8 Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah dengan Lebat

Menanam mangga. Pada artikel kali ini ilmu tanah akan membahas bagaimana cara menanam mangga dengan baik. Buah mangga adalah salah satu jenis yang sangat digemari oleh masyrakat karena kelezatan buah ini.

Dengan banyaknya peminat terhadap buah ini, tak jarang pula para petani belajar mengenai cara menanam mangga. Baik untuk dikonsumsi sendiri dengan menanam di halaman rumah atupun dijadikan ladang bisnis buat mereka.

Syarat Tumbuh Menanam Mangga

Sebelum kita memasuki inti pembahasan mengenai bagaimana cara menanam mangga, alangkah baiknya mengetahui sayarat tumbuh menanam mangga yang baik dibawah ini.

  • Agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal serta menghasilkan buah  berkualitas, jenis tanah yang cocok yaitu tanah bercampur lempung, pasir dan gembur. Ketiga unsur tanah tersebut harus seimbang.
  • Daerah yang cocok untuk menanam mangga yaitu dengan kandungan keasaman atau ph tanah sekitar 5,5-7,5. Anda juga bisa melakukan pengkapuran pada media tanam utama apabila kandungan ph kurang dari 5 dengan menggunakan dolomit.
  • Tempat terbaik untuk membudidayakan mangga yaitu dengan ketinggian 300-500 MDPL.

Cara Menanam Mangga Harumanis

Mangga harumanis adalah salah satu jenis dari varietas mangga yang paling banyak digemari. Peminat jenis mangga ini juga terus meningkat, lalu bagaimana menanam mangga harumanis sebagai ladang bisnis kita?? Simak penjelasan tersebut berikut ini :

1. Persiapan Bibit Mangga

Untuk mendapatkan bibit mangga harumanis anda bisa membeli di toko bibit tanaman. Hal yang perlu anda perhatikan yaitu

  • Bibit mangga tidak bercabang serta memiliki batang utama yang tegak lurus.
  • Tidak terserang hama dan penyakit
  • Bibit tidak layu dan terlihat segar dan subur

2. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan dalam membudidayakan mangga harumanis sebaiknya dengan melakukan penggemburan. Dalam tahap ini diharapkan bersamaan dengan pembersihan tanaman gulma atau rumput pengganggu.

Penggemburan tanah bisa dilakukan dengan menggunakan cangkul atau dengan menyewa alat bajak jika anda memiliki uang lebih. Anda juga bisa menambahkan parit dengan lebar 40 cm untuk mempermudah pengairan apabila musim hujan tiba.

Baca juga :

Setelah tanah gembur buat lubang sedalam 100 cm masing-masing sisinya sama. Tambahkan pupuk kandang sampai setengah kedalaman lubang kemudian tutup kembali dengan menggunakan tanah. Pembuatan lubang sebaiknya seminggu sebulum masa tanam agar pupuk dapat terserap sempurna pada tanah.

3. Penanaman Bibit

Langkah ke tiga menanam mangga harumanis yaitu proses penanaman. Buatlah lubang kembali yang sudah ditutup dengan kedalaman 30-40 cm dengan lebar 60 cm. Sebelum ditanam pastikan plastik polybag pada bibit anda buang terlebih dahulu. Tutup kembali dengan tanah sambil sedikit dipadatkan.

Jarak antar tanaman saat anda menanam mangga yaitu 10 cm, karena jenis pohon ini dapat tumbuh tinggi dan lebat. Siram menggunakan air setelah proses penanaman selesai untuk menjaga kelembaban tanah.

4. Cara Perawatan yang Baik

Perawatan dengan tepat serta baik tentunya dapat merangsang pertumbuhan dan pembuahan menjadi lebih optimal. Perawatan yang tepat untuk menanam mangga sebagai berikut :

  • Penyiraman

Pada saat musim kemarau penyiraman dilakukan dua kali dalam satu minggu. Perhatikan pula parit berjalan dengan baik agar tidak terjadi genangan saat musim hujan tiba.

  • Penggemburan Susulan

Penggemburan susulan perlu anda lakukan supaya membantu akar cepat tumbuh dengan kuat. Tahap ini anda lakukan setelah satu bulan tanam atau saat anda melihat tanah mulai padat karena proses penyiraman.

  • Penyiangan Gulma

Penyiangan bertujuan agar tanaman tumbuh lebih optimal, manfaat lain dari penyiangan yaitu agar nutrisi yang terkandung pada tanah terserap sempurna oleh tanaman utama. Pembersihan rumput gulma anda kerjakan setelah usia tanam memasuki usia satu bulan.

  • Pemangkasan Tunas

Pemangkasan saat menanam mangga sangat dianjurkan karena pohon yang terlalu banyak tunas akan menghambat pertumbuhan tunas utama.

  • Pemupukan

Pemupukan dilakukan untuk merangsang pertumbuhan serta pembuahan, anda bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk npk sebanyak 30 gram setiap batang pohon. Pemupukan yang baik yaitu sebulan sekali atau saat anda melihat tanaman kurang subur.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Sama seperti saat anda menanam jeruk nipis, pengendalian hama dan penyakit juga perlu diperhatikan agar pohon mangga tetap sehat. Salah satu cara mencegahnya yaitu dengan menyemprotkan pestisida secara rutin sebulan sekali sesuia dosis pada label.

5. Pemanenan Mangga Harumanis

Pemanenan mangga harumanis dapat anda lakukan pada saat usia tanam memasuki 2 tahun setelah menanam mangga. Mangga adalah jenis buah musiman yang berbuah biasanya setaun sekali. Bungkus dengan menggunkan plastik sedini mungkin untuk menghindari serangan hama pada buah mangga.

Pemanenan bisa anda lakukan menggunakan pisau atau gunting yang bersih. Sortir mangga sesuai ukuran simpan ditempat yang sejuk baru untuk proses pematangan setelah itu anda bisa menjualnya di pasar atau dikampung anda.

Cara Menanam Mangga Manalagi Dalam Pot

8 Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah dengan Lebat

Menanam mangga manalagi dalam pot dapat anda lakukan dengan mudah asalkan melawati tahapan dengan tepat. Untuk mempersingkat waktu simak ulasan selengkapnya di bawah ini :

1. Pemilihan Bibit 

Apabila anda ingin menanam mangga dengan media pot, sebaiknya pilih bibit genjah atau cepat berbuah. Bibit ini biasanya hasil dari cangkokan atau okulasi induk yang berkualitas. Biasanya bibit ini terdapat pada toko penjualan segala macam bibit buah-buahan.

2. Mempersiapkan Media Tanam

Pemilihan pot anda bisa menggunakan bekas drum besar agar mempermudah proses pertumbuhan bibit mangga. Pastikan pula terdapat lubang di bagian bawah pot supaya tidak terjadi genanagan saat anda melakukan penyiraman.

Isi media pot dengan campuran tanah, pupuk halus, dan pecahan genting atau serbuk gergaji. Serbuk gergaji diletakan paling bawah dengan ketebalan 5-10 cm bertujuan untuk mempermudah drainase. Masukan tanah bercampur pupuk sampai 2/3 media pot.

3. Penanaman mangga manalagi

Setelah bibit berkualitas anda dapatkan langkah selanjutnya yaitu penanaman. Masukan bibit manalagi yang sudah anda dapatkan kedalam pot, kemudian timbun dengan tanah bercampur pupuk halus sampai dengan bibit pot sambil dipadatkan sedikit. Jangan lupa pula plastik polybag pada bibit dibuang terlebih dahulu.

Itulah cara menanam mangga manalagi dalam pot, untuk perawatan serta pemanenan anda bisa membacanya di bagian awal pembahasan.

Manfaat Mangga Bagi Kesehatan

8 Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah dengan Lebat

Selain mengulas cara menanam mangga indramayu dan manalagi sebagai tamabahan informasi buat anda berikut manfaat mengejutkan buah mangga bagi kesehatan :

  • Menurunkan Kolesterol

Buah mangga kaya akan vitamin C dan serat yang dapat membantu menurunkan kadar koleterol dalam tubuh.

  • Dapat Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan baik astragalin, quercetin methylgallat yang ada pada buah mangga dapat mencegah pertumbuhan berbagai jenis kanker dalam tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A tidak hanya pada wortel saja akan tetapi juga terdapat pada buah mangga. Dimana vitamin tersebut dapat menjegah penyakit mata seperti rabun jauh serta iritasi pada mata.

Itulah beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh kita. Semoga pada ulasan kali ini memberikan manfaat serta informasi dan wawasan buat anda.

Salam sejahtera buat anda dan keluarga anda.

 

 

Leave a Comment