5 Tips Menanam Nanas Dengan Hasil Berkualitas

Menanam nanas. Pada kesempatan kali ini ilmu tanah akan memberikan informasi tentang tips membudidayakan nanas. Menanam nanas sendiri terbilang cukup mudah dibandingkan dengan membudidayakan cabe merah keriting.

Nanas atau dengan lain ananas comosus adalah salah satu buah dengan rasa asam manis dan memiliki daging berwarna kuning. Buah dengan daun panjang serta runcing dan kulit bersisik ini berasal dari daratan brasilia.

Hal yang unik di indonesia sendiri, menurut informasi yang kami dapatkan, buah nanas awalnya dijadikan tanaman hias. Namun sering berjalannya waktu buah ini sering dijadikan makanan, keripik, selai bahkan untuk campuran rujak.

Syarat Tumbuh Menanam Nanas

Menanam nanas sendiri sangat mudah karena dapat tumbuh pada dataran rendah hingga tinggi. Berikut syarat tumbuh menanam nanas :

  • Dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan suhu 23-32º C
  • Tempat dengan intensitas matahari sekitar 30-70%
  • Kandungan keasaman tanah atau ph tanah sekitar 4,5-5,5.
  • Tanah bertekstur gembur, tanah mengandung pasir, tanah lempung tentunya disertai pula kesuburan tanah.
  • Drainase berjalan dengan baik walaupun dapat bertahan pada curah hujan yang tinggi.

Cara Menanam Nanas dengan Benar

Setelah kita mengetahui syarat tumbuh dalam membudidayakan nanas mari kita memasuki inti pembahasan.

1. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit berkualitas tentunya sangat penting untuk dilakukan supaya tingkat presentase pertumbuhan menjadi lebih besar. Pemilihan bibit nanas dapat anda lakukan dengan cara yaitu :

  •  Vegetatif

Cara ini  yaitu dengan mengmbil tunas pada buah nanas. Pastikan anda memilih dari indukan memiliki kualitas serta tidak terserang penyakit. Tunas terlihat segar, Setelah anda menemukan tunas berkualitas. Potong daun bagian bawah tunas untuk mempermudah penguapan dan pemindahan. Langkah selanjutnya yaitu dengan menanam tunas pada media semai, bisa menggunkan polybag atau media lain. Isi media semai dengan pasir bercampur pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.

2. Cara Persiapan Lahan Menanam Nanas

Sama seperti saat anda menanam bunga matahari, pengolahan lahan dilakukan dengan cara penggemburan lahan menggunakan cangkul atau dibajak. Penggemburan sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan dibarengi dengan penyemaian bibit.

Setelah media tanam gembur buatlah bedengan dengan ringgi 30-40 cm lebar 50-90 cm jarak antar bedengan untuk mempermudah drainase 30-50 cm. Tambahkan dolomit untuk proses pengapuran apabila keasaman tanah dibawah 4.

3. Proses Penanaman Bibit

Setelah tanah gembur buatlah lubang tanam dengan ukuran kurang lebih 30x30x30 dengan jarak tanam 40×60 cm. Setelah itu masukan bibit yang siap tanam setiap satu lubang satu bibit nanas. padatkan tanah sampai pangkal tunas setelah penanaman selesai siram menggunakan air untuk menjaga kelembaban tanah.

4. Perawatan Budidaya Nanas

Perawatan dengan tepat tentunya dapat merangsang pertumbuhan serta pembuahan lebih maksimal. Perawatan menanam nanas dengan tepat yaitu :

  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan 2 minggu sekali pada waktu pagi dan sore hari, untuk memaksimalkan proses pembuahan nanas.

  • Penyulaman

Penyulaman dilakukan dengan mengganti bibit yang mati ataupun gagal tumbuh baik terserang hama dan penyakit. Penyulaman dapat anda lakukan setelah usia tanam paling lambat 1 bulan. Manfaat lain dari penyulaman yaitu untuk memaksimalkan lahan serta meningkatkan hasil panen.

  • Penggemburan susulan

Penggemburan susulan dilakukan agar pertumbuhan nanas tetap kokoh dan akar tidak keluar dari tanah akibat padatnya lahan. Penggemburan dapat anda lakukan menggunakan garpu maupun cangkul.

  • Pemupukan susulan

Pemupukan susulan dilakukan agar proses pertumbuhan serta pembuahan berjalan optimal. Dalam hal ini berikan pupuk susulan setelah usia tanam 2-3 bulan dengan menggunakan 100 kg pupuk urea 100 kg KCL dan 150 kg sp-36. Masing-masing ukuran per 1 hektar lahan tanam, pemupukan berikutnya setiap 2 bulan sekali. Atau saat anda melihat tanaman nanas kurang subur.

  • Pengendalian hama dan penyakit

Seperti saat anda menanam kacang tanah, pengendalian hama dan penyakit juga perlu anda lakukan dalam menanam nanas. Pengendalian hama dan penyakit bertujuan agar tanaman tumbuh dan sehat serta subur.

Baca juga :

Penyemprotan cairan insektisida dan perendaman pangkal bibit menggunakan air bercampur fungisida adalah salah satu cara pengendalian hama dan penyakit.

5. Cara panen nanas

Pemanenan nanas dapat anda lakukan setelah usia tanam kurang lebih 2 tahun. Pemanenan sendiri dapat menggunakan pisau tajam serta steril untuk menjaga tanaman tetap sehat.

Pemanenan dapat anda lakukan 3 kali yaitu 25 % pada panen pertama 50 % kedua dan 25 % panen terahir.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

5 Tips Menanam Nanas Dengan Hasil Berkualitas

Selain membahas bagaimana cara menanam buah nanas dengan bailk, sebagai informasi berikut manfaat buah nanas bagi kesehatan.

  • Membantu mengobati radang sendi

Kandungan enzim proteolitik berguna untuk pemecahan protein kompleks dan memiliki efek inflamasi.  Manfaat lain yaitu dapat mengurangi peradangan otot dan sendi. Bagi seseorang yang menderita artritis atau terjadi pembengkakan, kaku, dan susah bergerang agar mengkonsumsi buah ini secara rutin untuk membantu penyembuhan penyakit tersebut.

  • Meningkatkan sistem imun

Kandungan vitamin C pada nanas bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan dalam tubuh. Dimana vitamin C dapat membantu memproduksi sel darah putih dapat dijadikan sebagai antioksidan yang melindungi dari radikal bebas berbahaya.

  • Mencegah kanker

Selain banyak mengandung vitamin C, di dalam buah nanas juga terdapat beta karoten, bromelain dan mangan yang dapat mencegah jenis kanker seperti kanker payudara, mulut dan tenggorokan.

  • Dapat menjaga kesehatan tulang

Meskipun di dalam buah nanas sedikit mengandung vitamin D, akan tetapi nanas banyak mengandung mangan yang juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang.

Manfaat Nanas untuk Kecantikan

Menanam nanas tentu memiliki banyak manfaat, selain sebagai ladang bisnis, nanas juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Berikut manfaat nanas untuk kecantikan kulit

  • Salah satu solusi jerawat

Kandungan vitamin C dan anti inflamasi dapat membantu meningkatkan penyembuhan pada kulit wajah yang berjerawat.

  • Membantu kulit tampak muda

Dengan kandungan sintesis kolagen pada buah nanas dapat membantu mengencangkan kulit dan membuat kulit kenyal seperti saat muda.

  • Mencerahkan wajah

Menggunakan masker wajah dari buah nanas dapat membantu menghilangkan kotoran yang terdapat pada kulit wajah. manfaat lain yaitu dapat juga mengangkat sel kulit mati pada wajah.

  • Mampu memperkuat kuku

Memakan nanas secara rutin baik dijadikan jus maupun dimakan langsung dapat memperkuat serta mempercantik kuku berkat kandungan vitamin A dan B pada buah nanas.

  • Mengatasi bibir pecah-pecah

Kandungan nutrisi pada nanas dapat mengatasi bibir pecah-pecah, cara memanfaatkannya yaitu dengan hancurkan sedikit daging nanas kemudian campur dengan minyak kelapa kemudian oleskan pada bibir anda.

  • Mengatasi gatal pada kepala

Berkat enzim antioksidan dan kekuatan anti inflamasi pada buah nanas dapat membantu meredakan gatal pada kepala. Baik disebabkan oleh peradangan pada kulit maupun infeksi pada kulit kepala.

  • Membantu pertumbuhan rambut

Kandungan vitamin pada nanas dipercaya dapat membantu pertumbuhan rambut menjadi lebat.

Itulah beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan, demikian ulasan dari kami semoga bermanfaat dan memberikan informasi serta wawasan buat anda.

Salam hangat dari kita untuk anda dan keluarga anda

 

 

 

Leave a Comment