9 Panduan Lengkap Menanam Kaktus Hias dengan Benar

Menanam Kaktus.  Pada kesempatan kali ini ilmu tanah akan mengulas tentang langkah-langkah membudidayakan kaktus dengan bebrapa metode. Banyak orang yang ingin menanam tanaman ini dihalaman rumah mereka. Dengan keunikannya tanaman kaktus tidak memiliki daun menjadi daya tarik tersendiri di mata masyarakat. Kaktus sendiri sering digunakan sebagai tanaman hias, untuk mempercantik halaman serta ruangan rumah anda.

Tanamaman kaktus yang awalnya berasal dari benua Amerika, namun seiring berkembangnya zaman dan waktu kaktus tersebar kesuluruh belahan dunia termasuk Indonesia. Menanam kaktus dapat anda lakukan baik daerang dataran rendah maupun tinggi.

Syarat Tumbuh Menanam Kaktus

Meskipun menanam kaktus dapat anda lakukan pada dataran rendah hingga tinggi, daerah terbaik untuk membudidayakan kaktus sebagai berikut :

  • Daerah dengan ketinggian sekitar 1200 MDPL
  • Tempat dengan suhu sekitar 26-35º adalah tempat terbaik untuk membudidayakan kaktus.
  • Tanaman kaktus dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan kelembaban rendah hingga tinggi sekitar 30-80 %
  • Tempat terbaik yaitu dengan intensitas cahaya matahari sekitar 50-80 %

Jenis-jenis Tanaman Kaktus

Sebeblum kita memasuki inti pembahasan tentang bagaimana menanam kaktus dengan baik sebagai pilihan dan pertimbangan jenis apa yang akan anda tanam berikut beberapa informasi dari kami tentang jenis-jenis kaktus.

  • Ariocarpus

Jenis kaktus ini memiliki ciri batang yang tidak memiliki duri pada batang tanaman. serta memiliki bunga yang indah dengan berbagai warna diantaranya ungu, merah, kuning, pink dan putih

  • Astrophytum

Kaktus ini memiliki bentuk yang unik berbentuk seperti buah belimbing atau bintang, umunya warna bunga dari varietas kaktus ini ialah, merah, pink, kuning dsb.

  • Cereus Tetragonous

Kaktus asli amerika ini dapat tumbuh mencapai 2 m dan memiliki bentuk menyerupai kastil.

  • Chelapalocereus senilis

Old man cactus adalah julukan jenis dari kaktus ini karena memiliki bentuk seperti manusia yang memiliki rambut puih. panjang rambut kepala kaktus ini juga dapat tumbuh sampai 12 cm.

  • Echinocactus grusonii

Golden barrel adalah sebutan jenis kaktus ini yang berasal dari mexico serta texas. Bentuk kaktus ini seperti gentong bulat, di Indonesia sendiri varietas memiliki harga relatif tinggi.

  • Echinofossulocactus

Dalam hal pertumbuhan jenis kaktus ini tergolong lebih lambat, untuk menumbuhkan bunga pohon ini memerlukan waktu kurang lebih 3 tahun. Jenis ini memiliki warna hijau tua dan dikelilingi duri yang tajam.

  • Ferocactus

Memiliki jenis batang bulat serta berlekuk dan duri yang berwarna merah jambu adalah ciri jenis kaktus ini.

  • Gyimnocalycium

Jenis kaktus ini berasal dari Amerika selatan, memiliki bantalan bunga yang tidak memiliki duri.

  • Haworthia attenuata

Kaktus ini berasal dari afrika selatan dan memiliki batang bercorak seperti hewan zebra yang membuat kaktus ini disebut dengan kaktus zebra.

  • Lobivia Oganmaru

Kaktus ini memiliki bentuk yang sangat unik dimana bagian bawah membentuk lempengan berwarna hijau dan bagian atas berwarna kuning.

  • Mammillaria Elongata

Ciri-ciri jenis kaktus ini ialah memiliki batang yang tidak terlihat karena tertutup duri halus yang mengelilingi batang utama. Jenis kaktus ini berasal dari meksiko serta dapat tumbung dengan tinggi 20 cm. Bunga kaktus jenis ini umumnya berwarna putih.

  • Mammillaria Fraileana

Jenis kaktus ini hampir sama seperti di atas akan tetapi memiliki duri berwarna agak merah kecoklatan. Bunga jenis kaktus ini dapat tumbuh besar serta memiliki anakan di bagian batang utama.

  • Parodia

Ciri-ciri kaktus ini memiliki bentuk seperti bola berduri, penyimapanan jenis kaktus ini sebaiknya ditempat yang teduh, bunga cantik dari kaktus ini biasanya berwarna merah, kuning, serta pink.

