5 Cara Menanam Sirih Bagi Pemula dengan Benar

Menanam sirih merah. Pada pertemuan kali ini ilmu tanah akan mengulas bagaimana cara membudidayakan daun sirih merah. Daun sirih atau suruh sering digunakan sebagai obat alami sejak dulu. Disamping itu daun sirih juga mempunyai nilai jual lumayan yang dapat menambah pemasukan anda.

Karakter daun sirih yaitu tidak menyukai tempat yang terkena cahaya matahari berlebihan, dan juga tidak suka pada tempat yang terlalu banyak mengandung air. Terlalu basah dapat menyebabkan batang busuk dan kemudian mati.

Dalam menanam daun sirih sebenarnya mudah apabila anda melewati tahapan-tahapan dengan benar. Baik dari pemilihan bibit, media tanam yang baik dan tentunya perawatan yang tepat untuk mengetahui secara lengkap simak ulasan di bawah ini :

Menanam Sirih Merah Dalam Pot

Sirih merah adalah salah satu varietas yang cukup populer di masyarakat, karena memiliki daun berwarna merah. Selain digunakan tanaman untuk tanaman hias daun sirih juga dapat dijadikan ramuan herbal. Berikut cara menanam sirih merah dalam pot :

1. Pemilihan Bibit Berkualitas

langkah pertama membudidayakan daun sirih merah yaitu dengan memilih bibit berkualitas. Dengan menggunakan bibit unggul tentunya dapat menambah presentase tingkat pertumbuhan yang optimal. Dalam langkah awal ini anda bisa mendapatkan bibit dengan 2 cara yaitu :

  • Dengan Stek Batang

Teknik stek batang dalam menanam sirih sama seperti saat anda menanam lemon yaitu dengan cara memotong batang bibit sirih yang sudah tua. Pastikan memilih dari indukan yang sehat tidak terserang hama maupaupun penyakit. Potong batang daun sirih dengan ukuran kurang lebih 2-3 ruas, siapkan media semai berupa polybag berdiamter 10 cm dan di isi pupuk kompos, pasir dan tanah dengan perbandingan ketiganya yaitu 1:1:3.

Setelah media semai siap masukan potongan batang sirih kedalam media semai kemudian sedikit dipadatkan. Siram setiap pagi dan sore hari untuk menjaga kelembaban tanah dan simpan bibit di tempat yang teduh. Tunggu sampai bibit mulai tumbuh tunas serta akar sebelum di tanam pada media tanam utama yaitu pot.

  • Dengan Teknik Merunduk

Berbeda dengan teknik stek yang langsung dipotong pada ruas batang, teknik merunduk dalam memilih bibit sirih yaitu dengan cara menyulurkan beberapa batang sirih agar menempel pada media tanam. Atur bagian batang sirih agar menyentuh tanah bercampur pasir dan kompos.

Baca juga :

Setelah beberapa hari batang yang menyentuh tanah akan mengeluarkan akar, potong bagian tersebut kemudian pindahkan ke media semai seperti di atas.

2. Persiapan Media Tanam

Langkah ke dua dalam menanam sirih yaitu dengan menyiapkan media tanam, siapkan pot berukuran sedang masukan 3/4 campuran tanah, pupuk dan pasir perbandingan ke tiganya yaitu 1:1:1. Siram dengan air media tanam sebelum digunakan untuk menjaga kelembaban tanah.

3. Penanaman sirih

Langkah selanjutnya setelah bibit dan media tanam sudah siap untuk digunakan yaitu dengan memindahkan bibit ke media tanam utama. Cabut dengan hati-hati agar akar tidak rusak, atau anda bisa membawa tanahnya langsung, pastikan plastik polybag dibuang terlebih dahulu.

Cara Menanam Sirih di Halaman Rumah

Menanam sirih di halaman rumah anda juga bisa dilakukan tanpa menggunakan pot, karena pemilihan bibit sudah kami jelaskan diatas berikut cara pengolahan lahan membudidayakan sirih di halaman rumah.

1. Pengolahan Lahan

Gemburkan beberapa bagian lahan anda sedalam 30 cm dalam tahap ini tentunya bersamaan dengan pembersihan rumput pengganggu. Setelah tanah gembur diamkan selama 24 jam, kemudian taburkan pupuk kandang atau pupuk kompos anda bisa menyiram media tanam agar pupuk cepat meresap, diamkan kembali selama satu hari sebelum lahan digunakan.

