4 Cara Lengkap Menanam Kembang Sepatu Dengan Benar

Menanam kembang sepatu. Pada kesempatan kali ini ilmutanah.com akan mengulas bagaimana cara membudidayakan bunga sepatu. Tentunya jenis bunga yang satu ini tidak asing ditelinga kita. Bunga dengan ciri-ciri kelopak bunga yang lumayan besar serta memiliki warna yang cantik.

Hibiscus rosa-sinensis adalah nama latin bunga ini, tanaman bunga sepatu sendiri dapat tumbuh tinggi hingga 2-5 m. Selain sebagai tanaman hias di negara cina warna merah yang mencolok dari bunga ini sering digunakan sebagai pewarna alami makanan. Meskipun pada umumnya kembang sepatu berwarna merah, ternyata ada beberapa jenis tanaman ini yang tidak kalah cantiknya.

Bunga sepatu sendiri memiliki beberapa warna yang cantik diantaranya, merah, merah tua, merah muda dan putih bersih. Bunga ini hampir mirip dengan bunga terompet yang memiliki 5 helai kelopak dengan warna cantik.

Jenis jenis Tanaman Kembang Sepatu

Sebelum kita memasuki pembahasan utama menanam kembang sepatu, sebagai pertimbangan anda dalam memilih jenis mana yang akan di budidayakan. Berikut jenis-jenis bunga sepatu :

  • Kembang sepatu albus

Bunga sepatu jenis ini memiliki warna putih bersih serta memiliki mahkota tunggal.  Jenis bunga ini sangat banyak di tanam pada daerah tropis pada dataran rendah hingga tinggi.

  • Kembang Sepatu CV-Natal

Varietas bunga sepatu ini banyak di budidayakan di Natal (Afrika Selatan). Ciri-ciri bunga ini berwarna putih dan memiliki warna merah tua pada bagian tengah kelopak bunga.

  • Bunga Sepatu Plenus

Bunga sepatu ini memiliki kelopak bunga yang unik seperti bunga mawar. Warna merah muda dan memiliki diameter sekitar 10 cm ini sering juga disebut dengan bunga cina. Bunga sepatu plenus juga memiliki warna lain yaitu merah gelap.

  • Bunga Sepatu Schizopelatus

Jenis bunga sepatu ini memiliki ciri-ciri tangkai bunga yang mirip seperti lentera serta berbentuk panjang. Cara menanam kembang sepatu jenis ini umumnya menggunakan metode stek batang.

Menanam Kembang Sepatu dalam Pot

Menanam kembang sepatu tentunya dapat mempercantik halaman rumah anda. Manfaat lain tentunya dapat membuat udara rumah anda semakin segar dan terlihat asri. Berikut cara membudidayakan bunga sepatu :

1. Waktu Pembudidayaan Kembang Sepatu yang Baik

Meskipun tanaman ini dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama, sebaiknya menanam kembang sepatu tidak anda lakukan pada saat musim dingin. Hal itu disebabkan bunga sepatu tidak dapat bertahan hidup pada suhu 15-32 C.

2. Persiapan Media Tanam Bunga Sepatu

Setelah anda mengetahui waktu penanaman terbaik, langkah selanjutnya yaitu dengan mempersiapkan media tanam. Siapkan pot berukuran sedang, kemudian isi pot dengan tanah bercampur pupuk yang memiliki kandungan tinggi kalium dan rendah fosfor. Tambahkan dolomit untuk menambah ph tanah jika dirasa keasaman tanah kurang.

3. Proses Penanaman Kembang Sepatu

Setelah media tanam siap untuk digunakan, buatlah lubang tanam sedalam 2-3 cm. Masukan benih bunga sepatu kemudian tamburkan tanah secara tipis untuk menutupnya. Dalam masa awal penanaman sebaiknya dilakukan perawatan dengan intens untuk merangsang pertumbuhan benih terutama kebutuhan air.

4. Perawatan Menanam Kembang Sepatu

Perawatan tanaman tidak hanya anda lakukan saat menanam ciplukan. Perawatan tanaman kembang sepatu bermanfaat untuk menjaga kesehatan tanaman serta bunga. Untuk mengetahui proses tersebut simak penjelasan dibawah ini :

  • Penyiraman Dan Pemupukan

Penyiraman bermanfaat untuk menjaga kelembaban media tanam. Lakukan tahap ini secara berkala saat anda melihat tanah yang terlalu kering, atau tanaman terlihat kurang segar. Tambahkan pula pupuk NPK setiap sebulan atau dua bulan sekali jika tanaman terlihat kurang subur.

  • Pengendalian Hama

Hama dan penyakit tentunya menjadi momok utama para pegiat budidaya, baik hama penyerang akar dan daun. Untuk mencegah atau mengendalikan hama jenis tersebut anda bisa menyemprotkan insektisida susuai dosis secara berkala.

  • Pemangkasan

Pemangkasan bertujuan untuk merangsang pertumbuhan tunas baru. Manfaat lainnya yaitu dapat membuat tanaman berbunga lebih banyak lagi. Tentunya dengan pemangkasan tanaman kembang sepatu anda akan terlihat semakin cantik dan rapi.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam kembang sepatu dengan baik dan benar. Semoga pembahasan kali ini memberikan informasi yang positif buat anda.

Salam hijau buat anda dan keluarga.

 

 

Leave a Comment