5+Cara Menanam Terong Ungu supaya Hasil Melimpah

Cara menanam terong ungu, Itulah yang akan kita bahas kali ini. Bagi anda yang sedang mencari informasi atau sedang belajar menanam terong artikel ini akan sangat cocok untuk anda. Terong ungu atau dengan nama latin Solanum Melongena adalah salah satu sayuran yang sering dimasak oleh masyarak Indonesia. Bahkan kebutuan pasar akan terong ungu semakin meningkat setiap tahunnya.

Dinamakan terong ungu karena warna buah ini mememang berwarna ungu bulat panjang serta memiliki daun yang besar. Jenis tanaman ini memiliki batang yang berduri serta dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 40-150 cm.

Cara Menanam Terong Ungu

5+Cara Menanam Terong Ungu supaya Hasil Melimpah

Tingginya peminat pada terong ungu di pasar yang semakin meningkat setiap tahunnya, banyak pula petani memanfaatkan lahan mereka untuk membudidayakan terong ungu tersebut. Berikut ulasan bagaimana cara menanam terong ungu agar hasil berlimpah :

1.Pemilihan bibit berkualitas

Pemilihan bibit unggul sangat penting anda lakukan demi menunjang pertumbuhan tanaman terong yang sehat serta subur supaya menghasilkan terong yang berkualitas serta berlimpah. Anda bisa membeli benih unggul di toko pertanian terdekat rumah anda. Untuk mempermudah anda dalam memilih bibit berkualitas, berikut ciri-ciri bibit terong memiliki kualitas :

  • Kondisi benih terong yang bersih serta mengkilat
  • Benih sudah memiliki waktu istirahat yang cukup
  • Ukuran, warna serta bentuk benih serempak sama
  • Kadar air yang terdapat pada benih cukup
  • Memiliki daya tumbuh sekitar 80%

2. Persiapan media tanam

Langkah selanjtunya menanam terong yaitu dengan mempersiapkan media semai setelah anda mendapatkan bibit yang unggul. Pengolahan lahan yaitu dengan cara penggemburan tanah dengan menggunakan cangkul atau bisa dengan di bajak.

Setelah tanah gembur merata anda bisa mencampurkan pupuk kandang sebagai pupuk dasar media tanam. Kemudian setelah semuanya tercampur merata buatlah tegalan dengan lebar 80-100 cm ketebalan 20-25 cm dengan panjang menyesuaikan lahan yang anda miliki.

Baca juga :

Tambahkan mulsa plastik diatas tegalan untuk mengurangi pertumbuhan gulma yang begitu cepat. Setelah tegalan tertutup mulsa plastik buatlah lubang tanam sedalam 5-10 cm dengan jarak tanam 50 x 70 cm. Pemberian mulsa plastik dilakukan jika anda memiliki modal lebih untuk membelinya.

3. Penyemaian bibit terong

Buat lahan untuk media semai dengan menggunakan campuran tanah dengan pupuk kompos dengan ukuran 1 x 2 m. Setelah media semai tercmpur dengan merata anda bisa menaburi bibit ke media semai kemudian taburi tanah bercampur pupuk organik untuk menutup bibit.

Setelah media semai tertutup tipis percikan air secukupnya untuk menjaga kelembaban tanah. Bibit siap dipindahkan setelah usia semai kurang lebih 30-40 hari atau bibit sudah memiliki 3-4 tangkai daun.

4. Pemindahan Tanaman Terong

Langkah menanam terong selanjutnya yaitu memindahkan bibit dari media semai ke media tanam utama. Pemindahan bibit terong harus dilakukan dengan hati-hati supaya akar tidak rusak ataupun terputus. Anda bisa menyiram terlebih dahulu sebelum mencabut bibit. Hal itu bertujuan agar mempermudah anda dalam melakukan proses pencabutan.

Setelah bibit anda cabut tanam bibit kedalam lubang yang sudah anda buat, kemudian tutup kembali menggunakan tanah sambil dipadatkan sampai ujung pangkal tanaman terong. Siram dengan air setelah anda selesai proses pemindahan. Hal itu bermanfaat untuk menjaga kelembaban tanah.

Waktu terbaik untuk menanam terong yaitu pada waktu sore hari agar tanaman tidak cepat layu karena terkena sinar matahari yang terik diwaktu siang hari.

5. Cara perawatan terong yang baik

Langkah ke lima cara menanam terong yang baik adalah dengan melakukan perawatan yang rutin supaya tanaman tumbuh dengan subur serta dapat menghasilkan hasil panen yang berlimpah. Berikut beberapa perawatan yang dapat anda lakukan :

  • Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara memberikan pupuk organik. Sedangkan menggunakan pupuk kimiawi anda bisa memmberikan menyemprotkan campuran urea dan KCI dengan perbandingan 1:1 dengan dosis 1-2 gram /tanaman saat usia tanaman 1 minggu. Pada saat tanaman memasuki usia tanam 2-3 minggu berikan pupuk tersebut sebanyak 5 gram/ tanaman.

Memasuki usia tanam 4 minggu berikan dengan ukuran 7 gram/ tanaman. Pemberian pupuk berjarak 5-8 cm dari pangkal pohon serta jangan sampai terkena daun tanaman.

  • Penyiangan gulma

Penyiangan gulma dilakukan saat usia tanam minimal 1 minggu atau jika tanaman gulma sudah mulai tumbuh, namun apa bila anda menggunakan mulsa plastik untuk menutupi tegalan tentunya penyiangan gulma bisa anda lakukan selama 2 minggu sekali.

  • Pembuatan ajir.

Pemberian ajir dilakukan apabila terdapat tanaman terong yang kurang kuat dalam menopang tiupan angin atau terkena air hujan. Ajir sendiri dapat anda buat dari belahan bambu atau kayu.

Pemancapan ajir harus hati-hat agar tidak merusak akar tanaman terong. iktan terong jangan terlalu kuat, karena ikatan yang terlalu kuat dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman tomat.

  • Pengusiran hama

Samahalnya dengan cara menanam cabe merah keriting, gangguan hama juga dapat menyerang tanaman terong. Baik hama ulat daun, kutu, thrips,lalat putih, lalat buah, tungai dan masih banyak lainnya hama yang dapat menyerang tanaman terong. Untuk pengendalian hama tersebut anda bisa menyemprotkan pestisida sesuai dengan takaran atau anjuran pada label botol. Atau anda juga bisa mngusir dengan bahan-bahan alami.

  • Penyulaman

Penyulaman dalam tahap menanam terong bertujuan agar hasil panen sesuai dengan yang diharapkan. Proses penyulaman sendiri dilakukan dengan mengganti tanaman yang mati atau kurang sehat dengan tanaman yang baru. Penyulaman yang baik tentunya dilakukan secepat mungkin agar tanaman dapat tumbuh serempak.

  • Penyiraman

Pada musim kemarau penyiraman dilakukan sebanyak dua kali sehari untuk menjaga kebutuhan air tanaman terong tetap sehat serta kelembaban tanah tetap terjaga.

6. Cara pemanenan terong yang baik

Proses pemanenan terong dapat anda lakukan setelah usia tanaman terong berusia 3-4 bulan setelah tanam. Dalam panen terong sendiri dianjurkan tidak terlalu tua tidak pula terlalu muda. Hal itu bisa dari ukuran serta saat dipencet. Petik terong sampai pangkal buah dengan menggunakan alat pemotong yang sudah anda beli.

Syarat tumbuh menanam terong

Sebelum anda menanam terong agar dapat tumbuh dengan baik serta anda dapat memilih lahan mana yang akan menjadi media tanam utama tanaman terong. Simak syarat tumbuh terong yang baik.

Berikut ulasannya :

  • Daerah dengan iklim tropis
  • Jenis tanah lempung berpasir yang kaya akan zat organik
  • Kondisi tanah yang gembur serta memiliki pengairan yang baik agar tidak terjadi genangan air pada tanaman terong. Hal itu akan menyebabkan pembusukan pada tanaman terong.
  • Tanah dengan kandungan ph kurang lebih 6,8-7,3.
  • Dapat tumbuh baik pada dataran rendah, sedang hingga tinggi mencapai ketinggian 1200 MDPL.
  • Suhu udara sekitar 22-30º celcius.
  • Lahan yang terbuka agar terkena sinar matahari yang cukup, karena matahari yang cukup dapat menunjang pertumbuhan tanaman terong lebih baik.

Cara Menanam Terong Ungu di Pot

5+Cara Menanam Terong Ungu supaya Hasil Melimpah

Berikut penjelasan singkat mengenai bagaimana cara menanam terong ungu dengan media pot. Cara ini tentunya lebih efektif buat anda jika anda tidak memiliki lahan yang luas. Serta menanam terong ungu pada pot tentunya menggunakan modal yang lebih sedikit. Berikut ulasannya :

  • Siapkan bibit terong yang telah memiliki 3-4 helai daun
  • Isi media utama dengan tanah campuran pupuk kandang serta sekam padi.
  • Buatlah lubang sedalam 5 cm
  • Cabut bibit secara perlahan supaya akar tanaman tidak rusak atau terputus.
  • Masukan bibit ke media utama kemudian tutup kembali dengan tanah bercampur pupuk oragnik sambil dipadatkan sampai pangkal pohon.
  • Siram dengan menggunakan air secara rutin untuk menjaga kelembaban tanah.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam terong baik di lahan yang luas serta di pot atau polybag. Semoga bermanfaat serta menambah informasi buat anda.

Salam hangat buat anda dan keluarga anda.

Tinggalkan komentar