6 Cara Menanam Timun Agar Cepat Berbuah dengan Lebat

Menanam timun. Pada artikel kali ini ilmu tanah akan mengulas bagaimana cara menanam timun dengan benar agar mendapatkan hasil panen yang berlimpah. Timun sering digunakan sebagai pelengkap makanan salah satunya lalapan.

Mentimun dengan nama latin curcumis sativus L yaitu jenis sayur atau buah tergolong labu-labuan, dimana biji mentimun hampir sama persis. Selain dapat menghilangkan rasa dahaga mentimun juga kaya akan manfaat.

Gizi yang Terkandung Pada Timun

  • Kalori
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Vitamin A, B12, C, D dan B6

Dengan kandungan gizi pada timun sering juga buah ini digunakan sebagai obat alami terutama bagian wajah.

Panduan Menanam Timun Di Lahan

Dengan banyaknya manfaat serta kebutuhan mentimun, para petani memanfaatkan peluang tersebut sebagai ladang bisnis mereka. Berikut cara menanam mentimun pada lahan luas sebagai pemasukan buat anda :

1. Pemilihan Bibit Berkualitas

Bibit Berkualitas tentunya dapat merangsang pertumbuhan serta pembuahan lebih optimal. Bibit terbaik bisa anda dapatkan di toko pertanian terdekat dan memiliki review baik di mata masyarakat. Serta bibit tidak terserang hama dan penyakit.

Apabila anda ingin membuat bibit sendiri berikut ciri-ciri indukan yang baik :

  • Indukan terbaik untuk dijadikan bibit adalah timun yang berumur 2-3 bulan setelah tanam.
  • Buah yang baik dijadikan bibit memiliki tekstur kulit dan daging lebih keras.
  • Indukan memiliki warna kuning muda atau kuning kecoklatan serta biji berwarna coklat.
  • Timun memiliki ukuran kurang lebih 15-20 cm.

2. Cara Penyemaian Bibit Timun

Penyemaian dengan tepat tentunya dapat menambah peluang bibit tumbuh dengan maksimal. Berikut cara menyemai bibit :

  • Setelah anda mendaptkan bibit berkualitas, baik membeli atau membuat sendiri rendam menggunakan air selama 15 menit. Buah biji yang mengapung karena itu salah satu tanda bibit tidak layak tanam.
  • Langkah selanjunya yaitu dengan merendam kembali bibit selama 24 jam.
  • Siapkan kain basah letakan bibit yang sudah anda rendam selama 12 jam untuk proses tumbuh kecambah.
  • Siapkan media semai bisa menggunakan polybag atau media lain, dengan diisi campuran tanah serta pupuk kompos atau kandang hasul. Perbandingan keduanya yaitu 1:1
  • Taburkan biji timun ke media semai dan percikan air setiap pagi dan sore hari. Bibit siap dipindahkan media tanam utama setelah berusia 10 hari semai

3. Cara Pengolahan Lahan untuk Menanam Timun

Pengolahan lahan terbaik untuk menanam timun yaitu sama seperti saat anda menanam cabe merah keriting. Gemburkan lahan sekalian bersihkan rumput gulma dengan menggunakan cangkul atau dengan dibajak. Buatlah tegalan dengan tinggi 30 cm dan lebar 40 cm jarak antar tegalan 50 cm.

Lakukan pengkapuran dengan menggunakan dolomit 2 minggu sebelum tanam. Pengkapuran bermanfaat untuk menambah kandungan keasaman atau ph tanah jika kurang dari 6. Apabila anda memiliki uang lebih tutup tegalan menggunakan mulsa plastik dan buat lubang tanam sedalam 7 cm dengan jarak kurang lebih 40 cm.

Pemasangan ajir menggunakan bambu atau kayu sebagai media rambat tanaman timun. Taburkan pupuk kandang sebelum pemberian mulsa plastik. Siram menggunakan air bersih untuk menjaga kelembaban tanah.

4. Proses Menanam Timun di Lahan

Langkah ke-4 menanam timun di lahan yaitu dengan memindahkan bibit ke media tanam utama. Cabut bibit dengan hati-hati agar akar tidak terputus dan rusak. Tanam bibit satu lubang satu bibit kemudian tutup dengan tanah sambil dipadatkan sampai pangkal pohon.

Siram dengan menggunakan air apabila penanaman timun telah selesai anda lakukan. dan waktu terbaik untuk menanam timun yaitu pada sore hari atau pagi hari.

5. Cara Merawat Timun Dengan Baik

Perawatan yang baik tentunya dapat membantu proses pertumbuhan serta pembuahan lebih maksimal. Berikut perawatan yang baik saat anda menanam timun :

  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan setiap dua kali dalam sehari pada saat musim kemarau. Pastikan tanaman timun tidak tergenang air pada saat musim hujan.

  • Pemupukan susulan

Pemupukan susulan bertujuan supaya menjaga tanaman tetap subur serta dapat merangsang proses berbunga saat anda menanam timun. Pemupukan dapat anda lakukan dengan menggunakan pupuk urea, KCL dan SP-36.

  • Penggemburan Ulang dan Penyiangan

Penggemburan susulan dapat mempermudah air menyerap pada tanah dan pembersihan gulma bermanfaat supaya nutrisi dalam tanah terserap sempurna oleh tanaman utama.

  • Penyulaman Bibit

Penyulaman bibit dilakukan untuk memaksimalkan lahan agar menghasilkan panen melimpah. langkah ini dapat anda kerjakan setelah usia tanam 5 hari apabila terdapat bibit yang mati atau gagal tumbuh.

  • Pengendalian Hama

Semprotkan cairan insektisida untuk menjegah tanaman timun terserang penyakit.

6. Pemanenan Timun

Pemanenan adalah saat yang ditunggu-tunggu bagi petani. Pemanenan timun dapat anda lakukan setelah usia tanam 35 hari dan dapat dipanen sebanyak 33 kali panen. Pemanenan dengan hati-hati agar tidak merusak tangkai atau batang pohon.

Baca juga :

Pemanenan sendiri anda lakukan saat timun tidak terlalu tua agar kualitas timun lebih maksimal. ciri-ciri timun siap panen umumnya berwarna hijau cerah serta berbentuk lurus.

Manfaat Timun Bagi Kesehatan dan Kecantikan

6 Cara Menanam Timun Agar Cepat Berbuah dengan Lebat

Sebagai tambahan informasi buat anda selain membahas bagaimana cara menanam timun agar menghasilkan panen beerkualitas. ilmu tanah akan memberikan informasi tentang manfaat timun bagi kesehatan.

1. Menghilangkan Nyeri Sendi

Mentimun merupakan buah dengan kandungan silika tinggi yang dapat memperkuat jaringan sendi pada tubuh kita. Konsumsi timun secara rutin untuk mendapatkan manfaat tersebut baik dimakan langsung atau digunakan sebagai lalapan.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang menjalani diet sehat, mengkonsumsi timun menjadi alternatif tepat karena mentimun mengandung rendah kalori.

3. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Mengkonsumsi timun secara rutin dapat membantu mengontrol tekanan dalam tubuh supaya tidak terlalu tinggi maupun rendah berkat kandungan magnesium, kalium dan serat.

4. Mengobati Sakit Kepala

Kandungan gula, vitamin B dan elektrolit dapat menghilangkan sakit kepala saat bangun tidur dengan mengkonsumsi beberapa iris timun sebelum tidur.

5. Dapat Mencegah Kanker

Dengan mengkonsumsi timun secara berkala dapat mencegah berbagai penyakit kanker pada tubuh berkat kandungan lariciresinol dan pinoresinol.

6. Menjaga Kelembutan Kulit

Kandungan kaya air pada timun dapat menjaga nutrisi kulit tetap terpenuhi agar tidak kering dan keriput pada wajah serta kulit pecah-pacah.

7. Dapat Mengilangkan Lingkaran Hitam

Dengan menggunakan masker timun pada mata dapat membantu menghilangkan mata panda, dan menyegarkan mata. Mentimun juga dapat menghilangkan bintik hitam pada wajah dengan mengoleskan parutan mentimun pada wajah. Mencampurkan parutan timun dan jeruk lemon juga dapat menghilangkan noda hitam pada wajah, serta membuat kulit wajah menjadi tampah cerah dan terlihat segar.

8. Mengatasi Paparan Sinar Matahari

Dengan menggunakan air timun pada wajah dapat mengatasi kulit wajah yang terbakar oleh paparan sinar matahari.

Itulah ulasan dari saya mengenai bagaimana cara menanam timun dengan baik. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi serta wawasan buat anda.

Salam hangat buat anda dan kuluarga anda

 

Leave a Comment