6 Tips Sukses Menanam Pepaya California dengan Benar

Menanam pepaya california. Anda pasti tau kan dengan jenis pepaya satu ini???? pepaya ini selain memiliki rasa lebih manis juga terdapat kandungan vitamin penting untuk kesehatan tubuh. Tidak heran apabila jenis pepaya satu ini paling digandrungi oleh masyarakat.

Membudidayakan pepaya california sendiri terbilang cukup mudah, apabila anda melewati tahapan-tahapan dengan benar. Dengan melihat peluang tersebut, tentunya menjadi solusi terbaik untuk menanamnya di lahan anda sebagai pemasukan tamabahan.

Menanam Pepaya California di Lahan

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, membudidayakan pepaya california dengan sekala besar tentunya dapat menjadi nilai bisnis buat anda. Untuk mempersingkat waktu anda berikut ulasannya :

1. Pemilihan Bibit Berkualitas

Langkah pertama menanam pepaya california adalah dengan memilih bibit berkualitas. Dengan menggunakan bibit super tentunya dapat meningkatkan peluang tumbuh serta mengasilkan buah pepaya super pula. Cara pertama yaitu dengan membeli buah pepaya yang benar-benar masak, pastikan kesehatan buah, tidak terserang hama dan penyakit.

Baca Juga :

Belah buah pepaya california yang sudan kamu beli, ambil biji pada bagian tengahnya saja, karena biji bagian tengah adalah biji terbaik untuk dijadikan bibit. Cara kedua yaitu dengan membeli langsung di toko pertanian, pastikan anda membeli bibit unggul, selain itu cek terlebih dahulu bungkus bibit tidak rusak.

2. Proses Penyemaian Bibit

Langkah selanjutnya setelah kamu mendapatkan bibit unggul adalah proses penyemaian, berikut panduannya :

  • Rendam terlebih dahulu bibit kedalam air selama satu malam
  • Keesokan harinya buang biji pepaya yang mengambang, karena suatu tanda biji tersebut tidak layak tanam
  • Bungkus menggunakan tisu basah atau kain basah biji diatas selama 1 minggu
  • Siapkan polybag berukuran kecil sebagai media semai, isi media tersebut menggunakan campuran tanah bercampur pupuk dengan perbandingan 2:1
  • Masukan bibit pepaya sedalam 5 cm kemudian taburkan tanah secara tipis untuk menutupnya
  • Buat sungkup media semai guna mencegah terkena air hujan langsung.
  • Siram setiap pagi dan sore hari untuk menjaga kelembaban tanah.

3. Persiapan Lahan

Pengolahan yang baik tentunya dapat merangsang pertumbuhan serta pembuahan maksimal, berikut panduan lengkap pengolahan saat anda menanam pepaya california.

  • Bersihkan lahan dari tanaman pengganggu dan gemburkan lahan
  • Setelah lahan gembur buatlah bedengan dan jarak antar bedengan 30 cm guna mempermudah air mengalir supaya tidak terjadi genangan saat terjadi musim hujan
  • Buatlah lubang diatas bedengan dengan ukuran 50 cm dan jarak antar lubang tanam sekitar 2.5 meter
  • Tutup kembali lubang diatas dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang maupun kompos sebagai pupuk dasar
  • Setelah itu siram sampai media tanam basah
  • Diamkan lahan selama 1 minggu sebelum proses penanaman bibit pepaya california

4. Penanaman Bibit

Langkah ke empat menanam pepaya california adalah pemindahan bibit dari media semai ke media tanam utama. Sebelum pemindahan, buat kembali lubang tanam ukuran disesuaikan besarnya bibit. Buang terlebih dahulu plastik polybag kemudian masukan bibit kedalam media tanam, tutup kembali sambil dipadatkan.

Siram setelah proses penanaman selesai anda lakukan guna menjaga kelemababan tanah agar tidak kering. Waktu penanaman terbaik yaitu pada waktu sore hari.

5. Perawatan

Perawatan bertujuan untuk memaksimalkan proses pertumbuhan, perawatan mempengaruhi hasil panen kedepannya. Berikut perawatan saat yang tepat saat anda menanam pepaya california :

  • Penyiraman

Tanaman pepaya california dapat tumbuh maksimal apabila pasokan air cukup, dengan pentingnya hal tersbut penyiraman dilakukan setiap dua hari sekali pada musim kemarau. Pada saat musim hujan anda tidak perlu melakukan proses ini, lakukan pengecekan secara rutin saat musim hujan tiba apakah drainase bejalan lancar atau ada genangan. Pastikan tidak ada genangan pada media tanam utama karena dapat menyebabkan pembusukan akar tanaman pepaya california.

  • Pemupukan Susulan

Untuk menjaga kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi, pemupukan awal saat usia 1 minggu berikan pupuk kandang sebanyak 40 kg setiap tanaman. Selanjutnya setelah usia 2 minggu berikan 200 gram NPK dan lakukan pemupukan kembali setiap 3 bulan sekali dan 40 kg pupuk kandang.

  • Pemangkasan

Pemangkasan dahan atau daun bertujuan untuk memaksimalkan pertumbuhan tunas utama, penyiangan juga tak kalah pentingnya guna mengoptimalkan lahan dan hasil panen. Ganti bibit baru saat usia tanam 1 minggu apabila terdapat bibit mati maupun pertumbuhan lambat.

6. Pemanenan Pepaya California

Pemanenan buah pepaya california dapat anda nikmati setelah usia tanam 7-9 bulan, petik langsung buah pepaya yang sudah menguning, dan pemanenan dapat anda lakukan setiap 1-2 hari sekali mengingat buah pepaya tidak masak bersama. Harga normal buah pepaya california umumnya 4000-5000/kg, tentunya harga tersebut dapat berubah tergantung keadaan pasar.

Itulah ulasan dari saya mengenai panduan lengkap menanam pepaya california dengan benar. Semoga memberikan manfaat dan informasi positif buat anda.

Salam Hangat buat anda dan keluarga

Tinggalkan komentar