  • Mamillaria elongata intertexta

Jika dilihat jenis kaktus ini hampir sama dengan jenis mammilaria elongata, karena bentuknya hampir sama akan tetapi jenis ini diselimuti duri berwana kemerahan. Jenis kaktus ini juga memiliki batang yang terlihat lebih kokoh serta dapat cepat berbunga dengan indah berwarna putih.

  • Melocactus

Batang jenis kaktus ini berbentuk bulat seperti buah melon, dari jenis ini saja memiliki 30-40 vairetas kaktus. Kaktus ini berasal dari Meksiko, Carribean dan Amerika selatan dan negara di sekitarnya.

  • Pincushion cactus

Ciri-ciri jenis kaktus ini terlihat seperti mata pancing yang memiliki duri dari atas batang hingga bawah, oleh karena itu jenis ini sering disebut juga dengan the fishhook cactus.

Baca juga :

Itulah beberapa jenis kaktus yang bisa kami sebutkan, untuk mempersingkat waktu mari kita bahas pembahasan utama mengenai bagaimana cara menanam kaktus.

Cara Menanam Kaktus Mini dalam Pot

Menanam kaktus dalam pot sendiri terbilang cukup mudah apabila anda melakukan tahapan-tahapan dengan benar, baik pemilihan bibit berkualitas, persiapan media tanam dan perawatan. Simak penjelasan di bawah ini dengan seksama.

1. Pemilihan Bibit Berkualitas

Pemilihan bibit berkualitas bisa anda membeli pada toko tanaman hias, untuk mempermudah pertumbuhan serta penanaman.

2. Persiapan Media Tanam

Langkah pertama saat anda menanam kaktus yaitu dengan mempersiapkan media tanam, pilih dan siapkan bahan-bahan dibawah ini untuk membudidayakan kaktus :

  • Pot dengan diameter kurang lebih 30 cm atau ukuran pot diesuaikan dengan selera anda.
  • Kaktus kecil dalam pot
  • Sarung tangan yang biasa digunakan untuk berkebun
  • Batu kecil sebagai dasar media tanam
  • Penjepit
  • Media tanam bisa nggunakan pasir dan pupuk kompos

3. Persiapan media tanam

Setelah pot dan bahan telah anda siapkan, langkah kedua menanam kaktus yaitu menyiapkan media tanam, masukan kerikil 1/3 bagian pot kemudian campurkan media tanam pupuk kompos dan pasir dengan perbandingan 1:1 buat lubang sesuai dengan ukuran bibit yang anda miliki.

4. Proses Penanaman

Setelah media tanam sudah siap, masukan bibit kemudian tutup dengan tanah bercampur pasir sambil dipadatkan menggunakan sendok teh. Setelah penanaman selesai anda lakukan semprotkan air ke tanah untuk menjaga kelembaban tanah. pada bagian atas anda bisa menambahkan hiasan tananam berupa batu warna atau hiasan lain untuk mempercantik tanaman.

5. Perawatan Menanam Kaktus Mini

Perawatan menanam kaktus mini dalam pot tidak sesulit saat membudidayakan cabe merah keriting. Perawatan kaktus bertujuan untuk memaksimalkan serta menjaga pertumbuhan tetap sehat serta subur. Penyiraman cukup anda lakukan setiap 1-2 minggu sekali, dan pemupukan sebaiknya menggunakan pupuk organik jika dirasa tanaman kurang subur.

Cara Menanam Kaktus dengan Stek Batang

9 Panduan Lengkap Menanam Kaktus Hias dengan Benar

Membudidayakan kaktus bisa juga dengan metode stek batang. Berikut metode menanam kaktus dari stek batang :

  • Pilih batang kaktus yang memiliki warga agak kelabu biasanya pohon berusia sekitar 1 tahun. Pastikan pula batang berkualitas tanpa terserang penyakit.
  • Potong tunas kaktus atau batang kaktus dengan panjang 1 sirip atau minimal dengan ukuran 5 cm.
  • Pastikan alat pemotong bersih, kemudian simpan kurang lebih 14 hari sampai bekas potongan berwarna kuning.
  • Setelah anda melakukan penyimpanan tanam pot pada media seperti penjelasan di atas yang sudah kami bahas sebelumnya.

Itulah ulasan dari kami tentang bagaimana menanam kaktus dengan baik.semoga memberikan manfaat serta informasi buat anda.

Salam hangat buat anda dan keluarga.

 

 

 

 

 

Leave a Comment