2. Penanaman Bibit Pada Lahan

Seperti saat anda menanam sirih dalam pot, buat lubang beberapa cm sesuai besarnya bibit yang anda dapatkan. Tanam bibit dan pastikan bagian akar berada di bawah, tutup kembali sambil dipadatkan kemudian siram untuk menjaga supaya media tanam kekeringan.

Cara Perawatan Menanam Daun Sirih

Dengan perawatan yang baik tentunya dapat mendorong pertumbuhan daun sirih menjadi lebih maksimal. Berikut perawatan saat ana menanam sirih baik dalam pot dan di halaman rumah anda.

  • Sebaiknya dalam membudidayakan daun suruh menggunakan tanah merah sebagai media utama, karena dapat merangsang pertumbuhan lebih baik dibandingkan jenis lain.
  • Penyiraman dilakukan 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari akan tetapi tidak berlebih. Untuk menjaga agar tanah tidak terlalu basah yang dapat menyebabkan pembusukan pada akar.
  • Pemupukan dilakukan hanya saat tanaman terlihat kurang subur, jarak pemberikan pupuk kurang lebih 7-10 cm dari batang pohon.
  • Tampat yang baik adalah tempat teduh
  • Dianjurkan untuk tidak memetik daun secara berlebih pasca panen dilakukan.

Pemanenan Daun Sirih Merah

5 Cara Menanam Sirih Bagi Pemula dengan Benar

Proses panen daun dapat anda lakukan setelah usia tanaman 4 bulan setelah tanam, perhatikan hal dibawah ini saat anda melakukan pemanenan daun suruh.

  • Daun yang dipanen tidak terlalu tua tidak pula terlalu muda dengan ukuran kurang lebih 10 cm.
  • Pohon suruh sudah tumbuh paling tidak 15-20 tangkai daun.
  • Potong daun sirih dari bawah dengan jarak 60 cm dari pangkal pohon
  • Hindari memanen daun pada bagian paling bawah, karena biasanya terkena kotoran saat turun hujan.

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Setelah kita mengetahui tatanan menanam sirih dengan benar baik menggunakan media pot maupun langsung di halaman. Sebagai tambahan informasi buat anda, selain membuat halaman rumah anda terlihat asri menananm daun suruh juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami. Berikut penjelasan singkatnya :

  • Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Meminum rebusan air daun sirih dapat membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh serta dapat membantu mengatasi penyakit diabetes tipe 2.

  • Dapat Menurunkan Kolesterol serta Tekanan Darah

kandungan antioksidan eungenol pada daun sirih hijau maupun merah dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan dapat menjaga kesehatan jantung. Memanfaatkan daun sirih untuk menurunkan tekanan darah, dengan meminum rebuasan air daun sirih sebanyak 2 akali sehari pada waktu pagi dan sore hari. Manfaat lainnya yaitu dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti penyakit kanker.

  • Dapat Membantu Penyembuhan Luka bakar

Kandungan antioksidan dalam daun sirih hijau maupun merah dapat membantu penyembuhan penyakit luar terutama disebabkan oleh luka bakar.

  • Dapat Mengibati Misisan

Manfaat daun sirih yang satu ini tidak asing di telinga kita, karna daun sirih digunakan sejak dulu pada anak atau orang dewasa terkenan penyakit mimisan. Kandungan antioksidan tannin pada daun suruh dapat membantu mempercepat penutupan luka pada hidung serta dapat membuat darah cepat mengental.

  • Bisa menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Dengan mengunyah atau berkumur dengan rebusan air daun sirih dapat menjaga kesehatan mulut dan menghambat pertumbuhan bakteri pada mulut salah satunya yang disebabkan oleh sisa-sisa makanan. Manfaat lain daun suruh yaitu dapat mencegah dari gigi berlubang.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagamana cara menanam sirih dengan benar serta manfaat daun sirih bagi kesehatan. Semoga ulasan kali ini memberikan manfaat serta pengetahuan buat anda.

Salam Tani Indonoseia

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment