6 Tips Menanam Strawberry agar Cepat Berbuah

Menanam strawberry. Salam sejahtera untuk kita semua, kali ini ilmu tanah akan mengulas serta memberikan informasi bagaimana tips menanam strawberry. Menanam strawberry supaya menghasilkan panen berlimpah tentunya melewati tahapan-tahapan yang tepat.

Strawberry selain dimakan langsung tak jarang masyrakat membuat jus atau selai terbuat dari jenis buah ini. Dengan banyaknya manfaat tak heran jika kebutuhan strawberry semakin taun semakin meningkat.

Sebelum memasuki inti pembahasan cara menanam strawberry, informasi yang tidak kalah pentingnya yaitu dengan megetahui syarat tumbuh menanam strawberry berikut.

  • Daerah terbaik untuk menanam strawberry yaitu daerah dengan ketinggian 1000-1500 MDPL.
  • Daerah dengan curah hujan 600-700 mm/ tahun. Pada daerah tersebut strawberi memiliki buah yang berkualitas.
  • Suhu terbaik untuk membudidayakan strawberry kurang lebih 17-20º C.
  • Daerah dengan tempat terbuka dengan sinar matahari sekitar 8-10 jam setiap harinya.
  • Tempat dengan kelembaban 70-80%.
  • Keasaman tanah kurang lebih 6-7,3 ph

Cara Menanam Strawberry di Pot

6 Tips Menanam Strawberry agar Cepat Berbuah

Cara menanam strawberry di pot tentunya dapat mempermudah anda dalam perawatan serta lebih efisien dalam hal pengeluaran, berikut cara membudidayakan strawberry di pot

1.Persiapan Media Tanam

Anda bisa menggunakan polybag atau pot sebagai media tanam utama. Isi pot atau polybag dengan menggunakan tanah bercampur pupuk kandang ataupun kompos dengan perbandingan 1:1.

2.Pemilihan Bibit Berkualitas

langkah kedua yaitu menyiapkan bibit berkualitas, anda bisa membeli bibit strawberry yang berkualitas di toko pertanian terdekan anda dan sudah memiliki review yang baik di mata masyarakat. Perhatikan pula bungkus bibit tidak rusak sebelum anda membayarnya.

Baca juga :

Jika anda menggunakan batang sebagai bibit strawberry perhatikan pula tidak terdapat penyakit atau cacat pada batang bibit. Karena batang bibit yang berkualitas tentunya dapat menunjang pertumbuhan yang lebih baik.

3.Proses Penanaman Bibit Strawberry

Setelah anda menyiapkan media tanam utama serta mendapatkan bibit berkualitas, langkah selanjutnya yaitu penanaman bibit. Buat lubang pada media tanam sedalam 3-5 cm baik biji maupun batang strawberry, kemudia tutup dengan tipis menggunakan tanah.

Setelah penanaman selesai, lakukan penyiram menggunakan air secukupnya demi menjaga kelembaban tanah.

4.Pemeliharaan Serta Perawatan Menanam Strawberry

Agar dalam menanam strawberry dapat tumbuh serta berbuah dengan optimal, tentunya tak lepas dari perawatan serta pememiliharaan yang baik. Simak ulasan dibawah ini :

  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan secara rutin dengan menggunakan embrat hingga memasuki fase generatif.

  • Penyulaman

Sama seperti saat anda menanam sawi penyulaman strawberry juga perlu dilakukan bertujuan agar tidak ada media tanam yang kosong. Manfaat lain dari penyulaman yaitu dengan memberikan kita pelajaran untuk pembudidayaan strawberry kedepannya.

  • Pemupukan

Pemupukan susulan anda lakukan setelah usia tanam kurang lebih dua bulan. Pemupukan dilakukan dengan tujuan menjaga pertumbuhan tanaman tetap optimal.

Anda bisa menggunakan pupuk organik dengan jarak kurang lebih 5-10 cm dari batang pohon.

  • Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan saat anda menggunakan bibit sistem vegetatif atau menggunankan batang tanaman sebagai bibit. Pemangkasan dilakukan dengan cara memotong tunas berlebih yang terdapat pada batang.

Baca juga :

Sisakan tunas yang paling berkualitas dan anda bisa menanam kembali pada media lain atau bisa dibuang langsung. Manfaat pemangkasan dalam menanam strawberry yaitu membuat tunas utama dapat tumbuh lebih baik.

5.Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama serta penyakit anda juga tidak kalah pentingnya anda lakukan dengan harapan tanaman dapat tumbuh sebur serta buah berkualitas. Selain melakukan penyiraman secara rutin, pengendalian hama dan penyakit dapat dengan cara menyemprotkan pestisida sesuai jenis hama dan tentunya susai dengan dosis yang tertera pada lebel.

6.Pemberian Fitohormon

Pemberian fitohormon dalam menanam strawberyy bertujuan untuk merangsang pertumbuhan serta pembuahan strawberry menjadi lebih berkualitas dan lebat. Pemberian hormon dengan cara menyuntikan ke batang tanaman strawberry berikut fitohormon yang biasa digunakan :

a. hormon etilen

Jenis hormon diatas bertujuan agar tanaman strawberry dapat mempercepat peroses pematangan buah pada pohon.

b. Hormon indol asam aselat

Hormon indol asam aselat dengan giberelin bermanfaat untuk mempertebal batang tanaman dan merangsang pembuahan dengan cepat serta lebat.

7.Pemanenan Buah Strawberry

Pemanenan dapat anda lakukan setelah usia tanam kurang lebih dua bulan. Proses panen strawberry bisa menggunkan gunting potong buah atau dengan menggunakan pisau yang bersih.

Manfaat Strawberry Buat Kesehatan

Selain ilmu tanah membahas bagaimana cara menanam buah strawberry agar cepat berbuah. Sebagai tambahan informasi buat anda berikut manfaat buah strawberry bagi kesehatan :

  • Sumber vitamin C

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah strawberry bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi, meningkat kekebalan tubuh, dan dapat menajdi antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker.

  • Menghaluskan kulit

Vitamin yang terkandung di dalam buah strawberry dapat membantu mengangkat sel-sel mati dalam kulit.

  • Mencegah diabetes

Kandungan rendah gula dalam buah strawberry sangat cocok buat anda yang sedang menjalankan program diet sehat.

Baca juga

Itulah beberapa manfaat buah strawberry bagi kesehatan. Semoga ulasan mengenai bagaimana cara menanam strawberry bermanfaat serta memberikan informasi dan wawasan buat anda.

Salam sejahtera untuk kita anda dan keluarga anda

 

 

 

 

Leave a Comment