5 Cara Mudah Menanam Pucuk Merah Di Rumah Anda

Menanam pucuk merah. Tanaman hias yang satu ini  memiliki keunikan serta kecantikan tersendiri. Bagian pucuk pohon ini berwarna merah yang menjadikan kecantikan tersendiri dari hiasan ini. Tak heran jika anda  menemukan tanaman ini baik di halaman rumah maupun di taman.

Untuk menanam pucuk merah ini juga tergolong mudah baik dalam perawatan dan pemeliharaan. Disamping itu juga anda dapat membudidyakannya baik dalam pot maupun pada halaman rumah anda.

Cara Menanam Pucuk Merah Dalam Pot

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas,  menanam pucuk merah juga dapat anda lakukan menggunakan media pot. Untuk lebih jelasnya berkut tahapan membudidayakan bunga pucuk merah :

1. Persiapan Bibit Pucuk Merah

Pada proses ini ada dua cara dalam mempersiapkan bibit pucuk merah terdapat dua cara yaitu generatif dan vegetatif. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui penjelasan keduanya :

a. Cara perbanyak bibit Generatif

Cara pertama yaitu dengan cara generatif, cara ini dengan mengambil bibit dari tanaman yang sudah cukup tua. Ambil biji pucuk merah yang hampir mirip seperti biji lada, kemudian lakukan proses penyemaian biji.

  • Siapkan polybag kecil
  • Langkah kedua yaitu mempersiapkan media tanam, dalam tahap ini anda bisa menggunakan tanah halus, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1.
  • Masukan campuran ketiga media tanam yang sudah dicampur hingga merata pada polybag kecil.
  • Penyirman dalam proses penyemaian sebaiknya anda lakukan secara rutin guna menjaga  kebutuhan air bibit yang masih muda.
  • Pindahkan bibit pada polybag yang lebih besar apabila bibit sudah tumbuh tinggi sekitar 15 cm. Dan bibit siap dipindahkan pada media tanam ketika memiliki tingi 40-60 cm.

b. Cara Memperbanyak Bibit dengan Cara Vegetatif

Cara kedua memperbanyak bibit saat menanam pucuk merah yaitu dengan cara vegetatif. Berikut ciri-ciri bibit indukan berkualitas serta bahan yang perlu anda siapkan :

  • Batang tidak terlalu tua dan muda
  • Indukan tanpa terserang hama dan penyakit
  • Siap kan polybag berukuran sedang
  • Tanah bercampur pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1

Setelah mempersiapkan bahan serta mendapatkan bibit berkualitas berikut cara stek tanaman pucuk merah :

  • Potong batang pucuk merah dengan panjang 20-25 cm, potong juga daun sisakan beberapa helai daun saja.
  • Rendam bagian akar beberapa menit menggunakan air bercampur ZPT untuk mempercepat pertumbuhan akar.
  • Tanam pada media semai yang sudah anda siapkan sebelumnya
  • Simpan media semai di tempat yang teduk
  • Siram secara berkala apabila anda mendapati media semai kering.

2. Proses Penanaman Budidaya Pucuk Merah

5 Cara Mudah Menanam Pucuk Merah Di Rumah Anda

Sebelum melakukan proses penanaman pucuk merah dalam pot, siapkan media tanam berupa, pot berukuran 50-70 cm. Isi media pot dengan menggunakan tanah, pupuk kandang dan arang sekam perbangingan ke tiganya yaitu 2:1:1.

Bunag plastik polybang kemudian potong akar tinggang supaya tidak merusak pot nantinya saat tanaman tumbuh dewasa. Masukan bibit kemudian masukan campuran tanah yang sudah merata sambil dipadatkan. Peletakan bibit sebaik pas di tengah-tengah pot, simpan di tempat yang teduh guna memberi waktu tanaman beradaptasi pada tempat baru.

Setelah beberapa hari anda bisa memindahkan tanaman ke tempat yan terkena sinar matahari langsung. Penyiraman dilakukan secara rutin untuk menjaga kelembaban tanah agar tidak terlalu kering.

Cara Menanam Pucuk Merah di lahan atau Taman

Cara kedua yaitu menanam pucuk merah dengan media tanah langsung. Cara ini tentunya dapat anda lakukan di halaman rumah anda maupun taman bahkan lahan anda. Berkut langkah-langkahnya.

  • Pemilihan lokasi yang tepat yaitu tempat yang terbuka
  • Setelah menemukan lokasi yang pas, buatlah lubang tanam dengan ukuran 30x30x30.
  • Masukan pupuk kandang dan campur merata dengan tanah sebagai pupuk dasar
  • Buang penutup media semai kemudian masukan dan timbun dengan tanah bercampur pupuk sambil di padatkan.
  • Siram menggunakan air bersih untuk menjaga tanah tidak kering.

3. Cara Perawatan Pucuk Merah

Perawatan menanam pucuk merah tidak sesulit saat anda menanam lada. Dalam tahap ini anda perlu mengontrol tingkat kekeringan serta nutrisi pada tanaman. Siram jika tanah terlihat kering dan berilah pupuk kandang atau pupuk kimia dengan jarak 10 cm dari batang utama tanaman.

Lakukan penyulaman apabila terdapat tanaman yang gagal tumbuh dan penyiangan supaya tanaman dapat berkembang dengan maksimal.

4. Cara Pemangkasan Pucuk Merah

Pemangkasan tentunya bertujuan untuk memperbanyak tunas yang berwarna merah, semakin banyak tunas muda maka semakin cantik tanaman pucuk merang. Pemangkasan dapat anda lakukan setiap 2-3 bulan sekali secara rutin. Pangkaslah tunas yang terkena sinar matahari langsung.

5. Manfaat Pucuk Merah

Manfaat tanaman pucuk merah selain untuk dijadikan bibit ternyata sangat berbuga untuk kehidupan kita. Baik untuk penyejuk lingkungan jenis pohon hias ini juga sangat baik untuk menjaga tanah tidak mudah longsor. Pucuk merang memiliki akar yang kuat sehingga tidak mudah roboh selain itu akar ini sangat baik dalam  hal penyimapanan air. Pucuk merah sendiri saat ini cukup booming berkat kecantikan dan manfaat buat kehidupan kita.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara tepat menanam pucuk merah dengan benar. Semoga ulasan kali ini memberikan manfaat dan informasi buat anda.

Salam tani Indonesia

 

 

Tinggalkan komentar