Menanam kacang panjang. Mungkin artikel ini akan sangat cocok buat anda yang sedang belajar bagaimana cara menanam kacang panjang yang baik dan benar supaya menghasilkan hasil panen yang berlimpah.

Sebelum kita masuk ke pokok pembahasan, tentunya anda sudah tau jenis sayuran ini bukan ? Disebut kacang panjang karena buah ini memang berbentuk panjang. Sama seperti tanaman kacang yang lain, kacang panjang juga banyak mengandung nutrisi yang baik buat kesehatan.

Di indonesia sendiri banyak petani yang menanam kacang panjang sebagai pemasukan tambahan buat mereka. Salah satu penyebab hal tersebut adalah tingginya permintaan kacang panjang di pasar.

Cara Menanam Kacang Panjang yang Baik

Menanam kacang panjang yang baik tentunya melalui tahapan-tahapan yang baik juga, baik dari pemilihan bibit berkualitas, pengolahan yang benar, serta perawatan yang sempurna. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara menanam kacang panjang yang baik.

1.Pemilihan Bibit Panjang Berkualitas

Memilih bibit berkualitas dalam menanam kacang panjang bertujuan supaya tanaman kacang panjang bisa tumbuh dengan baik serta menghasilkan buah yang berkualitas. Berikut ciri-ciri bibit kacang yang berkualitas.

  • Bibit tidak berjamur.
  • Bungkus bibit masih tersegel utuh.
  • Terdapat verifikasi oleh dinas pertanian ataupun lembaga resmi negara.
  • Bibit belum memasuki masa expired.
  • Bibit tidak rusak ataupun cacat.

2. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan untuk menanam kacang panjang yaitu dengan cara menggemburkan tanah menggunakan cangkul bisa juga dibajak, kemudian buatlah bedengan dengan tinggi 30 cm lebar 1-1,5 m. Anda bisa juga menutup bedengan tersebut menggunakan mulsa plastik untuk menjaga kelembaban tanah serta menghambat pertumbuhan gulma.

Sebelum anda menutup dengan mulsa plastik campurkan tanah pada bedengan menggunakan pupuk kandang dengan campuran pupuk phonska serta calcium bubuk dan insektisida tabor sebagai pemupukan dasar.

Buatlah lubang pada bedengan sedalam kurang lebih 5cm dengan jarak kurang lebih 20-30 cm.

3. Penanaman benih kacang panjan

Berbeda dengan tanaman lain yang perlu penyemaian benih, menanam kacang panjang bisa langsung ditanam tanpa harus melewati proses semai benih. Rendam benih kacang panjang menggunakan air bercampur 10 tetes ZPT auxin selama 6 jam. Hal tersebut bertujuan untuk merangsang proses pertumbuhan.

Setelah proses perendaman bibit anda bisa langsung memasukan bibit ke lubang pada bedengan yang sudah anda buat. Masukan 1 biji untuk satu lubang kemudian tutup kembali menggunakan tanah.

4. Pemberian ajir kacang panjang

5+Tips Mudah Menanam Kacang Panjang agar Hasil Berkualitas

Dalam menanam kacang panjang berbeda dengan cara menanam seledri yaitu terletak pada pemberian ajir pada tanaman. Hal itu bertujuan supaya tanaman kacang panjang dapat merambat dengan baik. Pemberian ajir sebaiknya segera dilakukan setelah tanaman berusia 2-4 hari. Untuk mengurangi resiko akar kacang panjang rusak karena tancapan ajir.

Untuk tinggi ajir kurang lebih 180-200 cm, untuk menambah kekuatan ajir anda bisa saling mengaitkan antara ajir yang satu dengan yang lainnya. Ajir sendiri dapat anda buat menggunakan bambu atau kayu yang kuat untuk menahan air hujan serta terpaan air.

5. Pemupukan Kacang Panjang.

Langkah selanjutnya menanam kacang panjang yang baik yaitu dengan memberikan pupuk. Pada musim hujan pemberian pupuk kandang dikurangi hal itu disebabkan kandungan nitrogen pada udara sangat tinggi. Berilah pupuk MKP yang tidak mengandung nitrogen. Anda juga bisa menyemprotkan pupuk tanpa nitrogen seperti primarin-B.

Pada saat tanaman kacang panjang mulai merambat pada ajir anda bisa memberikan pupuk 10 hari sekali dengan merode pengocoran. Pengocoran pupuk mikro pada daun bisa anda lakukan 7 hari sekali. Apabila anda menanam kacang panjang pada musim kemarau, anda bisa memberikan pupuk NPK 16-16-16.

Apabila anda sudah memberikan pupuk dasar, anda bisa menambahkan pupuk buatan yaitu dengan campuran 125 kg /ha, 200 kg/ ha pupuk TSP, dan 50 kg/ ha pupuk urea. Pemberian pupuk tersebut setelah anda memberikan pupuk kompos.

Baca juga :

Sebenarnya anda juga bisa menggunakan pupuk cair organik buatan anda sendiri yaitu dengan campuran pupuk organik serta air dengan perbandingan 1:10. Campuran pupuk tersbut juga bermanfaat merangsang tumbuhan untuk berbunga.

6.  Penyiangan Tanaman Kacang Panjang

Penyiangan kacang panjang sangat penting dilakukan setelah 7 hari setelah tanam. Penyiangan berjutuan agar kandugan vitamin pada media tanam terserap dengan sempurna oleh tanaman utama. Penyiangan juga dapat berfungsi untuk penjegahan menjadi sarang tikus pada media tanam yang dapat merusak tanaman kacang panjang. Apabila anda memakai penutup mulsa plastik pada bedengan tentunya penyiangan ini bisa anda lakukan 2 minggu sekali.

7. Pengenndalian hama pada tanaman kacang panjang

Sama halnya dengan tanaman lain, menanam kacang panjang juga tak lepas dari serangan hama, seperti hama ulat daun, ulat tanah maupun lalat kebul. Salah satu jenis hama yang paling sering menyerang tanaman kacang panjang yaitu jenis hama ulat. Berikut penyakit yang sering menyerang tanaman kacang panjang

  • Kutu putih dan hitam

Jenis kutu ini biasanya menyerang bagian dalam tanaman kacang panjang dengan menyerap nutrisi pada daun kacang panjang. Kutu itulah yang sering menyebabkan bercak kuning pada daun tanaman.

  • Kepik daun,,Jenis hama ini menyerang pada bagian daun dengan ciri-ciri terdapat lubang tidak beraturan pada daun kacang panjang.
  • Ulat pengerak polong, Jenis hama ini biasanya menyerang bagian polong pada kacang panjang dengan ciri-ciri terdapat lobang kecil serta habisnya biji pada saat polong masih muda, sedangkan polong yang sudah tua terdapat bercak hitam pada bagian polong.

Untuk pengendalian jenis hama diatas anda bisa menggunakan insektisida berbahan aktif metomil ata deltametrin dengan menyemprotkannya pada sore hari. Jika tanaman yang terserang tidak terlalu parah anda bisa mengambil satu persatu hama pada tanaman kemudian dibakar. Cara ini mungkin akan memakan waktu yang sedikit lebih lama dibandingkan dengan cara kimiawi akan tetapi, memiliki dampak positif buat tanaman serta buah kacang panjang yang akan memiliki kesehatan yang lebih dibandingkan dengan menggunakan bahan kimia.

8. Pemanenan kacang panjang

Hal yang paling ditunggu dari menanam kacang panjang yaitu proses panen bukan ?? proses panen tanaman kacang panjang dilakukan setelah usia tanaman 50-60 hari. Panen sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari. Panen kacang panjang dilakukan dengan cara memetik bagian pangkal polong keseluruhan serta tidak menyebabkan luka yang besar. Hal ini bertujuan untuk merangsang tanaman kacang panjang berbuah dengan lebat lagi. Manfaat lain dari pemotongan kesuluhan pangkal polong yaitu tanaman dapat berbuah sampai 4-6 kali setiap tangkainya. Sedangkan apabila anda menyisakan polong kacang panjang hanya mampu berbuah 2-4 kali.

Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Sebagai tambahan informasi buat anda, selain membahas bagaimana cara menanam kacang panjang yang baik berikut beberapa manfaat kacang panjang bagi kesehatan kita.

  • Meringankan nyeri haid
  • Baik untuk kesehatan kulit
  • Menangkal radikal bebas
  • Menurunkan kadar glukosa.

itulah informasi dari mbah tani bagaimana cara menanam kacang panjang dengan baik dan benar. Semoga dengan artikel diatas menambah wawasan serta informasi buat anda.

Salam hangat buat anda dan keluarga.

Leave a Comment